Sukses

Mau Si Kecil Tumbuh Optimal? Lakukan Hal Ini

Tumbuh optimal di masa kanak-kanak akan sangat memengaruhi masa depannya. Cari tahu apa saja yang membuat Si Kecil tumbuh optimal.

Si Kecil punya jalannya masing-masing dalam mencapai pertumbuhan yang optimal. Pertumbuhan fisik Si Kecil, yaitu tinggi dan berat badan, akan melewati beberapa tahap sampai mencapai pertumbuhan optimal.

Selain itu, perkembangan motorik, bahasa, dan sosial Si Kecil juga menjadi tolok ukur untuk mengetahui apakah Si Kecil tumbuh optimal.

Pertumbuhan optimal di sini tentu saja yang sesuai dengan umurnya. Saat mencapai usia 1 tahun, mereka sudah cukup aktif bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Seperti mengeksplor lingkungan sekitar, memanjat, dan berlari. Si Kecil sudah lebih mengenal orang sekitarnya terutama orang tuanya dan akan malu atau menangis jika bertemu dengan orang baru.

Pada tahap selanjutnya, yakni usia 2-3 tahun, Si Kecil akan tumbuh dan berkembang sangat cepat. Bagaimana Si Kecil bermain, belajar, berbicara, bertindak, dan bergerak dapat menjadi petunjuk penting bagi Anda mengenai pertumbuhan dan perkembangan optimalnya.

Mereka umumnya juga sudah bisa menyebut beberapa kata sehingga membentuk satu kalimat. Anda akan lebih mengerti apa yang mereka katakan walaupun ada huruf yang kurang ketika mereka bicara.

Balita di usia 2-3 tahun juga sudah mulai mengerti jika diberi perintah atau arahan. Seperti menunjuk bagian-bagian tubuh jika disuruh dan menunjuk gambar hewan yang ada di bukunya.

Tips agar Si Kecil Tumbuh Optimal

Untuk mencapai tahapan agar Si Kecil tumbuh optimal, Ayah dan Bunda memiliki peran penting. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

  • Lakukan kontak dengan Si Kecil, seperti melihat, mendengar, dan menyentuhnya.
  • Lebih sering membacakan cerita menggunakan buku yang lebih berwarna dan hindari menggunakan gadget
  • Bantu mengembangkan kemampuan berbicara Si Kecil dengan lebih sering mengajaknya bicara. Cobalah untuk mengajaknya bicara dengan pelan dan jelas agar mereka lebih mudah memahaminya.
  • Mengajak Si Kecil untuk mengeksplorasi dan mencoba hal-hal baru, tentunya dengan pengawasan dari Ayah dan Bunda.
  • Dorong kemandirian dirinya sejak dini seperti membiarkannya memakai pakaian dan makan sendiri terlebih dahulu. Saat mereka mulai kewalahan, Bunda dapat membantunya.
  • Biarkan mereka bermain dengan teman sebayanya untuk mulai mengasah kemampuan berinteraksi. Dengan begini, Si Kecil mulai belajar berkomunikasi, mengekspresikan diri dan menunjukkan empati terhadap teman sebayanya.
  • Jangan lupa untuk rutin mengukur berat dan tinggi badan Si Kecil agar Bunda lebih tahu akan tumbuh kembangnya.
  • Seringlah memuji Si Kecil ketika ia melakukan sesuatu dengan kata ‘pintar’, ‘bagus’, ‘berhasil’, dan ‘hore’ untuk menciptakan pendekatan secara positif serta meningkatkan kepercayaan dirinya.

Selain itu, Bunda juga perlu lebih sering mengajaknya bermain dan berbicara. Ajukan pertanyaan sederhana dan tanggapi upaya Si Kecil untuk berbicara. Lakukan juga permainan sederhana bersama Si Kecil.

Nah, kalau Bunda kehabisan ide bermain bersama Si Kecil, jangan khawatir. Coba kunjungi www.morinagamiplayplan.com! Di website Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP) ini, Bunda bisa menemukan aneka permainan seru untuk menstimulasi Kecerdasan Majemuk Si Kecil. 

Bunda dapat mencari tahu bagaimana cara mengasah Kecerdasan Majemuk Si Kecil melalui rencana bermain sehari-hari yang disesuaikan dengan usia dan kategori kecerdasan majemuknya. Dengan begini, kecerdasan majemuknya akan terasah secara berkesinambungan.

Melalui Morinaga MIPP juga, Bunda bisa menstimulasi kecerdasan Si Kecil dengan cara yang menyenangkan sekaligus dapat memiliki quality time bersama.

Dukung dengan Nutrisi

Tak kalah penting dengan stimulasi, pemberian nutrisi seimbang untuk Si Kecil juga mendukung tumbuh kembang optimalnya.

Asupan nutrisi yang seimbang, yaitu dengan mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral Si Kecil. Selain asupan makanan dengan nutrisi seimbang, Bunda juga perlu memberikan susu pertumbuhan dengan nutrisi lengkap, salah satu pilihannya adalah Morinaga Platinum MoriCare Zigma.

Morinaga Platinum MoriCare Zigma terdiri dari Morinaga Chil Kid untuk usia 1–3 tahun dan Morinaga Chil School untuk usia 3-12 tahun. Susu pertumbuhan ini memiliki sinergi nutrisi tepat untuk Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil.

Untuk mendukung Kecerdasan Multitalenta, Morinaga Platinum antara lain mengandung AA & DHA untuk meneruskan rangsangan antar sel saraf dan mempercepat daya tangkap, Alfa Laktalbumin untuk kemampuan berpikir, Kolin yang berfungsi untuk memperkuat daya ingat, dan Zat Besi untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar.

Selain itu, masih ada Omega-6 dan Omega-3, yakni asam lemak esensial sebagai bahan pembentuk AA dan DHA; serta fosfolipid yang merupakan komponen penting untuk membentuk fungsi otak Si Kecil.

Untuk Pertahanan Tubuh Ganda agar tak mudah sakit, Morinaga Platinum mengandung nukleotida yang berperan dalam meningkatkan antibodi, laktoferin untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu melawan infeksi saluran napas dan saluran cerna.

Selain itu, ada Serat Pangan GOS yang merupakan makanan untuk pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna; serta Probiotik Triple Bifidus yang merupakan gabungan tiga bakteri baik (bifidobakterium) di saluran cerna, yaitu:

  • Bifidobacterium longum BB536 yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas seperti influenza dan ISPA.
  • Bifidobacterium breve M-16V yang ampuh mencegah konstipasi dan diare serta mencegah infeksi saluran pencernaan lain.
  • Bifidobacterium infantis M-63 yang membantu penyerapan nutrisi serta mencegah dan mengurangi gejala alergi.

Nah, agar Si Kecil mendapatkan Tumbuh Kembang yang Optimal, susu ini dilengkapi juga dengan kalsium, vitamin D, dan magnesium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ada juga Whey Protein sebagai komponen penting dalam pertumbuhan, Beta Palmitat untuk penyerapan kalsium dan lemak lebih baik, serta beragam vitamin dan mineral.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar Si Kecil tumbuh optimal. Ayah dan Bunda punya peran penting dalam proses ini dengan selalu memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Di antaranya dengan memberikan nutrisi dari susu Morinaga Platinum MoriCare Zigma dan stimulasi melalui website Morinaga MIPP.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar