Sakit Kepala

Cara Mengenali Jenis Sakit Kepala yang Anda Alami

13508 views

dr. Karin Wiradarma

Ditulis oleh:

dr. Karin Wiradarma

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala. Kenali jenis-jenisnya dan cermati kapan harus berkonsultasi ke dokter. Berikut saran dari dr. Karin Wiradarma disini.


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

Cara Mengenali Jenis Sakit KepalaKlikDokter.com - Sakit kepala adalah rasa tidak nyaman pada area kepala, kulit kepala, atau leher. Kebanyakan sakit kepala dicetuskan oleh banyak faktor yang terlihat “sepele” dan banyak bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, kebanyakan sakit kepala pada umumnya tidak berbahaya.

Sakit kepala dapat digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu sakit kepala primer dan sekunder. Penyebab sakit kepala primer ini umumnya belum banyak diketahui, namun faktor-faktor pencetus jenis sakit kepala ini telah dikenali. Berbeda dengan hal tersebut, sakit kepala sekunder disebabkan oleh adanya suatu penyakit tertentu yang merangsang saraf nyeri di sekitar kepala.

Sakit kepala primer disebabkan oleh keadaan struktur-struktur di sekitar kepala yang terlalu sensitif terhadap nyeri, seperti misalnya zat kimia di dalam otak, pembuluh darah, saraf, kulit kepala, otot di sekitar kepala dan leher, dan lain-lain. Terkadang faktor genetik (keturunan) juga berperan dalam terjadinya jenis sakit kepala ini.

Beberapa jenis nyeri kepala primer adalah dijelaskan selengkapnya di halaman selanjutnya:

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media