Sakit Kepala

Anemia Dapat Sebabkan Sakit Kepala

15104 views

dr. Karin Wiradarma

Ditulis oleh:

dr. Karin Wiradarma

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Anda sering merasa lemas, cepat lelah, kurang fokus, dan sakit kepala? Hati-hati, mungkin Anda mengalami anemia.


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

Anemia Dapat Sebabkan Sakit KepalaKlikDokter.com - Anemia adalah keadaan ketika tidak terdapat cukup sel darah merah di dalam pembuluh darah Anda. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan sel darah tersebut mengangkut oksigen dari paru-paru ke berbagai organ di dalam tubuh. Selain itu, hemoglobin juga mengangkut karbon dioksida untuk dibersihkan dari tubuh Anda.

Jika sel darah merah tidak mencukupi kebutuhan tubuh, oksigen tidak dapat dihantarkan dengan baik ke organ-organ. Apabila kebutuhan oksigen otak tidak terpenuhi, hal tersebut dapat menyebabkan lemas, cepat lelah, kurang fokus, dan sakit kepala. Selain itu, terdapat beberapa gejala anemia lainnya, di antaranya adalah kulit pucat, detak jantung berdebar-debar, sesak napas, nyeri dada, rasa melayang, serta tangan dan kaki terasa dingin.

Ada beberapa jenis anemia, yang disebabkan oleh berbagai penyebab yang berbeda pula. Namun pada umumnya, anemia paling banyak disebabkan oleh karena kekurangan zat besi.

Zat besi adalah salah satu komponen penting pembentuk sel darah merah. Sehingga kekurangan salah satu bahan ini akan mengganggu produksi sel darah merah dalam tubuh. Beberapa hal yang mengakibatkan kekurangan zat besi adalah kurangnya asupan dari makanan, perdarahan, kelainan pada usus, kehamilan, dan penyakit kronis.

Apa saja penyebab perdarahan? Halaman berikut penjelasannya.

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media