Sukses

Tips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Si Kecil

Jangan biarkan kecerdasan Si Kecil terganggu gara-gara keseringan main gadget. Atur penggunaan gadget pada anak dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Gawai atau gadget menjadi suatu benda yang kehadirannya tidak bisa dipisahkan dari kemajuan teknologi masa kini. Benda yang dulunya hanya digunakan oleh orang dewasa ini sudah merambah hingga ke Si Kecil. Ya, penggunaan gadget juga bisa memikat Si Kecil.

Tidak dimungkiri, kehadiran gadget memang bisa sangat memudahkan urusan sehari-hari. Namun, apabila tidak pada ‘tempatnya’, benda tersebut bisa menyebabkan banyak kerugian.

Contoh, Bunda memberikan gadget pada Si Kecil sejak dini dan membiarkannya bermain dengan benda tersebut sepanjang hari. Ketika Si Kecil menonton video melalui gadget, ia akan mendapatkan informasi berupa rangsangan audiovisual.

Sayangnya, rangsangan tersebut hanya bersifat satu arah. Karenanya, Si Kecil hanya mendapat informasi dari gadget tanpa berkesempatan untuk menyampaikan apa yang ia dapatkan.

Selain itu, dampak gadget yang penggunaannya secara berlebihan dapat membuat Si Kecil ketagihan. Ketika gadget tersebut Bunda ambil dari genggaman Si Kecil, ia akan kebingungan dan merasa cemas.

Maka dari itu, penting untuk memberikan batasan dan pendampingan saat Si Kecil bermain gadget. Agar, dampak positif yang didapat tidak malah menjadi negatif.

Lantas bagaimana cara yang bijak agar dapat mengatur penggunaan gadget pada Si Kecil?

  • Screen time

Dalam satu hari, durasi menatap layar (screen time) perlu dibatasi dan disesuaikan dengan usia Si Kecil.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Si Kecil di bawah usia dua tahun tidak disarankan mendapatkan screen time  sama sekali. Sedangkan untuk Si Kecil di atas dua tahun, screen time sebaiknya tidak lebih dari dua jam.

Selain itu, Bunda juga mesti memberikan jadwal Si Kecil menatap layar. Misalnya, hanya boleh di sore hari, dan tidak saat waktu makan atau malam hari.

  • Berikan contoh

Agar Si Kecil manut untuk membatasi penggunaan gadget, Bunda sebagai orangtua wajib memberikan contoh. Jangan hanya meminta Si Kecil membatasi penggunaan gadget, tapi Bunda sendiri malah menggenggam benda tersebut di setiap waktu.

  • Informasikan dampaknya

Ketika Si Kecil sudah bisa diajak diskusi, Bunda perlu menyampaikan mengenai dampak dari penggunaan gadget secara berlebihan. Informasi yang diberikan pun harus menggunakan kata-kata yang jelas dan sesuai dengan kemampuan maupun usia Si Kecil.

Selain yang telah disebutkan, Bunda bisa mengalihkan perhatian gawai dari Si Kecil dengan memberikannya kesibukan. Misalnya, bermain di luar rumah, les musik, olahraga, menggambar atau kegiatan lain yang Si Kecil senangi.

Jika tidak tahu betul mesti memberikan kesibukan seperti apa pada Si Kecil, Bunda bisa membuka website www.morinagamiplayplan.com atau biasa disebut Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP).

Melalui website Morinaga MIPP, Bunda bisa mencari tahu tentang rencana bermain sehari-hari yang bisa disesuaikan dengan umur dan katergori Kecerdasan Majemuk Si Kecil. Ada berbagai ide permainan yang menarik dan pasti disenangi oleh Si Kecil.

Dengan website Morinaga MIPP, Bunda dapat menstimulasi kecerdasan Si Kecil dengan cara yang menyenangkan sekaligus memiliki quality time dengannya.

Jangan lupa lengkapi stimulasi kecerdasan Si Kecil dengan nutrisi yang tepat, ya, Bunda. Salah satunya adalah susu Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus yang terdiri dari Chil Kid (usia 1-3 tahun) dan Chil School (usia 3-12 tahun), agar Kecerdasan Multitalenta Si Kecil terus berkembang dengan baik.

Morinaga Platinum MoriCare Zigma memiliki beberapa kandungan penting untuk pertumbuhan otak Si Kecil, seperti:

  • Alfa Laktalbumin, protein yang berperan untuk fungsi kognitif (kemampuan berpikir)
  • AA dan DHA, yang bisa meneruskan rangsangan antar sel saraf untuk mempercepat daya tangkap
  • Kolin, golongan vitamin B yang berfungsi memperkuat memori atau daya ingat
  • Zat Besi, mineral penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar
  • Omega 3 dan 6, asam lemak esensial sebagai prekursor atau bahan pembentuk AA dan DHA
  • Fosfolipid, bagian Milk Fat Globular Membrane yang merupakan komponen penting untuk mengoptimalkan fungsi otak Si Kecil.

Susu pertumbuhan Morinaga Platinum MoriCare Zigma ini juga mendukung Pertahanan Tubuh Ganda Si Kecil, dengan kandungan nukleotida dan laktoferin serta gabungan Serat Pangan GOS dan Probiotik Triple Bifidus. Adapun tiga bakteri baik yang ada dalam formula Triple Bifidus, yakni:

  • Bifidobacterium longum BB536 yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas seperti influenza dan ISPA.
  • Bifidobacterium breve M-16V yang ampuh mencegah konstipasi dan diare serta mencegah infeksi saluran pencernaan lain.
  • Bifidobacterium infantis M-63 yang membantu penyerapan nutrisi serta mencegah dan mengurangi gejala alergi.

Mulai saat ini, mulailah untuk lebih bijak dalam mengatur penggunaan gadget pada Si Kecil. Jangan lupa iringi dengan stimulasi dari website Morinaga MIPP dan pemberian Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus sesuai takaran yang tertera di label kemasan. Si Kecil pun akan tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar