Sukses

Atasi Mual dan Muntah saat Hamil dengan Cara Ini

Mual dan muntah saat hamil bisa mengganggu kenyamanan, bahkan menghambat aktivitas sehari-hari. Jangan panik, segera atasi dengan cara ini!

Klikdokter.com, Jakarta Trimester pertama kehamilan membuat ibu hamil rentan mengalami keluhan mual dan muntah alias morning sickness. Meski umumnya terjadi secara normal, keluhan mual dan muntah saat hamil bisa mengganggu kenyamanan hingga menghambat aktivitas sehari-hari. Karenanya, keluhan ini mesti segera diatasi.

Dari KlikDokter, dr. Fiona Amelia mengatakan bahwa sekitar 80 persen wanita hamil pasti mengalami keluhan mual dan muntah. Meski tidak diketahui penyebab pastinya, keluhan tersebut dihubungkan dengan produksi hormon kehamilan (hCG).

“Mual dan muntah saat hamil terjadi karena peningkatan produksi hormon kehamilan, yang umumnya terjadi di minggu ke-6 hingga ke-8. Hal ini mencapai puncaknya pada minggu ke-12 hingga ke-14, dan membaik pada minggu ke-22,” ujar dr. Fiona.

Tips atasi mual dan muntah saat hamil 

Dijelaskan dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual dan muntah selama hamil.

  1. Makan dengan porsi sedikit namun sering

Makan dengan porsi yang banyak justru bisa memperlambat pengosongan lambung. Hal ini bisa memperburuk kondisi mual dan muntah bagi ibu hamil. Oleh karena itu, dr. Dejandra menyarankan ibu hamil untuk makan dengan porsi sedikit, tetapi sering.

“Pastikan Anda mengonsumsi makanan berat sebanyak tiga kali dalam sehari, dan diselingi dengan camilan sehat, seperti buah atau kacang-kacangan. Jika bosan, Anda bisa minum susu atau smoothie sebagai penggantinya,” ujar dr. Dejandra.

  1. Konsumsi makanan ini

Jahe telah lama dibuktikan mampu mencegah maupun mengatasi keluhan mual dan muntah pada ibu hamil. Ilmu kedokteran tradisional Cina menyebut bahwa jahe adalah bahan makanan yang dapat menenangkan perut dan mengurangi rasa mual

Selain jahe, lemon juga bisa bermanfaat demikian. Buah sitrus berwarna kuning terang ini mengandung kadar asam tinggi, yang bisa menetralkan rasa mual dan muntah saat hamil. 

“Untuk mengurangi keluhan mual muntah saat hamil, Anda dapat mencoba minum air lemon atau infused water dengan lemon. Bahkan, hanya mencium aromanya saja akan membantu mengurangi keluhan mual dan muntah saat hamil,” tutur dr. Dejandra.

  1. Hindari wewangian menyengat 

Jika Anda gemar menggunakan parfum, kebiasaan ini sebaiknya dihindari terlebih dahulu sampai tiga bulan kehamilan. Pasalnya, menghirup aroma wewangian menyengat bisa memperburuk kondisi mual dan muntah saat hamil.

Jika tidak biasa berada di ruangan tanpa aroma, Anda bisa menggunakan wewangian aromaterapi. Wewangian alami ini membuat tubuh jadi terasa lebih relaks dan nyaman. 

  1. Minum banyak air putih 

Muntah saat hamil akan membuat Anda rentan dehidrasi. Jika hal ini terjadi, keluhan mual dan muntah akan semakin parah. Anda juga akan mengalami badan lemas dan menjadi tidak bertenaga.

Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih sebanyak 2 hingga 2,5 liter setiap harinya. Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah-buahan segar, seperti semangka, melon, stroberi, mangga dan jeruk. 

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil. Jika keluhan tidak kunjung hilang atau dirasakan makin buruk dari hari ke hari, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter. 

(NB/AYU)

2 Komentar