Gaya Hidup Sehat

Diet dan Ingin Makan Malam? Boleh Saja!

3168 views
Tidak perlu menghindari makan malam saat sedang berdiet. Anda tetap dapat menikmati makan malam asalkan tahu cara menyiasati menunya.


Ingin Makan Malam Tapi Sedang Diet? Boleh Saja!
Diet dan Ingin Makan Malam? Boleh Saja!

Apakah Anda termasuk orang yang menghindari makan malam, apalagi jika sedang berdiet? Di atas pukul tujuh, Anda sudah mengunci mulut rapat-rapat, tidak mau makan bahkan ngemil. Sebenarnya makan malam boleh saja, namun yang terpenting adalah perhatikan porsi serta jenis makanan yang dikonsumsi. Jika Anda menyantap makanan yang serba berlemak dan bergula pada malam hari, tentu dapat meningkatkan angka timbangan!

Pada malam hari, metabolisme tubuh lebih melambat sehingga sangat disarankan untuk tidak makan terlalu berat. Selain itu, aktivitas di malam hari yang sedikit akan menyebabkan penumpukan kalori dan tentunya menaikkan berat badan. Hindari juga makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur, karena dapat meningkatkan gula darah dan membuat sulit tidur.

Agar diet tak terganggu, pilihlah menu makanan ini sebagai makan malam Anda:  

Susu Tinggi Protein & Tinggi Serat

Susu yang tinggi protein dan tinggi serat dapat menjadi pilihan makan malam Anda karena dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Susu ini mengandung kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, serat, serta kalsium dan vitamin mineral lainnya. Pilihlah susu yang juga rendah lemak dan mengandung kalori terkontrol yaitu 200 kalori per saji.

Salad

Sayur-sayuran yang terdapat pada salad tinggi akan serat dan membuat Anda kenyang lebih lama. Namun, hindari menambahkan saus salad yang tinggi kalori seperti mayones. Sebagai alternatif, pilih saus salad yang lebih sehat dan rendah kalori seperti minyak zaitun.

Protein

Protein akan membuat Anda kenyang lebih lama jika dibandingkan dengan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. Beberapa protein yang bisa Anda konsumsi adalah ikan, ayam, daging, tahu, dan kacang-kacangan. Perhatikan juga cara pengolahannya; lebih baik mengonsumsi makanan yang dipanggang daripada digoreng.

Tip 

  • Usahakan untuk makan malam maksimal 3 jam sebelum tidur.
  • Hindari makanan cepat saji, es krim, produk olahan susu.
  • Hindari makanan tinggi karbohidrat dan tinggi gula. Begitu juga dengan makanan yang terlalu pedas dan berempah.
  • Batasi konsumsi garam atau makanan tinggi garam (seperti pada makanan kalengan atau makanan olahan beku), karena dapat membuat perut begah dan kembung.

Dengan memilih menu yang tepat, Anda tak perlu khawatir makan malam akan merusak diet Anda. Kuncinya: perhatikan porsi dan jenis makanannya!

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media