Sukses

Penyebab Si Kecil Tidak Mau Minum Susu

Susu kaya akan nutrisi yang vital bagi pertumbuhan si Kecil. Namun, apa jadinya kalau si Kecil tidak mau minum susu? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat susu bagi kesehatan sudah tak perlu dipertanyakan lagi, khususnya bagi anak. Berbagai zat gizi yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil ada di dalam susu.

Tak hanya kaya protein, susu anak pun mengandung kalsium, vitamin D, vitamin A, dan zinc. Namun sayang, ada kalanya anak tidak mau minum susu. Karena berbagai alasan, anak kerap menutup mulut ketika orang tua menawarkan susu.

Hal ini tentu membuat Ayah dan Bunda khawatir, takut tubuh si Kecil tak cukup nutrisinya. Apa saja penyebab si Kecil susah minum susu? Inilah beberapa di antaranya:

  1. Alat Pemberian Susu Tidak Cocok

Ada beberapa media pemberian susu yang dapat Bunda gunakan, diantaranya adalah cangkir, sippy cup, atau dot. Sering kali media atau alat pemberian susu yang tidak cocok juga membuat si Kecil tidak mau minum susu.

Bila memberikan susu menggunakan dot, kondisi karet dot juga kerap memengaruhi si Kecil saat mengisap susu. Lubang karet yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa jadi membuat anak menolak minum susu.

  1. Masalah Rongga Mulut

Beberapa kondisi, seperti sariawan di gusi atau lidah serta masalah rongga mulut, dapat membuat si Kecil tidak nyaman untuk makan atau minum. Dampaknya, si Kecil pun menolak untuk minum susu.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan

Anak yang sedang sakit, misalnya mengalami infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, atau radang tenggorokan, juga akan cenderung menolak minum susu.

Saat mengalami infeksi tersebut, tubuh si Kecil akan lebih lemas dan ia bisa jadi enggan untuk minum susu. Radang tenggorokan juga membuat si Kecil akan merasa nyeri saat menelan cairan, termasuk susu.

  1. Kondisi Susu

Salah satu faktor yang menjadi penyebab si Kecil susah minum susu adalah kondisi susu, misalnya suhu saat susu disajikan. Beberapa anak lebih menyukai susu dengan suhu biasa, tetapi ada pula yang lebih suka suhu yang hangat.

Selain itu, perhatikan pula tanggal kadaluarsa susu, khususnya untuk susu dalam kemasan seperti susu sapi atau susu formula. Bau tengik atau aroma yang tidak sedap pada susu bisa jadi penyebab si Kecil malas minum susu.

  1. Suasana Saat Minum Susu

Apakah si Kecil terdistraksi dengan gawai atau televisi saat sedang minum susu? Bisa jadi itulah penyebab ia enggan minum susu. Selain itu, si Kecil yang dipaksa minum susu saat ia sedang asyik bermain juga akan menolak minum susu.

  1. Si Kecil Tidak Tertarik dengan Susu

Anak yang sudah kenyang dan sudah mengonsumsi makanan padat kemungkinan tidak akan tertarik untuk minum susu lagi. Salah satu solusi nya adalah memberi jeda waktu antara makan utama dengan minum susu.

Bila si Kecil menolak minum susu, salah satu atau beberapa dari penyebab di atas bisa jadi pemicunya. Kenali apa yang menyebabkan si Kecil susah minum susu dan atasi sesuai dengan penyebab tersebut.

Apabila si Kecil masih tidak mau minum susu, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan saran bahan makanan lain yang dapat menjadi alternatif susu, guna memenuhi kebutuhan si Kecil akan kalsium dan zat gizi lainnya.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar