Makanan Pendamping ASI

Menyiapkan MPASI Kala Bepergian

273 views

dr. Ratih Puspita, Sp.A

Ditulis oleh:

dr. Ratih Puspita, Sp.A

Redaksi Medis

Spesialis Anak

KlikDokter.com

Salah satu tantangan dalam bepergian bersama anak adalah menyiapkan MPASI. Tapi tenang saja, banyak kiat praktis yang bisa Anda terapkan!


Mpasi Kala Berpergian
Menyiapkan MPASI Kala Bepergian

Kebersihan dan keamanan makanan bayi harus selalu dijaga, tidak terkecuali saat bepergian. Berikut ini delapan cara praktis menyiapkan MPASI kala bepergian:

  1. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum menyiapkan dan/atau memberikan makan.
  2. Siapkan alat makan yang bersih. Sebelum bepergian, sterilkan (jika bisa) alat makan yang sudah dicuci dengan sabun dan air bersih, kemudian simpan dalam wadah tertutup.
  3. Hindari mencampur makanan mentah dengan makanan yang sudah matang.
  4. Jika Anda berencana untuk bepergian dalam waktu lama, siapkan bahan-bahan mentah untuk kemudian dimasak di tempat tujuan Anda.
  5. Jika jarak perjalanan cukup dekat, Anda dapat menyiapkan makanan yang sudah dimasak dan dibekukan di lemari es. Panaskan sesaat sebelum dikonsumsi. Makanan yang sudah dimasak sebaiknya disimpan di lemari es tidak lebih dari 24-48 jam.
  6. Anda dapat menyiapkan makanan yang sudah dimasak untuk dibawa. Namun, ingatlah bahwa makanan yang sudah dimasak tidak boleh disimpan dalam suhu ruang selama lebih dari 1-2 jam.
  7. Cucilah sayur dan buah sebelum dimakan.
  8. Pastikan air yang digunakan berasal dari sumber air bersih dan tidak terkontaminasi.

Merasa tak punya banyak waktu? Anda bisa menyajikan MPASI kemasan sebagai alternatif. Jangan khawatir, MPASI kemasan juga bisa sama sehatnya dengan MPASI buatan sendiri.

Penelitian yang dilakukan oleh National Health Services, Inggris, menunjukkan bahwa kandungan energi MPASI kemasan rata-rata 282 kJ per 100 g. Kandungan energi ini mirip dengan kandungan energi dari ASI, yaitu sebesar 283 kJ per 100 g.  

Di samping itu, MPASI kemasan berupa biskuit yang memiliki jumlah nutrisi, zat besi, dan kalsium yang lebih tinggi daripada MPASI rumahan.

Praktis, bukan? Anda tidak perlu kesulitan lagi menyiapkan MPASI untuk buah hati. Selamat mencoba!

 [RS/RH]

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media