Semua Pertanyaan

Rutin Olahraga, Apa Tetap Berisiko Terkena Kolesterol Tinggi?

31 views

dr. Dina Kusumawardhani

Ditulis oleh:

dr. Dina Kusumawardhani

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

dok, Rutin berolahraga setiap hari yaitu olahrago kardio lari tapi tidak mengkonsumsi sayuran tapi tetap mengkonsumsi buah. apakah potensi tingginya kolestrol di dalam tubuh tetap tinggi ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Kebiasaan Anda berolahraga secara rutin sangatlah baik bagi kesehatan. Namun, berat badan dan rutin olahraga tidak menjamin seseorang terbebas dari kolesterol tinggi.  Jenis makanan yang dikonsumsi akan menentukan komposisi kolesterol yang ada pada tubuh Anda – baik atau jahat. Belum lagi masalah gaya hidup. Apakah Anda merokok? Apakah jam tidur Anda sudah cukup? Bagaiman dengan pola makan Anda? Apakah Anda memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi? Faktor genetik atau riwayat keluarga juga memiliki peranan yang sangat penting.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mulai memeriksakan kadar kolesterol, apa pun jenis tubuh Anda. Jika Anda berusia 20-40 tahun dan tidak memiliki riwayat ataupun faktor risiko penyakit jantung, Anda cukup memeriksakan kolesterol setiap 4-6 tahun sekali. Jika Anda berusia 40 tahun ke atas dan juga tidak memiliki riwayat ataupun faktor risiko penyakit jantung, Anda dapat memeriksakan diri setiap 5 tahun.

Memeriksakan diri itu penting, namun yang lebih penting lagi adalah menjaga agar jangan sampai terkena penyakit kolesterol tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat dengan memperbanyak sayur dan buah, berolahraga teratur, menurunkan berat badan, dan berhenti merokok. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Salam,

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media