Gaya Hidup Sehat

Memilih Sayuran yang Baik untuk Diet

624 views

dr. Theresia Rina Yunita

Ditulis oleh:

dr. Theresia Rina Yunita

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Selain olahraga, pola makan juga harus diperhatikan saat diet. Terutama konsumsi sayur-mayur. Nah, apa saja sayur yang baik untuk diet?


Memilih Sayuran yang Baik untuk Diet
Memilih Sayuran yang Baik untuk Diet

Anda sedang diet? Jangan sampai sayuran absen dari menu harian Anda.

Dietary Guidelines for Americans tahun 2010 merekomendasikan setiap orang untuk mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi setiap hari. Hal ini untuk membantu mencapai dan menjaga berat badan yang ideal.

Selain memberikan hasil yang memuaskan, mengonsumsi sayur juga dapat memberikan hasil yang permanen. Artinya Anda tidak perlu takut cepat gemuk lagi. Lain halnya dengan diet menggunakan obat-obatan.

Berat badan memang bisa turun secara instan, tetapi juga cepat meningkat kembali. Selain itu, efek samping obat-obatan pelangsing juga tidak baik untuk kesehatan.

Lalu, apakah semua sayur baik untuk mengontrol dan menurunkan berat badan? Berikut ini pilihan sayuran yang dapat Anda konsumsi saat diet:

Brokoli

Brokoli mengandung 60 persen karbohidrat, 40 persen protein, mineral, vitamin E, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan selenium. Selain itu, brokoli juga memiliki pitonutrien yang dapat meningkatkan testosteron dan membantu menghancurkan penyimpanan lemak dalam tubuh.  
Bayam
Bayam biasa digunakan sebagai bahan makanan untuk membakar kalori, sehingga dapat menurunkan berat badan. Apalagi bayam juga kaya akan tilakoid, senyawa yang memberikan efek menurunkan rasa lapar.

Untuk pembentukan otot, bayam juga memiliki peran yang amat penting. Perlu diketahui, semakin banyak massa otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang dibakar saat beristirahat.

Kacang dan Wortel

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein tinggi dan serat untuk membantu diet (asalkan tidak digoreng). Sedangkan wortel mempunyai kandungan vitamin A, K, C, dan mineral tinggi.
Paprika
Paprika mengandung dihydrocapsiate dan vitamin C, sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Vitamin C akan memengaruhi hormon yang berperan dalam proses penyimpanan lemak.

Kentang

Kentang yang disajikan dalam keadaan dingin, misalnya sebagai salad, ternyata mampu mengurangi lemak di bagian perut.

Manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi sayur sangat banyak—untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Jika Anda tidak terlalu suka sayur, cukupilah kebutuhan nutrisi selama diet dari asupan lain, seperti susu Slim & Fit.

Susu ini tinggi protein dan tinggi serat, sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Per sajinya mengandung gizi yang setara dengan 1 porsi beras merah, 2 butir telur, 5 buah apel, dan 7 mangkok brokoli. Semoga berat badan ideal Anda segera tercapai!

[RS/RH]

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media