Semua Pertanyaan

Kolesterol Yang Membandel

59 views

dr. Kartika Mayasari

Ditulis oleh:

dr. Kartika Mayasari

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

sore dok,langsung aja ya tanya:sy olahragawan,nge gym n tennis sdh lbh 10 thn. tp kilestrol tetep diatas 200. kalo minum fenofibrate..turun. kalo stop,naik lagi. pola makan sy sdh hampir vegetarian. so far tdk ada keluhan. tp kalonkolestrol tinggi.kan bahaya. sy rencana mau minum crestor ato lipitor. apa saran dokter?cara minum obat kolestrol apa benar harus malam? Note:kolestrol total 240. triglisiride: 220. . mksh

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi dari KlikDokter,

Kolesterol merupakan suatu substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon. Seperti air dengan minyak, kolestrol di dalam darah tidak dapat bercampur hingga untuk transportnya kolestrol memerlukan “angkutan” yaitu LDL (Kolesterol Jahat) dan HDL (Lemak Baik). Terlalu banyak LDL dalam tubuh dapat menimbulkan komplikasi berupa plak pada jantung atau organ-organ lain. Trigleserid juga merupakan suatu jenis lemak dalam profil kolesterol Anda. 

Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak yang tinggi. Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: memakan makanan dengan zat gizi seimbang (jangan mengonsumsi lemak berlebihan), rajin berolah raga atau meningkatkan aktivitas fisik Anda sehari-hari di rumah/kantor, banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kurangi makanan fast food/ junk food/ gorengan. Bila perlu, dapat diberikan obat kolesterol dan lemak. Contoh obat penurun kolesterol adalah simvastatin, atorvastatin, dan robuvastatin. Contoh obat penyerap lemak adalah orlistat. Namun pemakaian keduanya harus dengan pemantauan dokter karena tentunya memiliki efek samping dan bila pemakaian tidak terkontrol maka akan memberikan efek yang tidak diharapkan.

Makanan yang tinggi akan kolesetrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang.

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng

  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak

  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas

  • Makan sayuran dan buah potong, serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum

  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpukat dianjurkan

  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)

Seperti yang dijelaskan diatas, dalam batas tertentu kolesterol berguna dalam tubuh untuk membentuk beberapa jenis hormon. Oleh sebab itu kolesterol tidak dapat dihilangkan sama sekali dari tubuh. Yang perlu dilakukan adalah mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga selalu dalam batas normal. 

Obat untuk menurunkan kolesterol pun bermacam macam. Jadi jangan sembarangan mengkonsumsi obat untuk menurunkan kolesterol. Konsultasikan terlebih dahulu hasil pemeriksaan Anda ke Dokter untuk hasil yang lebih maksimal.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media