Sukses

4 Faktor yang Pengaruhi Kecerdasan Si Kecil Selain Keturunan

Selain karena keturunan, faktor ini juga turut memengaruhi kecerdasan Si Kecil. Ketahui dan optimalkan mulai saat ini!

Faktor keturunan atau genetik memegang peran penting dalam menentukan kecerdasan Si Kecil. Namun, tahukah Bunda bahwa hal tersebut bukanlah satu-satunya faktor penentu kecerdasan Si Kecil?

Pada dasarnya, kecerdasan Si Kecil dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Dari sisi internal, ada kecerdasan atau bakat yang diturunkan langsung dari orang tua.

Sedangkan faktor eksternal berarti bahwa kecerdasan Si Kecil juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi, stimulasi, aktivitas dan kesehatan.

Asupan nutrisi

Nutrisi merupakan kunci terpenting yang mendukung kecerdasan Si Kecil. Ini karena apa yang Bunda berikan sebagai asupan Si Kecil memberikan pengaruh langsung pada perkembangan otaknya.

Alfa laktalbumin, AA dan DHA, kolin, fosfolipid, omega 3 dan 6, dan zat besi adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil agar perkembangan otaknya tetap optimal dengan fungsi sebagai berikut:

  • Alfa Laktalbumin, protein yang berperan untuk fungsi kognitif (kemampuan berpikir)
  • AA dan DHA, yang bisa meneruskan rangsangan antar sel saraf untuk mempercepat daya tangkap
  • Kolin, golongan vitamin B yang berfungsi memperkuat memori atau daya ingat
  • Zat Besi, mineral penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar
  • Omega 3 dan 6, asam lemak esensial sebagai prekursor atau bahan pembentuk AA dan DHA
  • Fosfolipid, bagian Milk Fat Globular Membrane yang merupakan komponen penting untuk mengoptimalkan fungsi otak Si Kecil.

Seluruh nutrisi tersebut dapat Bunda temukan pada susu pertumbuhan Morinaga Platinum MoriCare Zigma yang terdiri dari Morinaga Chil Kid untuk usia 1–3 tahun dan Morinaga Chil School untuk usia 3–12 tahun dengan sinergi nutrisi tepat untuk Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil.

Stimulasi

Pada masa kanak-kanak, perkembangan saraf di otak berlangsung lebih cepat dan kompleks ketika Si Kecil diberikan stimulasi yang tepat. Hal itulah yang akan membuat Si Kecil menjadi cerdas.

Tanpa stimulasi, perkembangan otak tidak akan melaju pesat dan cenderung terhambat. Stimulasi dapat Bunda berikan dalam bentuk terkecil, seperti mendeskripsikan sesuatu, berinteraksi atas semua kegiatan, mengajak Si Kecil lomba lari, menggambar dan sebagainya.

Untuk mengetahui ide permainan apa saja yang tepat untuk menstimulasi Si Kecil, Bunda dapat mengakses www.morinagamiplayplan.com atau biasa disebut Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP).

Di website Morinaga MIPP, Bunda bisa mendapatkan informasi seputar ide permainan menarik yang sesuai dengan usia dan kecerdasan majemuk Si Kecil. Dengan begini, kecerdasan Si Kecil akan terasah secara berkesinambungan, dan Bunda pun bisa memiliki quality time bersamanya.

Aktivitas

Banyaknya aktivitas Si Kecil juga merupakan upaya untuk memberikan stimulasi pada perkembangan otaknya agar menjadi cerdas. Sehingga, aktivitas seperti olahraga, bermain, belajar dan bereksplorasi dapat membantu Si Kecil mengembangkan kecerdasan multilatenta miliknya.

Perlu diingat, segala pertumbuhan dan perkembangan juga bisa terjadi dengan pesat ketika Si Kecil tidur. Maka, Si Kecil perlu tidur dalam durasi yang cukup setiap harinya.

Kesehatan

Jaga kesehatan Si Kecil dengan menyertakannya pada program imunisasi yang telah ditentukan oleh pemerintah. Ikuti setiap anjuran yang diberikan, agar sistem kekebalan tubuh Si Kecil terbentuk dengan optimal. 

Hal ini akan membuat Si Kecil terhindar dari beragam penyakit infeksi yang bisa mengganggu proses tumbuh kembangnya.

Lengkapi nutrisi Si Kecil dengan susu pertumbuhan Morinaga Platinum MoriCare Zigma yang mendukung Pertahanan Tubuh Ganda, dengan kandungan nukleotida dan laktoferin serta gabungan Serat Pangan GOS dan Probiotik Triple Bifidus. Adapun tiga bakteri baik yang ada dalam formula Triple Bifidus, yakni:

  • Bifidobacterium longum BB536 yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas seperti influenza dan ISPA.
  • Bifidobacterium breve M-16V yang ampuh mencegah konstipasi dan diare serta mencegah infeksi saluran pencernaan lain.
  • Bifidobacterium infantis M-63 yang membantu penyerapan nutrisi serta mencegah dan mengurangi gejala alergi.

Terus asah kecerdasan Si Kecil dengan cara yang tepat. Jangan lupa berikan Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus sesuai takaran yang tertera di label kemasan. Dengan demikian, Si Kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda dan Tumbuh Kembang Optimal.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar