Semua Pertanyaan

Gizi Anak Prematur

29 views

dr. Anita Amalia Sari

Ditulis oleh:

dr. Anita Amalia Sari

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com



Buat anak yg lahir prematur dok

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi dari KlikDokter.com.

Kelahiran cukup bulan atau aterm berkisar antara usia kehamilan 37-42 minggu. Meskipun lahir sebelum waktunya, bayi prematur tumbuh dan berkembang melalui tahap yang sama. Namun pada bayi prematur untuk mengukur tperkembangannya disesuaikan dengan usia koreksi yaitu usia kapan seharusnya ia dilahirkan.

anda tidak perlu terlalu khawatir, karena bayi prematur akan mengejar pertumbuhannya dalam 2 tahun pertama kehidupannya. Karena itu diperlukan perawatan khusus bagi bayi prematur selama selama 2 tahun pertama kehidupannya.  

Berapakah usia anak Anda saat ini? Dan berapa usia kehamilan Anda saat si kecil lahir?

Jika produksi ASI Anda masih lancar sebaiknya diberikan ASI. ASI adalah makanan terbaik untuk anak, terutama pada usia 0-6 bulan. Jika memang tidak ada kontraindikasi pemberian ASI, seperti infeksi pada payudara atau HIV/AIDS, sebaiknya tetap berikan ASI untuk bayi Anda. Menurut panduan Badan Kesehatan Dunia, ASI sebaiknya diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun (ASI eksklusif) karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI eksklusif selama 6 bulan.

Pada bayi prematur sering muncul beberapa hambatan seperti bayi harus dirawat di rumah sakit, bayi sakit, refleks menghisap belum ada. Seeingkali pada bayi prematur usia 34 minggu ke atas refleks menghisap sudah ada sehingga ASI dapat diberikan langsung. Jika masih kesulitan anda dapat memerah aSI dan memberikan melalui gelas kecil/cup feeder ataupun sendok. Pada bayi prematur di bawah 32 minggu resep menghisap dan menelan belum muncul sehingga ASI dapat diberikan melalui sonde atau pipa lambung.

Pada anak yang lahir prematur seperti pada bayi Anda, pemberian MPASI sesuai dengan petunjuk pada bayi normal(cukup bulan) yaitu usia 6 bulan dan paling lambat pada usia 8 bulan. Namun, pemberian MPASI tersebut harus diberikan secara bertahap dan disesuaikan dengan tahapan kesiapan fisik seperti perkembangan motoric anak seperti kemampuan mengunyah dan juga menelan karena pertumbuhan organ tubuh pada bayi premature terkadang tidak sama dengan bayi yang cukup bulan sehingga memerlukan perhatian lebih dan strategi khusus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersedak yang dapat membahayakan keselamatan bayi Anda.Jenis dan frekuensi MPASi bayi premtur sama dengan bayi normal. 

semoga bermanfaat

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media