Sukses

Si Kecil Kecanduan Gadget? Ini Cara Mengatasinya, Bunda!

Seiring dengan kemajuan teknologi, Si Kecil akan menjadi lebih mudah kecanduan gadget. Apakah Si Kecil salah satunya? Ini cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Walaupun membuat hidup lebih mudah dalam banyak hal, gadget alias gawai dapat berdampak buruk, terutama bagi Si Kecil. Apabila tidak dibatasi, Si Kecil dapat dengan mudah mengalami kecanduan gadget.

Secara umum, kecanduan gadget ditandai dengan ciri Si Kecil lebih sering menggunakan gawai daripada bermain dengan anak seumurnya. Mereka juga akan marah atau menangis saat gadget tidak diberikan saat diminta. Tak hanya itu, Si Kecil juga kerap mengabaikan kepentingan yang lain, seperti makan dan tidur siang.

Banyak akibat negatif yang dapat timbul akibat kecanduan gadget, terutama pada kesehatannya. Si Kecil yang kecanduan gadget akan lebih agresif dan mudah marah, kesulitan dalam berperilaku, kurangnya keinginan untuk belajar, serta mengalami gangguan tidur. Karena kurangnya aktivitas fisik, keterampilan motorik Si Kecil pun tidak terasah.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Peran Ayah dan Bunda tentu sangat penting untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget. Bunda harus tegas kepada Si Kecil apabila sudah kecanduan karena akan berdampak tidak baik bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Hal-hal yang dapat dilakukan orang tua, yaitu:

  • Membatasi penggunaan Pilihlah saat-saat atau hari tertentu di mana Si Kecil bisa bermain dengan gadget-nya. Bunda juga perlu memberi batasan seberapa lama Si Kecil dapat bermain gawai.
  • Usahakan untuk lebih sering meluangkan waktu dengan Si Kecil. Artinya, Bunda juga tidak boleh terlalu lama terpaku pada layar gadget. Ajak dia bermain di luar sambil mengenal teman-teman sebaya dan lingkungan sekitarnya.
  • Menerapkan saat-saat bebas gadget, seperti saat makan, berkumpul bersama keluarga, mengerjakan PR, dan waktu tidur.
  • Tidak menaruh TV, komputer, dan perangkat gadget lainnya di kamar Si Kecil.
  • Ajak Si Kecil melakukan permainan yang dapat menstimulasi kecerdasan majemuknya sekaligus menciptakan quality time antara Bunda dan Si Kecil.
  • Cukupi asupan nutrisi Si Kecil.

Ya, selain melakukan hal-hal di atas, penting juga bagi Bunda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Kecerdasan Si Kecil, terutama kemampuan kognitif dan motorik, saat alami kecanduan gadget pasti akan menurun.

Oleh sebab itu, nutrisi adalah kunci untuk tetap mendukung kecerdasannya. Beberapa nutrisi yang penting bagi perkembangan kecerdasan optimal Si Kecil adalah AA, DHA, serta omega-3 dan 6. Keempatnya adalah asam lemak yang penting untuk perkembangan otak, terutama sistem saraf pusat dan kemampuan kognitif.

Selain itu, kolin dapat membantu meningkatkan memori dan pengendalian otot. Protein alfa laktalbumin juga bermanfaat untuk fungsi kognisi (kemampuan berpikir) Si Kecil.

Protein yang banyak terdapat pada susu ini juga telah terbukti memiliki beberapa efek baik pada perkembangan Si Kecil. Penelitian menunjukkan bahwa alfa laktalbumin antara lain membantu pengikatan mineral, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menghambat pertumbuhan patogen merugikan.

Komponen nutrisi lain yang tidak kalah penting adalah zat besi, yakni mineral untuk meningkatkan konsentrasi Si Kecil dalam proses belajar. Ada juga fosfolipid yang merupakan komponen penting dalam membentuk fungsi otak Si Kecil.

Nah, nutrisi-nutrisi untuk mendukung Kecerdasan Multitalenta di atas secara lengkap ada dalam Morinaga Platinum MoriCare Zigma, yang terdiri dari Chil Kid (usia 1-3 tahun) dan Chil School (usia 3-12 tahun).

Selain Kecerdasan Multitalenta, susu pertumbuhan ini juga mendukung Pertahanan Tubuh Ganda Si Kecil, dengan kandungan nukleotida dan laktoferin serta gabungan Serat Pangan GOS dan Probiotik Triple Bifidus.

Adapun tiga bakteri baik yang ada dalam formula Triple Bifidus, yakni:

  • Bifidobacterium longum BB536 yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas seperti influenza dan ISPA.
  • Bifidobacterium breve M-16V yang ampuh mencegah konstipasi dan diare serta mencegah infeksi saluran pencernaan lain.
  • Bifidobacterium infantis M-63 yang membantu penyerapan nutrisi serta mencegah dan mengurangi gejala alergi.

Untuk mendukung Tumbuh Kembang Optimal, Morinaga Platinum MoriCare Zigma mengandung kalsium, vitamin D, dan magnesium, whey protein, beta palmitate, serta aneka vitamin dan mineral. Semuanya berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan optimal lho!

Beri Stimulasi yang Tepat

Untuk melepaskan Si Kecil dari kecanduannya terhadap gadget, Bunda juga perlu membuat aktivitas kreatif yang menyenangkan. Selain mengalihkan perhatiannya dari gawai, hal ini sekaligus dapat menstimulasi kecerdasannya.

Ide-ide aktivitas ini dapat Bunda peroleh dari www.morinagamiplayplan.com. Website Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP) ini dapat membantu Bunda mencari tahu kecerdasan majemuk yang dimiliki Si Kecil, dan mengasahnya dengan berbagai ide permainan yang menarik 

Salah satunya, Bunda dapat membuat rencana bermain sehari-hari yang bisa disesuaikan dengan umur Si Kecil dan kategori kecerdasan majemuk. Di website Morinaga MIPP, Bunda dapat menstimulasi kecerdasan majemuk Si Kecil dengan cara yang menyenangkan sekaligus memiliki quality time dengannya.

Si Kecil saat ini mengalami kecanduan gadget? Yuk, coba terapkan enam tips di atas untuk mengatasinya. Di sisi lain, Bunda juga sebaiknya mengurangi waktu asyik sendiri bersama dengan gadget ya. Jangan lupa penuhi nutrisi Si Kecil bersama Morinaga Platinum MoriCare Zigma, serta berikan juga lebih banyak waktu dengan permainan kreatif yang didapat dari website Morinaga MIPP!

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar