Pencegahan Penyebaran Mikro-organisme

Inilah Mikroorganisme yang Tinggal di Kulit Manusia

371 views

dr. Jessica Florencia

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Tahukah Anda bahwa kulit adalah tempat tinggal berbagai jenis mikroorganisme? Yuk, cari tahu di sini.


Inilah Mikroorganisme yang Tinggal di Kulit Manusia
Inilah Mikroorganisme yang Tinggal di Kulit Manusia

Kulit adalah bagian terluar tubuh manusia. Ia bertugas sebagai dinding pertahanan tubuh untuk menangkal berbagai hal. Karena peranannya, kulit Anda menjadi tempat hidup yang baik bagi berbagai mikroorganisme.

Secara tidak disadari, kulit Anda saat ini mengandung berbagai mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur. Variasi mikroorganisme yang hidup di permukaan kulit manusia itu sendiri bergantung dari ketebalan kulit masing-masing area, lipatan kulit, ketebalan rambut serta kepadatan kelenjar-kelenjar kulit.

Jenis kelamin, usia, pengaruh lingkungan, sistem imun, jenis pekerjaan, kebersihan kulit, dan penyakit yang mendasari juga menjadi faktor-faktor yang memengaruhi jenis dan variasi mikroorganisme yang hidup di permukaan kulit Anda.

Secara umum, variasi bakteri di permukaan kulit terbagi menjadi 3, yaitu di area sebaseus, lembap, dan kering.

  • Bakteri daerah sebaseus. Daerah sebaseus, seperti dahi, punggung, pinggir hidung, dan belakang telinga merupakan area dengan variasi mikroorganisme paling sedikit, dan didominasi oleh bakteri Propionibacterium spp.
  • Bakteri daerah lembap. Pada daerah lembap, seperti ketiak, lipat paha, belakang lutut, mikroorganisme yang paling banyak hidup adalah Staphylococcus spp., dan Corynebacterium spp.
  • Bakteri daerah kering. Berkebalikan dengan area sebaseus, area kulit yang kering memiliki variasi jenis kuman yang paling beragam.

Selain bakteri, kulit juga dihuni oleh jamur. Pityrosporum (Malassezia) spp. Adalah jenis yang paling banyak ditemukan. Jamur ini dapat menyebabkan penyakit panu atau ketombe jika keseimbangannya terganggu.

Berbahaya Jika…

Selain kuman dan jamur yang memang normal tinggal di kulit, manusia juga dapat dihinggapi oleh mikroorganisme akibat berkontak dengan orang lain atau dengan lingkungan. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan variasi kuman di kulit dan menyebabkan penyakit, seperti infeksi pada kulit.

Mengejutkan, bukan? Ternyata kulit Anda adalah tempat tinggal berbagai jenis mikroorganisme, yang bila terganggu keseimbangannya bisa mencetuskan suatu penyakit. Karena itu, menjaga kebersihan diri, termasuk mencuci tangan dengan baik dan benar, adalah tindakan yang harus selalu Anda lakukan.

(NB/RH)

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter







©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media