Advertorial

Apakah Puding Baik untuk Anak?

340 views
Ingin menyiapkan puding untuk anak? Baca dulu tipsnya di sini.


Apakah Puding Baik untuk Anak?
Apakah Puding Baik untuk Anak?

Puding merupakan makanan yang disukai oleh banyak anak. Selain rasanya yang manis, teksturnya pun lembut dan menyenangkan. Puding biasanya disajikan dalam suhu dingin yang snagat disukai anak-anak. Namun, sebetulnya apakah puding baik untuk anak?

Puding dibuat dengan bahan utama agar-agar. Agar-agar sendiri baik untuk kesehatan karena merupakan salah satu sumber serat bagi tubuh. Serat bermanfaat bagi kesehatan usus karena memiliki efek menarik air dan memberi massa kepada feses. Feses pun menjadi lebih lunak dan tidak keras.

Secara tidak langsung, kondisi ini akan menyebabkan gerakan usus juga menjadi lebih teratur. Perut pun akan terasa lebih nyaman. Nah, dengan massa feses yang lunak serta gerakan usus yang teratur, anak pun akan buang air besar dengan teratur dan mudah juga.

Masalahnya adalah kandungan lain dari puding, yaitu gula. Banyak studi menunjukkan bahwa konsumsi terlalu banyak gula tidak baik untuk kesehatan. Masalah yang dapat timbul akibat konsumsi gula berlebih pada anak, antara lain kerusakan gigi, kegemukan, serta meningkatnya risiko terkena penyakit pada kemudian hari.

Beberapa kiat berikut dapat membantu para orangtua untuk dapat mengambil manfaat dari puding, tanpa mendapatkan efek negatifnya:

  1. Buat sendiri puding untuk anak Anda

Puding yang dijual dalam bentuk jadi biasanya mengandung gula yang tinggi, karena pada umumnya anak memang lebih menyukai makanan yang manis. Dengan membuat puding sendiri, kandungan gula pada puding dapat disesuaikan dengan batas yang dianjurkan.

  1. Gunakan sumber manis yang alami

Kadar gula yang dikurangi mungkin akan membuat puding menjadi kurang manis. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan buah-buahan untuk memberi rasa manis pada puding, misalnya dengan air perasan jeruk.

  1. Pilihlah puding yang khusus untuk anak

Puding untuk anak biasanya sudah difortifikasi dengan mikronutrien yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Dengan demikian, anak akan mendapatkan manfaat tambahan selain serat.

Yuk, siapkan puding buatan Anda sendiri untuk anak. Pasti ia akan lebih menyukainya!

Untuk mewujudkan tumbuh kembang anak yang optimal, diperlukan nutrisi yang bergizi seimbang. Milna merupakan makanan pendamping ASI yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan. Milna kaya akan nutrisi serta mudah dicerna sehingga aman dikonsumsi anak pada tahap awal perkenalannya dengan makanan padat.

Selain biskuit, Milna juga memiliki produk berupa puding untuk anak. Namanya Milna Toddler Instant Pudding (untuk usia 12 bulan ke atas). Camilan puding ini sudah  disesuaikan untuk kebutuhan anak, dengan gula yang rendah, tekstur lembut dan tinggi serat. Tersedia dalam tiga rasa: vanilla, strawberry, dan chocolate.  
Semua produk Milna diolah khusus dari bahan yang berkualitas dan disesuaikan untuk setiap tahapan perkembangan makan, pencernaan, dan kondisi anak. Varian rasanya beragam sehingga anak tidak mudah bosan. Selain itu, Milna diolah tanpa adanya bahan pengawet dan pewarna sehingga aman untuk dikonsumsi.

[RS/RH]

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media