Sukses

Kedelai, Biji-bijian dengan Beragam Manfaat

Laris manis dalam beragam olahan, seperti tahu dan tempe, kacang kedelai ternyata menyimpan banyak manfaat yang penting bagi kesehatan Si Kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal kacang kedelai? Biji-bijian berwarna krem ini dapat dibuat menjadi aneka makanan dan minuman yang lezat yang disukai Si Kecil. Sebut saja susu, tempe, tahu, kecap, dan kembang tahu. Namun, tak berhenti di sana, dalam kacang kedelai juga terkandung banyak nutrisi yang memiliki manfaat bagi tubuh dan kesehatan Si Kecil.

Serba-serbi kedelai

Bernama ilmiah Glycinemax, kacang kedelai sebenarnya adalah tanaman asli Asia Timur. Biji-bijian ini semakin populer dalam beberapa dekade terakhir karena menjadi sumber protein yang ideal untuk vegetarian. Tak cuma itu, variasi produk kedelai juga telah menciptakan pasar baru yang sangat besar.

Selain itu, kedelai juga dikemas dengan nutrisi penting dan membuatnya sangat penting bagi orang-orang ingin melakukan diet, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan tentu saja bagi mengalami alergi susu sapi.

Manfaat kesehatan kedelai berasal dari nutrisi, vitamin, dan senyawa organik, termasuk kandungan besar serat dan protein di dalamnya. Menurut Database Nutrien Nasional USDA, kedelai mengandung vitamin K, riboflavin, folat, vitamin B6, thiamin, dan vitamin C.

Kedelai juga mengandung zat besi, mangan, fosfor, tembaga, kalium, magnesium, seng, selenium, dan kalsium. Kacang ini juga merupakan sumber senyawa organik dan antioksidan seperti isoflavon, yang selanjutnya membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Ragam manfaat kedelai

Tingginya kandungan gizi yang terdapat dalam kacang kedelai turut berdampak pada banyak manfaat yang dibawanya, terutama bagi Si Kecil. Manfaat sehat tersebut antara lain:

  • Meningkatkan metabolisme

Kedelai adalah sumber protein yang sangat penting. Ketika Si Kecil memiliki cukup protein dalam tubuhnya, fungsi metabolisme dan sistem tubuh secara keseluruhan akan meningkat. Protein dari kedelai juga memastikan kesehatan dan pertumbuhan sel.

Seorang vegetarian yang agak sulit memenuhi kebutuhan protein harian juga dapat mengonsumsi kacang kedelai sebagai alternatif. Selain kedelai, protein dapat diperoleh dari daging merah, ayam, telur, susu, dan ikan.

  • Berat badan sehat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food mengungkapkan bahwa kulit biji kedelai hitam memiliki efek anti-obesitas. Kedelai dan produk berbasis kedelai juga dikaitkan dengan penekan nafsu makan berlebih, yang dapat menyebabkan obesitas pada Si Kecil.

Di lain sisi, kedelai juga menyediakan jumlah serat dan protein yang dapat membantu menambah berat badan jika dimakan dalam jumlah besar. Oleh karena itu, kedelai bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan sekaligus menambah berat badan.

Dengan berat badan yang sehat, penyakit-penyakit seperti obesitas dan diabetes pada Si Kecil, semakin kecil risikonya.

  • Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Kedelai memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti kalsium, magnesium, tembaga, selenium, dan seng, yang tinggi. Mineral-mineral tersebut sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Semua elemen ini juga penting untuk mempercepat proses penyembuhan tulang.

Konsumsi kedelai di usia dini bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mencegah masalah tulang, seperti osteoporosis, yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

  • Baik untuk pencernaan

Serat adalah unsur penting dalam sistem pencernaan yang sehat. Kabar baiknya, kedelai memiliki serat dalam jumlah tinggi. Tak hanya itu, kacang kedelai juga mengandung karbohidrat yang dikenal sebagai oligosakarida, yang baik untuk merangsang produksi bakteri sehat di usus.

  • Membantu Si Kecil yang alami alergi susu sapi

Susu kedelai tidak mengandung laktosa susu. Oleh karena itu, Si Kecil yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi atau intoleransi laktosa,dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai.

Salah satu yang dapat Bunda pilih adalah Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges dan Morinaga Chil School Soya MoriCare+ Prodiges. Terbuat dari 100% isolat protein kedelai (soya), kedua susu kedelai ini memiliki kualitas yang kebaikannya setara susu sapi.

Susu ini berbeda dengan susu kedelai lain. Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges dan Morinaga Chil School Soya MoriCare+ Prodiges telah difortifikasi dengan asam amino esensial, probiotik bifidobakterium, L-Metionin, Karnitin, serta vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Morinaga Soya juga dilengkapi dengan Formula MoriCare+ Prodiges untuk kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, serta tumbuh kembang yang optimal.

Itu dia beragam manfaat kacang kedelai untuk kesehatan Si Kecil. Agar mendapat manfaat sehat yang lebih optimal, Bunda dapat mengombinasikan kacang kedelai dan olahannya dengan makanan bergizi lain. Contohnya daging, ikan, sayur, serta buah. Jangan lupa sempurnakan gizi Si Kecil dengan susu Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges untuk Si Kecil usia 1-3 tahun dan Morinaga Chil School Soya MoriCare+ Prodiges bagi usia 3-12 tahun demi perkembangan yang optimal.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar