Gaya Hidup Sehat Bebas Nyeri

6 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Rematik

5651 views
Banyak penderita rematik yang takut olahraga, padahal olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga sendi tetap sehat. Lalu, jenis olahraga apa saja yang aman untuk penderita rematik?


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

6 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita RematikKlikDokter.com – Kerusakan sendi sering dijadikan alasan oleh para penderita rematik untuk tidak berolahraga. Ini tentu tidak baik bagi kesehatan.

Perlu diketahui bahwa olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan fleksibilitas sendi dan kekuatan otot serta sendi. Karena itu, pilihlah olahraga yang ringan, tidak terlalu kompetitif, dan yang paling penting: selalu melakukan pemanasan sebelum latihan!

Berikut adalah enam jenis olahraga yang baik untuk penderita rematik:

1. Berenang

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), keluhan penderita rematik berkurang setelah melakukan hidroterapi atau berolahraga di dalam air hangat dibandingkan dengan latihan lainnya. Mereka melaporkan berkurangnya rasa sakit dan nyeri sendi.

2. Tai chi

Tai chi adalah seni bela diri tradisional Cina yang mengutamakan kelembutan dan keselarasan. Latihan ini bisa meningkatkan fungsi otot, mengurangi kekakuan serta rasa sakit. 

Berikut beberapa pilihan olahraga lainnya bagi penderita rematik.

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media