Sukses

Cegah Infeksi Virus, Ini Pentingnya Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Si Kecil yang gemar bermain di luar rumah rentan terkena serangan virus yang ada di mana-mana. Sebagai siasat, Ayah dan Bunda perlu meningkatkan kekebalan tubuh Si Kecil agar ia tidak mudah sakit.

Daya tahan tubuh Si Kecil belum terbentuk dengan sempurna. Hal ini membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi, salah satunya oleh virus yang kasatmata dan ada di mana-mana.

Banyaknya jenis virus yang ada di luar sana dapat pula menyebabkan berbagai jenis infeksi, seperti flu, cacar air, demam berdarah, hingga yang sekarang sedang menjadi wabah pandemi adalah virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Agar terhindar dari berbagai macam virus dan infeksi lainnya, Bunda perlu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Hal ini harus dimulai sedini mungkin, dengan membentuk kebiasaan yang baik.

1 dari 2 halaman

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil, antara lain:

  1. Imunisasi

Pastikan Bunda tidak melewatkan imunisasi Si Kecil. Lakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh dokter. Imunisasi penting untuk dilakukan mulai dari bayi hingga dewasa. agar Si Kecil terhindar dari infeksi yang parah.

Apabila keadaan tidak memungkinkan untuk pergi ke rumah sakit, seperti saat adanya wabah COVID-19 sekarang ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak melalui aplikasi dokter online yang tersedia untuk mendiskusikan jadwal imunisasi yang sesuai.

  1. Ajarkan Si Kecil Cuci Tangan

Ajari Si Kecil untuk mencuci tangan setelah bersin, batuk, dari kamar mandi, hingga setelah menyentuh permukaan benda apapun. Faktanya, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil dan menurunkan risiko infeksi.

  1. Cukup Tidur

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Si Kecil harus mendapatkan cukup tidur. Berdasarkan penelitian, Si Kecil diharapkan dapat tidur minimal 8 jam per hari.

Jika kurang dari itu, kemampuan tubuh Si Kecil untuk memproduksi protein yang disebut sitokin akan berkurang. Padahal, senyawa tersebut berfungsi untuk melawan infeksi dan menurunkan peradangan.

  1. Rutin Berolahraga

Kebiasaan olahraga perlu ditanamkan oleh Ayah dan Bunda sejak dini. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga teratur dengan intensitas moderat dapat meningkatkan sistem imunitas Si Kecil.

Tak perlu lama-lama, olahraga selama 30 menit saja sudah cukup untuk membuat tubuh Si Kecil bugar.

  1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Bunda juga perlu memastikan agar Si Kecil terus mengonsumsi makanan yang beragam dan seimbang, termasuk buah dan sayuran yang berwarna-warni. Kurangi makanan yang sudah diproses, makanan cepat saji, serta makanan yang banyak mengandung gula, garam, atau minyak.

Pemilihan makanan yang baik akan membantu Si Kecil mendapatkan vitamin dan mineral yang penting, seperti vitamin A dan E, serta seng atau zink. Kombinasi nutrisi tersebut juga akan membantu menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh Si Kecil.

Kebaikan kombinasi nutrisi vitamin dan mineral tersebut juga dapat ditemukan dalam susu pertumbuhan. Salah satu alternatifnya adalah susu cair steril seperti Morinaga Chil*Go! yang enak bernutrisi.

Morinaga Chil*Go! adalah susu kemasan siap minum (ready to drink), yang juga merupakan susu steril dalam bentuk cair.

Dengan kombinasi nutrisi Serat Pangan Inulin, 10 Vitamin dan 5 Mineral termasuk di dalamnya kolin, inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks, Morinaga Chil*Go! dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil usia 1-12 tahun.

Serat pangan inulin berfungsi untuk membantu kesehatan saluran pencernaan, sehingga mendukung daya tahan fisik Si Kecil.

Serat pangan inulin bermanfaat sebagai makanan untuk bakteri baik di usus sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Hasilnya, daya tahan tubuh Si Kecil akan lebih kuat dan tidak mudah terinfeksi oleh virus atau bakteri.

Morinaga Chil*Go! diproses secara steril dengan memperhatikan kualitas tersedia dalam lima pilihan rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu. Pilihan rasa tersebut tidak akan membuat Si Kecil menjadi mudah bosan. Yuk, Bunda, bantu Si Kecil tingkatkan daya tahan tubuhnya sejak dini.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar