Semua Pertanyaan

Bayi Berkeringat Banyak

22 views

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Ditulis oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com



Selamat sore dr. yang ingin saya tanyakan saya punya anak usia 1,4 bulan dengan berat badan 8,7kg dari bayi dia sering mengeluarka keringat yg menurut saya berlebihan padahal udara di tempat tinggal kami tergolong besuhu udara dingin tetapi tetap saja berkeringat tidur malam pun tanpa menggunakan baju hanya memakai kaos dalam tetap saja ia berkeringat dlam tidurnya,hal tersebut wajar atau bagaimana dr? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Tanpa melakukan pemeriksaan fisik dan keterangan adanya keluhan lain pada anak, berikut adalah beberapa yang dapat menjadi penyebab keringat berlebih pada bayi anda :

1. Bagian dari metabolisme tubuh bayi

Pada dasarnya keringat yang berlebih merupakan pertanda yang baik dikarenakan kelenjarnya dapat berfungsi dengan sempurna. Keringat dapat mengeluarkan sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam yang tidak dibutuhkan bayi anda. Bahkan keringat merupakan tanda bahwa tubuh bayi sedang memproses susu sehingga dikonsumsi menjadi protein sebagai pasokan energi di dalam tubuh bayi. Proses ini menyebabkan tubuh membutuhkan kalori dan meningkatkan panas yang akan dibuang menjadi keringat.

2. Demam yang tinggi pada bayi

Apabila bayi anda demam biasanya berkeringat lebih banyak hal ini dikarenakan proses infeksi yang terjadi pada tubuh bayi memicu keringat berlebih. Sehingga apabila bayi demam sebaiknya banyak beristirahat dan memberikan cairan sehingga tidak mengalami dehidrasi.

3. Pertanda gangguan kondisi bayi

Keringat yang menjadi pertanda gangguan kondisi pada bayi adalah yang disertai dengan keluhan seperti rewel, kehilangan nafsu makan, lemah dan susah tidur. Beberapa gangguan yang seringkali dihubungkan antara lain yaitu alergi sehingga hipersensitif terhadap cuaca panas. Kemudian mengalami kistik fibrosis yang merupakan kelainan gen dan dapat memicu infeksi pada paru-paru, meskipun di Indonesia jarang terjadi. Selanjutnya berhubungan dengan gizi buruk, hal ini disebabkan karena makanan yang kurang sehingga proses metabolisme di dalam tubuh berlangsung lebih ekstra ketimbang dengan proses makanan yang teratur. Selanjutnya adalah hiperhidrosis dimana penyakit-penyakit pada sistem endokrin.

4. Tersumbatnya saluran keringat

Tersumbatnya saluran keringat dapat terjadi pada bayi dikarenakan pergantian sel-sel yang masih lambat sehingga terjadinya penumpukan sel-sel kulit. Sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan saluran kelenjar keringat.

Apabila anda sudah mengetahui penyebab bayi anda berkeringat berlebih, anda dapat melakukan penanganan khusus. Sekali lagi kami beritahukan pada anda apabila keringat berlebih pada bayi tidak dibarengi dengan keluhan pada bayi maka anda tidak perlu khawatir dikarenakan seiring denga bertambahnya anak anda, maka masalah ini akan berkurang.

Anda dapat melakukan pencegahan dengan cara berikut :

  1. Menjaga kenyamanan lingkungan bayi anda. Kamar yang bersih dan tidak ditempatkan pada ruangan yang lembab.

  2. Menggunakan baju yang menyerap keringat, biasanya berbahan katun dan tidak ketat.

  3. Jangan membubuhkan bedak pada kulit bayi yang basah dikarenakan akan memicu biang keringat.

  4. Senantiasa menjaga kebersihan tubuh bayi dengan cara memandikan secara teratur sehingga tidak banyak keringat yang keluar.               

Jika terdapat keluhan lebih lanjut, kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter







©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media