Semua Pertanyaan

Lidah Baal Karena Minuman Panas

11 views

drg. Callista Argentina

Ditulis oleh:

drg. Callista Argentina

Redaksi Medis

Kedokteran Gigi

KlikDokter.com

Dok, sudah hampir empat hari ini lidah bagian tengah saya tidak bisa merasakan makanan, pas makan apapun rasanya hambar, bahkan saya bisa jilat sambel lalapan yang biasanya makannya dikit" banget sampek gk kuat kepedesan. saya emang gk kuat pedes dok. ini gara" sekitar 4 hari lalu saya gk sengaja minum kopi di termos mini punya temen saya, langsung saya teguk aja. saya lupa kalo itu termos dok... lidah saya rasanya kebakar dan semenjak itu lidah bagian tengah saya gk bisa merasakan rasa makanan sama sekali walaupun sekarang udah gk begitu sakit.. tapi pas saya liat lidah saya di cermin seperti gk ada masalah sama sekali, kayak biasa aja apa saya masih bisa merasakan rasa makanan lagi dok... rasanya miris banget pas mau makan makanan enak tapi rasanya malah kayak makan batu bata, makasih ya dok udah mau baca keluhan saya..

Halo Reza,

Kami memahami keluhan yang anda alami. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, keluhan baal pada lidah akibat mengkonsumsi minuman yang panas disebabkan oleh terjadinya kerusakan papila lidah. Umumnya papila yang rusak dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus, namun memang membutuhkan waktu yang bervariasi tergantung kerusakan yang terjadi. Cobalah untuk terlebih dahulu mengamati gejala yang Anda alami. Jika memang keluhan tak juga membaik, maka periksakanlah diri anda kepada dokter gigi terdekat agar dapat diberikan terapi yang optimal.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk meringankan keluhan anda meliputi tidak merokok dan tidak konsumsi  minuman beralkohol, tidak menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, menjaga kebersihan mulut dan gigi tiruan (bila memakai gigi tiruan), banyak minum air, menghindari makanan panas, pedas, asam, serta mengkonsumsi permen karet untuk merangsang keluarnya air liur.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media