Sukses

Ini Penyebab Si Kecil Gampang Terjangkit Virus Penyakit

Bunda dan Ayah, bagaimana kondisi Si Kecil saat ini? Apakah ia gampang sakit? Waspada, mungkin hal ini yang menjadi penyebab Si Kecil sering sakit!

Virus ada di mana-mana. Hal ini tentu saja membuat resah, tidak terkecuali bagi Bunda dan Ayah yang memiliki Si Kecil. Pasalnya, Si Kecil adalah golongan usia yang menjadi ‘sasaran empuk’ bagi virus yang tak kasatmata.

Virus yang banyak mewabah di musim penghujan dapat menyebabkan penyakit. seperti demam berdarah dan flu. Sekarang ini bahkan muncul virus baru yang dikenal dengan coronavirus atau juga disebut SARS-CoV-2. Virus baru ini telah menyebabkan pandemi di seluruh dunia, dan Si Kecil adalah salah satu targetnya.

1 dari 2 halaman

Mengungkap Penyebab Si Kecil Rentan Terserang Virus

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rentannya Si Kecil terhadap serangan virus:

  1. Kurangnya Kebersihan

Kebersihan merupakan faktor penting yang memengaruhi daya tahan tubuh Si Kecil. Sebagai salah satu contoh kurangnya kebersihan adalah jarang mencuci tangan. Seperti diketahui, tangan dapat menjadi media yang baik bagi kuman untuk menyebabkan berbagai penyakit pada seseorang.

  1. Tidak Mengindahkan Etika Batuk dan Bersin yang Benar

Tidak setiap orang mengindahkan etika batuk dan bersin yang benar. Padahal, batuk atau bersin dapat menjadi media bagi virus atau kuman lainnya untuk berpindah dan menginfeksi orang-orang di sekitarnya.

  1. Bermain dengan Teman yang Sakit

Bermain bersama teman yang sedang sakit dapat meningkatkan risiko penularan virus penyakit. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda perlu mengingatkan Si Kecil untuk memberikan ruang pada teman yang sedang sakit.

Hal ini tidak berarti menghindari teman tersebut, tetapi hindari kontak atau memegang barang-barang yang digunakan teman yang sakit, seperti buku, mainan, atau alat makan. 

  1. Berbagi Alat-Alat Pribadi

Menggunakan alat makan dan minum bersamaan dengan teman atau anggota keluarga yang sedang sakit dapat membuat Si Kecil tertular penyakit. Atas dasar itu, gunakan alat makan dan minum yang berbeda-beda. Hal ini juga berlaku untuk peralatan mandi.

  1. Membawa Sepatu Masuk ke Dalam Rumah

Membawa sepatu atau barang-barang sejenis masuk ke dalam rumah setelah berpergian dapat mengundang virus penyakit.

Bunda, Ayah dan Si Kecil disarankan untuk meninggalkan sepatu dan barang-barang lainnya di depan pintu sebelum masuk ke dalam rumah. Lalu, semprot atau lap barang-barang tersebut menggunakan disinfektan agar membunuh virus atau agen-agen penyakit lainnya.

  1. Kurang Olahraga

Kurangnya olahraga dapat menyebabkan Si Kecil mudah terjangkit flu. Hal ini terjadi karena kurangnya stimulasi pada sistem kekebalan tubuh, yang berfungsi melawan infeksi. Oleh karena itu, disarankan untuk Si Kecil agar melakukan olahraga intensitas sedang secara rutin dan teratur.

  1. Waktu Tidur yang Kurang

Hal lain yang membuat Si Kecil mudah terserang penyakit adalah kurangnya waktu tidur. Fakta menyebutkan bahwa kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan risiko anak terkena virus seperti flu atau common cold sebesar dua kali lipat.

Maka itu, Bunda dan Ayah wajib membenahi waktu tidur Si Kecil agar selalu tercukupi. Biasanya bayi memerlukan waktu tidur hingga 14 jam per hari dan anak yang belum sekolah memerlukan 11–13 jam tidur per hari.

  1. Sering Menyentuh Mulut, Hidung atau Mata

Virus (termasuk virus corona) dan agen penyakit lainnya dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata, dan mulut. Hal ini khususnya terjadi jika Si Kecil sering menyentuh bagian-bagian tersebut dengan tangan yang belum dicuci menggunakan sabun dan air mengalir.

  1. Tidak Imunisasi

Tidak melakukan imunisasi sesuai jadwal yang seharusnya menjadi ancaman bagi Si Kecil yang daya tahan tubuhnya belum sempurna. Karena pada dasarnya, imunisasi sesuai jadwal dapat mencegah Si Kecil dari penyakit-penyakit yang mematikan

  1. Pola Makan yang Buruk

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang adalah hal yang penting untuk kesehatan dan daya tahan tubuh Si Kecil. Pola makan yang buruk, atau jika Bunda dan Ayah tidak memberikan makanan sehat dan seimbang pada Si Kecil setiap harinya, maka ia berisiko lebih tinggi untuk terserang penyakit.

Itu dia beberapa hal yang membuat Si Kecil rentan terserang penyakit. Mulai saat ini, segera benahi agar Si Kecil selalu sehat dan memiliki tumbuh kembang yang optimal.

Jangan lupa untuk mengombinasikan gaya hidup sehat dengan pemberian nutrisi seimbang seperti sayur, buah, serta makanan bergizi, dan juga susu pertumbuhan. Salah satu alternatifnya seperti susu cair steril dari Morinaga Chil*Go! yang enak bernutrisi.

Morinaga Chil*Go! adalah susu kemasan siap minum (ready to drink), yang juga merupakan susu steril dalam bentuk cair. Dengan kombinasi nutrisi Serat Pangan Inulin, 10 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil usia 1-12 tahun.

Serat pangan inulin berfungsi untuk membantu kesehatan saluran pencernaan sehingga mendukung daya tahan fisik Si Kecil.

Serat pangan inulin bermanfaat sebagai makanan untuk bakteri baik di usus sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Hasilnya, daya tahan tubuh Si Kecil akan lebih kuat dan tidak mudah terinfeksi oleh virus atau bakteri.

Morinaga Chil*Go! diproses secara steril dengan memperhatikan kualitas, tersedia dalam lima pilihan rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanilla, stroberi, pisang, dan melon madu. Pilihan rasa tersebut tidak akan membuat Si Kecil menjadi mudah bosan.

Ayo, terapkan gaya hidup sehat agar Si Kecil tidak gampang sakit, serta memiliki tumbuh kembang yang optimal!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar