Sukses

Tahap Perkembangan Bahasa Si Kecil yang Wajib Bunda Tahu

Si Kecil belum mulai mengoceh atau mengucapkan sepatah kata pun? Jangan buru-buru panik. Yuk, kenali tahap perkembangan bahasa Si Kecil!

Klikdokter.com, Jakarta Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan caranya masing-masing. Namun, tahukah Bunda bahwa tahap perkembangan bahasa Si Kecil akan selalu serupa?

Tiap Si Kecil akan mengalami fase perkembangan bahasa yang mirip. Hanya saja, kapan dan di usia berapa fase tersebut terjadi akan berbeda satu sama lainnya, sekalipun dalam garis keluarga.

Nah, agar tidak bingung, berikut adalah penjabaran mengenai tahap perkembangan bahasa Si Kecil yang perlu Bunda ketahui:

  • Usia 3 bulan. Si Kecil dapat membuat suara mendesis, tersenyum, terlihat mengenali suara dan menangis dengan cara berbeda untuk kebutuhan yang berbeda.
  • Usia 6 bulan. Si Kecil membuat suara gemercik saat bermain atau kala ditinggal sendiri atau mengoceh. Di usia ini, Si Kecil juga bisa menirukan berbagai suara dan menggunakan suaranya sendiri untuk mengekspresikan perasaan senang.

Si Kecil juga akan menujukan pandangan ke arah datangnya suara, menanggapi perubahan nada suara lawan bicara, memerhatikan beberapa mainan yang mengeluarkan suara atau alunan musik.

  • Usia 9 bulan. Si Kecil mulai merangkai suara bersama menggunakan kata-kata, seperti “mama” dan “papa” tanpa mengerti apa arti dari kata tersebut.
  • Usia 12 bulan. Di usia ini, Si Kecil biasanya mampu mengucapkan suatu kata dengan sempurna. Si Kecil akan memerhatikan suara dan mulai mengenali nama-nama benda yang ada di sekitarnya, seperti botol, boneka, dan mainan.
  • Usia 12-15 bulan. Si Kecil akan mengeluarkan berbagai bunyi konsonan seperti p, b, m, d, atau n, mulai meniru suara orang dan kata-kata yang mereka dengar dari orang di sekitarnya.

Si Kecil juga sering mengatakan satu atau lebih kata, umumnya kata benda. Si Kecil pun memahami dan mampu menanggapi perintah sederhana, seperti “tolong beri Bunda mainan”.

  • Usia 18 bulan. Si Kecil sudah dapat mengucapkan sekitar 20 kata, mengenali nama orang atau benda yang sering berinteraksi dengannya, bagian tubuh, serta mengikuti petunjuk sederhana disertai dengan gerakan.
  • Usia 24 bulan. Si Kecil bisa menggunakan 50 kata atau lebih, mulai menggabungkan dua kata untuk membuat kalimat sederhana, seperti “mau makan” dan “sudah ngantuk”.

Si Kecil juga akan mengenali benda yang sering dilihatnya, menunjuk mata, telinga atau hidung. Saat diberikan perintah dengan dua frasa seperti “ambilkan mainan dan berikan pada Bunda”, Si Kecil mampu merespons dengan baik.

  • Usia 2–3 tahun. Si Kecil mampu menyusun kalimat yang lebih panjang (4 atau 5 kata), mengenali dan mengidentifikasi hampir semua benda maupun gambar yang ada di sekitarnya.
  • Usia 3 tahun. Si Kecil mulai mengenali warna dan mengerti konsep perbandingan, seperti besar–kecil, tinggi–rendah, jauh–dekat.
  • Usia 3–5 tahun. Percakapan menjadi lebih panjang, lebih abstrak dan kompleks.
1 dari 2 halaman

Kapan Si Kecil perlu dibawa ke dokter?

Ayah dan Bunda perlu membawa Si Kecil ke dokter jika:

  • Pada usia 12 bulan, belum mencoba komunikasi menggunakan gerakan, seperti menunjuk atau melambaikan tangan.
  • Pada usia 18 bulan, lebih memilih gerakan dibandingkan vokalisasi untuk komunikasi, kesulitan meniru suara dan kesulitan memahami permintaan verbal sederhana.
  • Pada usia 2 tahun, tidak berbicara sekitar 50 kata atau belum mampu menggabungkan kata.

Si Kecil hanya dapat meniru ucapan dan tidak berbicara spontan, mengucapkan hanya bunyi atau kata-kata tertentu berulang kali, tidak dapat menggunakan bahasa lisan untuk komunikasi lebih dari kebutuhan mendesak, dan tidak dapat mengikuti perintah sederhana.

Atau Si Kecil memiliki nada suara yang tidak biasa (serak atau sengau), serta Ayah dan Bunda tidak paham betul apa yang dibicarakan Si Kecil.

  • Pada usia 4 tahun, Si Kecil kebanyakan berbicara tentang hal-hal yang tidak bisa dipahami, termasuk orang yang tidak mengenalinya.

Untuk mendukung tahap perkembangan bahasa Si Kecil, Bunda perlu memberikan asupan nutrisi yang tepat setiap hari. Bunda bisa memulainya dengan memberikan susu Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus yang dapat membantu mendukung Kecerdasan Multitalenta Si Kecil karena susu ini mengandung:

  • Alfa Laktalbumin, protein yang berperan untuk fungsi kognitif (kemampuan berpikir)
  • AA dan DHA, yang bisa meneruskan rangsangan antar sel saraf untuk mempercepat daya tangkap
  • Kolin, golongan vitamin B yang berfungsi untuk memperkuat memori atau daya ingat
  • Zat Besi, mineral penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar
  • Omega-6 dan omega-3, asam lemak esensial sebagai prekursor atau bahan pembentuk AA dan DHA
  • Fosfolipid, bagian milk fat globular membrane yang merupakan komponen penting untuk membentuk fungsi otak Si Kecil

Selain itu, Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus didukung oleh nutrisi lengkap sebagai faktor pembentuk Pertahanan Tubuh Ganda dan Tumbuh Kembang Optimal juga, lho!

Selain memberikan kebutuhan nutrisi untuk Si Kecil, Morinaga Platinum juga memiliki website www.morinagamiplayplan.com atau biasa disebut dengan Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP) untuk menstimulasi kecerdasan Si Kecil.

Dalam website MIPP, Bunda dapat mendeteksi kecerdasan majemuk Si Kecil sekaligus cara terbaik mengasahnya melalui rencana bermain sehari-hari yang bisa disesuaikan dengan usia Si Kecil dan kategori kecerdasan majemuknya. Hal ini termasuk juga Kecerdasan Bahasa agar ia dapat memiliki tata bahasa yang baik. Dengan website MIPP, Bunda juga dapat menciptakan quality time bersama Si Kecil sambil menstimulasi kecerdasannya dengan cara yang menyenangkan. Yuk, Bunda segera cek website MIPP untuk informasi yang lebih lengkap.

Bantu Si Kecil dengan memberikan Morinaga Platinum MoriCare Zigma secara rutin, teratur dan sesuai takaran yang dianjurkan, serta diiringi stimulasi yang tepat, tahap perkembangan bahasa Si Kecil akan berjalan sesuai dengan perkembangan usianya.

Jadi, apakah tahap perkembangan bahasa Si Kecil sudah sesuai dengan tolok ukur yang diberikan? Pantau terus agar Si Kecil kelak dapat menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta. Jika menemukan banyak perbedaan dari standar yang sudah ditetapkan, jangan sungkan untuk segera membawa Si Kecil berobat ke dokter. Jangan lupa juga untuk senantiasa memberikan Si Kecil nutrisi yang tepat dan lengkap seperti Morinaga Platinum MoriCare Zigma untuk hasil yang lebih optimal!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar