Sukses

Camilan Lezat yang Bantu Si Kecil Tidur Nyenyak

Tidur adalah bagian penting pada fase tumbuh kembang Si Kecil. Bantu agar Si Kecil tidur nyenyak dengan camilan lezat ini.

Klikdokter.com, Jakarta Bunda, apakah kebutuhan tidur malam Si Kecil sudah tercukupi? Jika belum, segera perbaiki. Tidur malam yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu modal yang dibutuhkan untuk mewujudkan tumbuh kembang yang optimal pada Si Kecil.

Pada saat tidur, tubuh Si Kecil tidak hanya beristirahat untuk memulihkan tenaga yang hilang setelah beraktivitas. Tidur juga membuat tubuh Si Kecil mengalami pertumbuhan tulang, otot dan proses pematangan otak.

Selain itu, segala informasi yang didapatkan dalam satu hari dari proses belajar juga akan disimpan di dalam otak apabila Si Kecil tidur dengan waktu cukup. Tidur juga membuat gelombang otak yang telah aktif seharian menjadi tenang, bersamaan dengan otot dan tubuh yang relaks.

Tidur yang disarankan untuk Si Kecil di bawah usia satu tahun adalah 14–15 jam dalam satu hari. Sedangkan Si Kecil usia prasekolah butuh tidur selama 11–12 jam, usia enam sampai dua belas tahun butuh tidur selama 10 jam, dan usia di atas dua belas tahun butuh waktu tidur selama 7–9 jam dalam sehari.

Untuk memenuhi durasi tidur yang dianjurkan, salah satu hal yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memberikan camilan yang sehat untuk Si Kecil. Camilan ini mempunyai kandungan asam amino triptofan, magnesium, kalsium dan melatonin, yang membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak.

Beberapa camilan yang dimaksud, antara lain:

  • Pisang

Pisang mengandung triptofan sebagai bahan pembuat melatonin. Selain itu, buah berkulit kuning ini juga mengandung magnesium yang mempunyai peranan sebagai relaksan alami tubuh.

Asupan magnesium yang memadai terbukti dapat menurunkan aktivitas adrenalin, sehingga penting untuk membuat tidur menjadi nyenyak.

  • Alpukat

Alpukat kaya akan lemak baik (HDL), juga triptofan dan magnesium. Di samping itu, alpukat juga mengandung vitamin B6 yang membantu proses pengubahan triptofan menjadi melatonin. Buah ini bisa dijadikan jus atau menjadi bubur dicampur dengan sedikit susu.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam atau brokoli bisa dijadikan camilan lezat, dengan dicampur telur dan diolah menjadi omelet. Sayuran hijau mengandung nutrisi yang cukup lengkap, yaitu triptofan, magnesium, kalsium, melatonin dan serat. Kesemuanya bisa membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak.

  • Oat

Oat adalah sumber karbohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi, sehingga membuat kenyang lebih lama ketika dijadikan camilan malam hari. Selain itu, oat juga mengandung triptofan dan melatonin yang penting untuk menunjang proses tidur.

Selain yang telah disebutkan, ada satu lagi asupan sehat yang bisa membantu Si Kecil tidur nyenyak. Ya, apalagi kalau bukan susu.

Faktanya, susu mengandung triptofan sebagai asam amino (protein) yang berperan dalam memproduksi hormon tidur melatonin.

Supaya manfaatnya lebih optimal, pastikan Bunda memilih susu Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus yang terdiri dari Morinaga Chil Kid untuk usia 1–3 tahun dan Morinaga Chil School untuk usia 3-12 tahun.

Selain membantu Si Kecil untuk tidur lebih nyenyak dan berkualitas, Morinaga Platinum MoriCare Zigma juga mengandung ragam nutrisi untuk mendukung perkembangan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil, lho!

Ragam nutrisi tersebut terdiri dari:

  • Alfa Laktalbumin, protein yang berperan untuk fungsi kognitif (kemampuan berpikir)
  • AA dan DHA, yang bisa meneruskan rangsangan antar sel saraf untuk mempercepat daya tangkap
  • Kolin, golongan vitamin B yang berfungsi memperkuat memori atau daya ingat
  • Zat Besi, mineral penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar
  • Omega 3 dan 6, asam lemak esensial sebagai prekursor atau bahan pembentuk AA dan DHA
  • Fosfolipid, bagian Milk Fat Globular Membrane yang merupakan komponen penting untuk mengoptimalkan fungsi otak Si Kecil.

Selain itu, terdapat serat pangan GOS yang merupakan makanan untuk pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna; serta triple bifidus yang merupakan gabungan tiga bakteri baik (bifidobakterium) di saluran cerna, yaitu:

  • Bifidobacterium longum BB536 yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas seperti influenza dan ISPA.
  • Bifidobacterium breve M-16V yang ampuh mencegah konstipasi dan diare serta mencegah infeksi saluran pencernaan lain.
  • Bifidobacterium infantis M-63 yang membantu penyerapan nutrisi serta mencegah dan mengurangi gejala alergi.

Pastikan Si Kecil mengonsumsi Morinaga Platinum MoriCare Zigma secara rutin dan teratur, agar kualitas tidur dan tumbuh kembangnya terus optimal. Jangan sampai lupa juga untuk memberikan stimulasi yang tepat, agar tubuh dan otak Si Kecil berkembang dengan lebih pesat.

Ketahui stimulasi yang paling tepat untuk Si Kecil dengan membuka website www.morinagamiplayplan.com atau biasa disebut sebagai website Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP).

Melalui website Morinaga MIPP, Bunda bisa menemukan aneka permainan seru untuk mengetahui Kecerdasan Majemuk Si Kecil. Bunda dapat mencari tahu apa saja tools untuk mengasah Kecerdasan Majemuk Si Kecil melalui rencana bermain sehari-hari yang disesuaikan dengan usia dan kategori kecerdasan majemuknya.

Dengan website Morinaga MIPP, kecerdasan Si Kecil akan terasah secara berkesinambungan. Nah, stimulasi kecerdasan Si Kecil dengan cara yang menyenangkan sekaligus quality time bersamanya di website Morinaga MIPP ini, ya, Bunda.

Tidur cukup dan berkualitas yang dikombinasikan dengan susu Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus serta pemberian stimulasi yang tepat, akan membuat Si Kecil tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar