Sukses

Manfaat Membawakan Bekal Sekolah untuk Anak

Rutin menyiapkan bekal sekolah untuk anak ternyata mendatangkan banyak manfaat, lho, Bunda. Yuk, cari tahu bersama!

Selama di sekolah, kegiatan si Kecil sudah pasti padat. Tak hanya kegiatan akademis, di luar pelajaran pun aktivitasnya kian bertambah. Untuk menunjang tubuhnya menjalani hari yang padat, ia perlu nutrisi yang cukup agar selalu kuat dan sehat. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah menyiapkan bekal sekolah untuk anak.

Kebiasaan membawa bekal anak sekolah bukanlah hal yang baru. Orang tua zaman dahulu sering melakukannya. Namun, sekarang praktik ini makin tergerus dan akhirnya ditinggalkan karena banyaknya jajanan atau camilan yang bisa dibeli. Padahal ada banyak sekali manfaat dari membawakan anak bekal sekolah, di antaranya:

  1. Nutrisinya Terjamin

Dengan membawakan bekal, Bunda bisa memastikan pemenuhan gizi anak setiap hari, khususnya saat di sekolah. Tubuh anak usia sekolah (berusia 6-12 tahun) juga terus bertumbuh sekalipun tak sepesat balita. Karenanya, mereka memerlukan makanan yang nutrisinya lengkap dengan kandungan zat gizi makro dan mikro.

Zat gizi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak, sementara zat gizi mikro adalah vitamin dan mineral. Dengan membawakan bekal dari rumah, Bunda dapat menjamin pemenuhan nutrisi si Kecil setiap harinya.

  1. Kebersihan Terjamin

Selain dari segi nutrisi yang terjamin, membawa bekal dari rumah dapat memastikan si Kecil mendapat makanan yang bersih. Harus diakui, si Kecil sering kali memilih makanan yang kurang higienis saat jajan karena masih belum memiliki kemampuan memilih makanan yang benar-benar sehat dan bersih.

Karenanya, Bunda dapat menyiasatinya dengan mempersiapkan bekal dari rumah. Makanan yang disiapkan dari rumah tentu sudah terjamin cara pengolahan dan penyediaannya sehingga bisa dipastikan bersih.

  1. Mencegah Penyakit di Masa Depan

Dengan membawa bekal, si Kecil dapat terhindari dari kebiasaan makan yang tidak sehat. Apalagi saat ini jumlah anak yang mengalami obesitas terus bertambah.

Ketahuilah bahwa obesitas adalah salah satu faktor risiko terjadinya penyakit metabolik di masa mendatang, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit gula. Obesitas dapat dicetuskan dengan mengonsumsi makanan siap saji yang tinggi gula dan garam.

Nah, dengan menyiapkan bekal makanan yang sehat, si Kecil akan lebih jarang mengonsumsi makanan tinggi gula dan tinggi garam. Bila Bunda rutin membawakan buah dan sayur dalam bekal, si Kecil pun akan terbiasa mengonsumsi makanan sehat ini hingga ia dewasa. 

  1. Meningkatkan Kemampuan Akademis

Dengan membawakan bekal anak, nutrisi yang didapatkan si Kecil akan terjamin sehingga kebutuhan untuk tumbuh kembangnya terpenuhi. Hal ini juga mendukung perkembangan kognitif anak sehingga kemampuan akademisnya pun meningkat dan bukan tidak mungkin ia jadi berprestasi di sekolah.

Tak hanya itu, tubuh yang kuat karena gizi yang selalu terpenuhi akan menolong anak untuk melakukan aktivitas di sekolah dengan bugar dan prima.

Menyediakan bekal si Kecil ke sekolah ternyata banyak manfaatnya, mulai dari segi nutrisi, kebersihan, bahkan hingga capaian akademis. Jadi, meski terkesan repot, membosankan, dan sulit mencari waktu, tak ada salahnya bila Bunda mempertimbangkan kebiasaan ini.

Mulailah dengan menyusun jadwal bekal si Kecil selama seminggu untuk mempermudah belanja dan mengatur waktu masak. Kemudian, buatlah resep bekal yang praktis diolah, disiapkan, dan dikonsumsi oleh si Kecil.

Menyediakan bekal anak sekolah tidak sesulit dalam bayangan, kok. Dengan perencanaan yang baik, Bunda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil sehari-hari dengan mudah.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar