Sukses

Daftar Nutrisi Persiapan Cepat Hamil

Anda sedang merencanakan kehamilan? Inilah daftar nutrisi yang Anda perlukan agar bisa cepat hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak yang beranggapan bahwa menjaga asupan makanan hanya wajib dilakukan ketika Anda telah hamil saja. Padahal, nutrisi sebelum hamil pun merupakan sesuatu yang vital, terutama bagi Anda yang ingin cepat memperoleh kehamilan. Lalu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan agar bisa cepat hamil?

Faktor fisik seperti berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh, serta asupan nutrisi sebelum hamil akan sangat menentukan peluang Anda untuk mendapat keturunan. Selain itu, terpenuhinya kebutuhan nutrisi juga penting untuk memastikan tumbuh dan berkembangnya janin dengan sehat.

Hal tersebut didukung oleh banyak penelitian. Mereka yang sudah terbiasa makan sehat dan bergizi sejak sebelum hamil, akan memiliki risiko lebih rendah mengalami komplikasi kehamilan.

Ini nutrisi yang harus Anda konsumsi

Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam program perencanaan kehamilan dan ingin cepat mendapatkannya,sebaiknya Anda harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, baik yang dalam bentuk makro maupun mikro.

Nutrisi makro sendiri terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Nutrisi ini dibutuhkan untuk memastikan pertumbuhan janin selalu dalam batas normal,

Sementara, nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan mineral. Kebutuhan akan nutrisi ini juga wajib dipenuhi karena sangat dibutuhkan untuk mencegah timbulnya gangguan otak atau tulang pada janin.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang wajib Anda penuhi setiap hari:

  • Asam folat

Asam folat sangat penting, terutama dalam 28 hari pertama setelah pembuahan. Pada periode ini,akan terjadi pembentukan tabung saraf janin.

Tapi sayangnya, pada bulan pertama kehamilan, biasanya seorang perempuan belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Oleh sebab itu, asam folat harus sudah dikonsumsi secara rutin saat merencanakan kehamilan.

Setiap perempuan dalam usia subur juga disarankan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Nutrisi ini banyak terdapat dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, serta buah seperti jeruk dan stroberi.

Untuk semakin memastikan terpenuhinya nutrisi ini, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen atau susu yang mengandung asam folat.

  • Kalsium

Kalsium akan membantu membuat tulang Anda kuat menopang kehamilan. Tapi bukan itu saja, kalsium juga dapat membuat Anda cepat mendapat keturunan.

Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium setiap hari. Anda bisa mendapatkannya dari susu dan produk olahannya seperti yoghurt dan keju, atau sayuran seperti brokoli dan kale.

  • Zat besi

Perempuan yang memiliki cadangan zat besi tinggi akan lebih mudah untuk hamil dibandingkan mereka yang zat besinya rendah.

Zat besi memang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam darah yang akan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Anda memerlukan setidaknya 18 mg zat besi setiap hari dan jumlah tersebut bisa didapat dengan mengonsumsi sayuran hijau, daging merah, hati, atau sereal yang terfortifikasi (ditambahkan) zat besi.

  • Asam lemak esensial

Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dapat membantu mengatur hormon yang memicu ovulasi dan meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi. Itulah mengapa wanita yang ingin cepat hamil wajib mengonsumsi asam lemak tersebut.

Anda bisa mendapatkannya dari makanan laut, serta kacang-kacangan seperti almon dan kacang mede.

Hindari asam lemak jenuh seperti pada makanan cepat saji atau makanan yang diolah menggunakan margarin, sebab hanya akan menurunkan kadar asam lemak omega-3 dan omega-6 di dalam tubuh Anda.

  • Protein

Sebagai zat pembangun di dalam tubuh, protein penting untuk mempersiapkan tubuh menjalani kehamilan.

Maka dari itu, Anda perlu memperbanyak asupan sumber protein, baik hewani maupun nabati, seperti ikan, makanan laut, daging merah, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

  • Aneka mineral

Mineral merupakan bagian dari mikronutrien yang hanya diperlukan sedikit oleh tubuh, tapi fungsinya vital. Mineral berperan dalam berbagai proses metabolisme dalam tubuh, serta pembentukan hormon dan neurotransmitter (senyawa yang penting di sistem saraf).

Contoh mineral yang penting selama persiapan kehamilan adalah yodium, magnesium, fosfor, dan zinc. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi susu, yogurt, dan keju.

Selama mempersiapkan kehamilan, pastikan daftar nutrisi makro dan mikro di atas selalu Anda konsumsi setiap hari secara lengkap dan seimbang. Sebab, nutrisi yang baik tidak hanya akan meningkatkan peluang untuk cepat hamil, tapi juga membuat janin tumbuh dengan sehat. Bila masih memerlukan informasi lebih lengkap mengenai menu ataupun komposisi makanannya, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar