Sakit Kepala

Sakit Kepala Akibat Stres

248 views

dr. Karunia Ramadhan

Ditulis oleh:

dr. Karunia Ramadhan

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Salah satunya adalah sakit kepala.


Sakit Kepala Akibat Stres
Sakit Kepala Akibat Stres

Stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Jika mengalami stres, produksi hormon adrenalin akan meningkat. Hormon ini akan menyebabkan jantung berdebar, kesemutan, hingga susah tidur.

Selain itu, stres juga dapat mengakibatkan ketegangan pada otot-otot bahu, tengkuk, dahi, pelipis, dan rahang. Keadaan ini dapat membuat seseorang mudah terserang sakit kepala hebat.

Berikut beberapa jenis sakit kepala yang dapat disebabkan oleh stres:

Migrain

Penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah yang berdenyut. Sebagian penderita dapat mengalami aura sebelum serangan, Aura merupakan gejala awal yang disertai oleh serangan migrain.

Gejala aura dapat berupa gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki). Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura.

Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang merupakan sakit di seluruh bagian kepala. Saat serangan terjadi, penderita merasa seperti diikat, diperas atau ditimpa oleh beban berat di bagian kepala.

Selain stres, sakit kepala tegang biasanya juga disebabkan oleh depresi, kecemasan, dan posisi kepala dan leher yang tidak tepat. Penyebab lainnya adalah  dehidrasi, kurang tidur, dan terlambat makan.

Dibandingkan jenis sakit kepala yang lain, sakit kepala tegang adalah yang paling sering dialami. Meskipun demikian, sakit kepala ini memiliki tingkat keparahan yang paling rendah.

Durasinya pun tidak selama migrain, yaitu ‘hanya’ berkisar antara 30 menit hingga beberapa jam. Di samping itu, sakit kepala tegang tidak menyebabkan mual, muntah, dan jarang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mengelola stres dengan baik dapat mengurangi sakit kepala yang Anda alami. Anda juga perlu mengontrol gaya hidup sehari-hari. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, olahraga rutin, dan tidur cukup. Berlibur bersama orang-orang tercinta juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengusir sakit kepala.

[RS/RH]

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media