Kesehatan Kulit

Infeksi Jamur di Kaki karena Alas Kaki

908 views

dr. Mega Putri

Ditulis oleh:

dr. Mega Putri

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Infeksi jamur kerap terjadi karena faktor alas kaki yang digunakan. Kenali infeksi jamur di kaki karena alas kaki oleh dr. Mega Putri berikut ini.

Infeksi Jamur di Kaki karena Alas KakiKaki merupakan bagian yang rentan terkena infeksi jamur. Jamur pada kaki ini dapat menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Infeksi jamur pada kaki atau disebut dengan tinea pedis akan menimbulkan bercak pada kulit kaki akibat jamur yang tumbuh di atas kulit kaki yang terinfeksi. Bercak tersebut akan dirasakan sangat gatal dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tinea pedis disebabkan oleh jamur yang dinamakan dermatofit. Jamur ini banyak ditemukan di lingkungan tertutup, lembap, dan basah. Jamur ini merupakan jamur yang sangat menular. Jamur ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau melalui partikel lain, seperti handuk, alas kaki, bahkan lantai.

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat meningkatkan kemungkinan tertularnya tinea pedis ini. Jamur akan menempel di kaki Anda, dan apabila tidak dibersihkan dengan sempurna maka jamur akan menyebar dan dapat menempel di alas kaki. Jamur yang menempel di alas kaki ini dapat tumbuh subur, terutama apabila alas kaki Anda terlalu tertutup dan sempit sehingga udara tidak bisa bergerak dengan bebas di dalam alas kaki.

Kaki merupakan anggota tubuh yang harus dijaga dengan baik. Kaki yang terlalu lama berada di dalam sepatu dan kaus kaki sepanjang hari akan menyebabkan kaki tersebut menjadi berkeringat, basah, dan bau. Hal ini akan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri. Jamur akan tumbuh dengan subur di lingkungan yang lembap dan basah, seperti di sela-sela jari kaki. Ketika jamur tersebut menempel pada kaki maka akan menimbulkan bercak kemerahan yang sangat gatal.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan infeksi infeksi jamur di kaki karena alas kaki? Untuk meminimalisir kemungkinan infeksi jamur di kaki karena alas kaki, Anda harus menjaga agar kondisi kaki Anda tetap bersih. Cuci bersih kaki Anda, terutama sela-sela jari kaki, setiap pagi dan sore, dan jangan lupa untuk mengeringkannya kembali.

Di samping itu, cucilah juga sepatu dan kaus kaki menggunakan air panas lalu kemudian jemur hingga kering sebelum Anda gunakan. Hindari untuk menggunakan sepatu dan kaus kaki yang sama setiap harinya agar kemungkinan terjadinya infeksi jamur di kaki dapat berkurang.

Namun, apabila Anda sudah terlanjur terinfeksi tinea pedis, Anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan krim antijamur yang mengandung Clotrimazole di antara sela-sela jari kaki yang terinfeksi. Teruskan pengobatan selama 1-2 minggu setelah infeksi hilang guna mencegah terjadinya infeksi ulang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media