Sakit Kepala

Kopi Bisa Sembuhkan Sakit Kepala?

490 views

dr. Karunia Ramadhan

Ditulis oleh:

dr. Karunia Ramadhan

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Minum kopi dipercaya dapat mengurangi sakit kepala. Namun, apakah cara ini efektif?


Kopi Bisa Sembuhkan Sakit Kepala?
Kopi Bisa Sembuhkan Sakit Kepala?

Sakit kepala bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya orang langsung mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan nyeri. Ada juga yang mencoba jalan lain seperti minum kopi.

Ya, kopi diyakini dapat membantu mengurangi sakit kepala. Kandungan kafein di dalamnya dipercaya mampu meredam sakit kepala jika dikonsumsi dalam dosis tepat. Jika berlebihan, justru dapat mencetuskan sakit kepala seperti migrain.

Kafein merupakan golongan methylxanthine yang banyak ditemui pada kopi, teh, dan cokelat. Kafein ternyata juga berfungsi sebagai antinyeri dan anti peradangan, bahkan banyak obat penghilang nyeri memasukkan kafein dalam kandungannya.

Penelitian menyebutkan bahwa kafein membuat efek antinyeri lebih efektif, yakni sebesar 40%. Lalu bagaimana mekanismenya?

Saat seseorang sakit kepala, pembuluh darah kepala mengalami pelebaran. Pada kondisi tersebut, aliran darah menuju kepala menjadi berkurang sehingga otak akan kekurangan oksigen.

Kekurangan jumlah oksigen inilah yang bisa memicu sakit kepala. Nah, kafein memberikan efek mengecilkan kembali pembuluh darah dan meningkatkan denyut jantung, sehingga aliran darah ke otak menjadi normal.

Meski demikian, efek positif kafein baru didapat jika dikonsumsi dalam kadar yang tepat, yaitu sekitar 300 mg per hari (setara dengan 1-3 cangkir kopi per hari). Jika dikonsumsi di atas dosis tersebut, kopi justru dapat mencetuskan sakit kepala.

Konsumsi berlebih juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain –seperti insomnia, jantung berdebar, dan kecemasan. Sebab konsumsi kafein berlebihan akan menghambat kerja adenosin, hormon yang memberi sinyal lelah sehingga tubuh akan beristirahat. Terhambatnya kerja adenosin membuat seseorang akan terus terjaga walaupun tubuh dan otak sudah merasa lelah.

Jadi, tetaplah bijak dalam mengonsumsi kopi agar manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal, khususnya dalam mengatasi sakit kepala.

[RS/RH]

?Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media