Stop Penyebaran Jamur

Hati-Hati, Jamur di Balik Spons Make-up

1299 views

dr. Dyan Mega Inderawati

Ditulis oleh:

dr. Dyan Mega Inderawati

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Spons make up ternyata dapat menjadi media pertumbuhan jamur yang dapat menginfeksi kulit. Yuk, kenali lebih dalam mengenai jamur di balik spons make up bersama dr. Dyan Mega Inderawati di sini.

Penggunaan spons make up saat ini sudah menjadi keseharian di seluruh kalangan masyarakat, terutama bagi wanita yang ingin menggunakan make up. Spons make up memang mudah didapatkan, relatif murah dan sangat membantu pemakaian make up, misalnya bedak, foundation, dll.

Namun bila tidak dijaga kebersihannya, spons make up ini justru dapat menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari, salah satunya adalah infeksi jamur.

Seperti yang sudah banyak diketahui, jamur mudah tumbuh dan berkembang di lingkungan yang lembap. Spons make up sangat mudah menjadi media pertumbuhan jamur karena rentan menjadi lembap dan kotor bila tidak rajin dibersihkan dan dikeringkan. Terlebih, bila spons make up yang tidak dibersihkan ini berada di dalam wadah tertutup yang menjadikan kelembapannya sulit menguap dan tetap tersimpan di dalam spons tersebut.

Penggunaan spons yang berulang-ulang pada make up yang berbahan dasar krim ataupun cairan membuatnya lebih lembap dan mudah berjamur ketimbang digunakan pada make up yang berbahan dasar kering, seperti bedak tabur. Bila tidak rutin dibersihkan, tumpukan sisa make up ditambah keringat dan minyak dari kulit akan membuat spons tersebut makin mudah ditumbuhi oleh jamur dan bakteri-bakteri lainnya.

Bagaimana agar spons bedak tetap terjaga kebersihannya dan bebas dari jamur?

Untuk menjaga spons make up tetap bersih dan terbebas dari jamur, biasakanlah untuk membersihkan spons tersebut setiap kali selesai digunakan. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus peralatan make up yang banyak dijual di pasaran. Cairan khusus pembersih ini ada yang sudah mengandung unsur antijamur sehingga dapat melindungi spons make up Anda.

Namun apabila Anda kesulitan untuk menemukan cairan pembersih peralatan make up, Anda dapat menggunakan shampo bayi yang bebahan dasar lembut untuk membersihkan spons make up Anda. Setelah itu, bilas mengunakan air hangat agar minyak yang terkandung di dalam spons ikut larut.  

Setelah bersih, keringkan spons make up tersebut dengan mengangin-anginkannya di tempat yang bersih dan kering. Dengan langkah mudah ini, spons make up Anda akan terbebas dari jamur dan siap untuk digunakan kembali.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media