Sukses

Kenali Bahaya Berlebihan Main Gadget pada Tumbuh Kembang Si Kecil

Selain gangguan mata dan penglihatan, risiko gangguan tumbuh kembang dapat terjadi saat Si Kecil berlebihan main gadget.

Klikdokter.com, Jakarta Di era teknologi kini, ketergantungan pada gadget alias gawai bukanlah hal yang mengejutkan. Tak hanya orang dewasa, Si Kecil pun bisa mengalami ketergantungan pada gadget, terutama telepon seluler. Namun, sudahkah Bunda menyadari berbagai bahaya yang mengintai akibat Si Kecil berlebihan bermain gadget?

Saking asyiknya bersama gadget – seperti bermain game, bermedia sosial, hingga menonton video, Si Kecil biasanya abai terhadap hal-hal penting saat bermain gadget. Misalnya, postur saat bermain, jarak antara layar dan mata, hingga kecerahan layar. Padahal, hal-hal ini dapat menimbulkan dampak serius bagi kesehatan Si Kecil.

Hal yang paling mudah disadari adalah gangguan mata dan penglihatan akibat terlalu banyak melihat layar digital.

Keluhan pandangan kabur, mata kering, hingga sakit kepala tanpa sebab kerap dikeluhkan Si Kecil yang banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Jika tidak diatasi, dalam jangka panjang, keluhan ini bisa menjadi gangguan yang lebih serius.

Gadget dan perkembangan kecerdasan

Diluar gangguan mata dan penglihatan, ada juga risiko gangguan perkembangan dan kecerdasan pada Si Kecil yang terlalu banyak bermain gadget. Studi menyatakan, Si Kecil yang menghabiskan banyak waktu bermain gadget berisiko lebih tinggi mengalami keterlambatan bicara di usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Kebiasaan menghabiskan waktu dengan bermain gawai tentu juga dapat mengganggu keeratan hubungan antara Si Kecil dengan Ayah dan Bunda. Padahal, interaksi dengan keluarga —terutama orangtua— merupakan stimulasi awal yang akan banyak berpengaruh dalam kemajuan kecerdasan dan emosi Si Kecil.

Tak hanya itu, menghabiskan terlalu banyak waktu memandang layar juga dapat mengganggu waktu dan kualitas tidur Si Kecil. Waktu dan kualitas tidur sejatinya sangat penting karena merupakan saat otak beristirahat dan bersiap untuk bisa belajar lagi keesokan harinya.

Dari segi perkembangan bahasa, berada terlalu lama di depan layar digital juga dapat membuat Si Kecil mengalami kesulitan berkomunikasi. Itu karena mereka terbiasa menjalin komunikasi yang cenderung satu arah dengan gadget. Si Kecil pun dapat menjadi sulit bercerita karena tidak terbiasa.

Untuk memaksimalkan kecerdasan dan tumbuh kembang Si Kecil, jangan lupa berikan Morinaga Platinum MoriCare Zigma, yang terdiri dari Morinaga Chil Kid Platinum (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum (3-12 tahun).

Susu pertumbuhan ini menyinergikan nutrisi untuk Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, dan faktor Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil.

Morinaga Platinum MoriCare Zigma antara lain mengandung AA dan DHA, Alfa Laktalbumin, kolin, omega-6 dan Omega-3, fosfolipid, protein, asam folat, serta vitamin A, D, E, K, dan B1. Semuanya sangat baik untuk mendukung Kecerdasan Multitalenta dan perkembangan otak Si Kecil.

1 dari 2 halaman

Berikan stimulasi yang tepat

Mengetahui berbagai risiko dan bahaya yang mengintai di balik ketergantungan Si Kecil pada gawai, jangan langsung khawatir. Ada berbagai cara yang dapat Bunda lakukan untuk mencegah Si Kecil ketergantungan tersebut.

Kuncinya adalah membatasi, bukan melarang secara keseluruhan. Pancing Si Kecil agar memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan lain, yang dapat mengalihkan perhatian dan energinya agar tidak terpaku pada gadget.

Salah satu caranya adalah dengan mengajak Si Kecil beraktivitas yang sekaligus merupakan stimulasi untuk perkembangan otak dan kecerdasannya. Sesuaikan kegiatan dengan minat Si Kecil dan berbagai sektor kecerdasan majemuk sesuai kebutuhan dan usianya.

Sebagai contoh, Bunda bisa mengajaknya bercerita dan memintanya bercerita kembali untuk melatih kecerdasan bahasanya.

Bunda juga bisa mengajaknya bermain di luar rumah, misalnya mengendarai sepeda untuk melatih kecerdasan gerak motoriknya. Atau, melihat hewan dan meniru suaranya untuk melatih kecerdasan naturalisnya.

Selain itu, untuk membantu menstimulasi kecerdasan Si Kecil, Bunda bisa memanfaatkan situs www.morinagamiplayplan.com. Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP) adalah situs yang dapat membantu orangtua mengidentifikasi kecerdasan yang dimiliki Si Kecil, dan mengasah kecerdasan tersebut dengan berbagai ide permainan yang menyenangkan.

Misalnya, melalui rencana bermain sehari-hari yang bisa disesuaikan dengan usia Si Kecil dan kategori kecerdasan majemuk. Termasuk kecerdasan musikal, kecerdasan bahasa dan kecerdasan gerak tubuh agar ia lebih aktif bergerak. Dengan website MIPP, Bunda bisa menstimulasi kecerdasan Si Kecil dengan cara yang menyenangkan sekaligus memiliki quality time dengannya.

Berlebihan bermain gadget dapat mengganggu pertumbuhan Si Kecil. Karena itu, yuk bantu Si Kecil lepas dari kebiasaannya bermain gadget. Jangan lupa untuk terus menstimulasinya bersama Morinaga Multiple Intelligence Play Plan.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar