Pencegahan Nyeri

Nyeri Haid Bisa Diredakan dengan Makanan Ini

314 views

dr. Reza Fahlevi

Ditulis oleh:

dr. Reza Fahlevi

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri haid. Salah satunya dengan makanan. Lalu, apa saja makanan yang dapat mengurangi nyeri haid?


Nyeri Haid Bisa Diredakan dengan Makanan Ini
Nyeri Haid Bisa Diredakan dengan Makanan Ini

Makanan berfungsi untuk memberikan energi bagi tubuh. Tidak hanya itu, makanan juga dapat digunakan sebagai terapi bagi suatu gejala atau penyakit. Salah satu contohnya adalah untuk meredakan nyeri haid.

Sebuah penelitian tahun 2008 mengungkapkan bahwa perubahan pola diet dapat memengaruhi kondisi tubuh menjelang haid maupun saat haid. Penelitian tersebut menyatakan bahwa mengurangi makanan tinggi lemak dapat meredakan nyeri haid.

Hal ini diduga karena lemak berperan pada proses peradangan di dalam tubuh, sehingga mengurangi konsumsi lemak dapat mencegah dan meredakan nyeri haid.  Oleh karena itu, makanan dengan kadar lemak yang tinggi perlu dihindari menjelang dan saat haid –seperti gorengan, santan, margarin, dan lemak pada daging hewan.

Selain menghindari makanan berlemak, konsumsi sayur dan buah juga dapat membantu meredakan nyeri haid. Hal ini karena kandungan vitamin, mineral, dan serat di dalamnya dapat mengurangi penyerapan lemak di saluran cerna.

Ingin bebas nyeri haid? Cobalah untuk mengubah pola diet sehari-hari. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak konsumsi makanan berserat.

Selain terhindar dari nyeri haid, dalam jangka panjang Anda juga dapat terhindar dari berbagai penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya. Ingat, makanan Anda hari ini akan menentukan kesehatan Anda di masa depan!

[RS/RH]

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media