Pencegahan Penyebaran Mikro-organisme

5 Benda Paling Berkuman yang Ada di Dapur

359 views

dr. Jessica Florencia

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Tak hanya di luar rumah, benda berkuman juga ada di dalam rumah. Inilah 5 benda paling berkuman yang ada di dapur.


5 Benda Paling Berkuman yang Ada di Dapur
5 Benda Paling Berkuman yang Ada di Dapur

Sadar atau tidak, berbagai benda yang ada di dapur bisa menjadi sarang kuman nomor satu di rumah. Ini sangat berisiko bagi kesehatan, khususnya jika Anda gemar memasak.

Inilah 5 benda paling berkuman yang ada di dapur:

  1. Spons cuci piring

Spons cuci piring adalah benda yang berkontak dengan piring atau cangkir kotor berkali-kali dalam sehari. Kondisi spons yang selalu basah dan lembap juga menjadikannya tempat berkembang biak yang baik bagi mikroorganisme berbahaya tersebut.

Agar tidak menjadi benda yang dapat memindahkan kuman ke mana-mana, ganti spons secara rutin. Anda pun dapat meletakannya di microwave dan air mendidih selama 2 menit secara rutin.

  1. Tempat cuci piring

Saat mencuci dan membilas, tempat cuci piring dapat dipenuhi dengan jutaan bahkan miliaran kuman. Sudut-sudut pojokan tempat cuci piring merupakan tempat yang rentan untuk berkumpulnya kuman, karena biasanya air tidak mengalir untuk membersihkan area tersebut. Untuk itu, setelah beraktivitas di dapur, tempat cuci piring perlu dibersihkan dengan saksama.

  1. Kain lap

Kain lap umumnya digunakan untuk mengeringkan piring atau cangkir basah, mengelap tangan, meja, dan benda-benda lainnya. Tidak terbayang betapa banyak kuman yang menempel pada kain lap akibat aktivitas-aktivitas tersebut. Kondisinya yang selalu basah dan lembap juga menjadikan benda ini sebagai tempat yang sempurna bagi kuman.

  1. Talenan

Sebagai benda yang digunakan untuk memotong berbagai makanan mentah, talenan juga penuh dengan banyak kuman. Sebab makanan mentah dapat membawa berbagai jenis kuman berbahaya. Jadi, jika tidak dibersihkan dengan baik, maka bukan tidak mungkin kuman penyakit hinggap pada makanan yang diproses di talenan yang sama.

  1. Pisau

Layaknya talenan, pisau digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan. Berbagai macam kuman dapat menempel pada benda tajam ini. Maka dari itu, setelah digunakan, pisau perlu dibersihkan sebersih-bersihnya.

Tidak bisa dimungkiri, dapur dan benda-benda di sekitarnya memang menjadi tempat yang menyenangkan bagi banyak kuman untuk hidup. Satu-satunya cara untuk menghambat penyebaran kuman berbahaya ke mana-mana adalah dengan menjaga kebersihan dapur dan peralatan yang ada di dalamnya.

Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan baik dan benar setelah beraktivitas di dapur. Dengan mencuci tangan, maka penyebaran kuman dapat dihentikan dan penyakit dapat dicegah.

(NB/RH)

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter







©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media