Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKehamilanBolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?
Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Siti Putri Nurmayani, 12 Okt 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mi instan punya rasa yang lezat dan praktis untuk dibuat. Namun, bagaimana jika ibu hamil makan mi instan? Amankah bagi ibu dan janin yang dikandung?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Berkat rasa yang lezat dan aromanya yang menggugah selera, mi instan menjadi makanan favorit bagi kebanyakan orang. Tak jarang, beberapa ibu hamil pun tergoda untuk mengonsumsi mi instan. Apalagi, makanan ini juga praktis untuk dibuat. 

Namun, apakah ibu hamil boleh makan mi instan? Apakah kandungan dalam mi instan aman untuk janin? Mari ketahui jawaban lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Kandungan Mie Instan

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, sebungkus mi instan dengan berat 70 gram mengandung sekitar 400 kalori. Belum lagi jika mi instan digoreng bersama dengan telur dan lauk goreng lainnya, total kalorinya bisa mencapai 700 kalori. 

Coba bandingkan dengan kalori yang didapat dari nasi putih yang telah dimasak. Semangkuk nasi putih 70 gram hanya mengandung sekitar 90 kalori. 

“Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam mi instan merupakan jenis karbohidrat sederhana. Hal ini membuat seseorang yang mengonsumsi mi instan akan mengalami lonjakan gula darah dan rasa kenyang yang tidak bertahan lama,” jelas Dokter Resthie. 

Lebih lanjut, hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi mi instan adalah kandungan sodium yang ada di dalamnya. Pada semangkuk mi instan, terdapat kandungan natrium sebanyak 700 miligram atau 30 persen dari batas maksimal asupan natrium harian. 

Dianjurkan oleh National Health Service UK, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi garam selama kehamilan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Mungkin banyak ibu hamil yang penasaran, apakah boleh makan mi instan selama kehamilan? Meski memiliki rasa yang lezat, sayangnya mi instan bukanlah pilihan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil mengonsumsi makanan yang satu ini. 

Makanan ini tinggi karbohidrat dan natrium. Apalagi, kebanyakan mi instan juga mengandung bahan pengawet yang bisa mengganggu tumbuh kembang bayi. 

Meski tidak ada aturan medis resmi yang melarang ibu hamil makan mi instan, sering mengonsumsi mie instan saat hamil punya dampak buruk bagi kesehatan. Misalnya, bisa menyebabkan risiko kenaikan gula darah secara terus-menerus. 

Kondisi ini tentu bisa berujung pada kondisi diabetes saat kehamilan alias diabetes gestasional. Ketika mengalaminya, timbul komplikasi pada ibu hamil dan bayi. Di antaranya adalah kelahiran prematur, diabetes mellitus tipe-2, kelebihan berat badan pada bayi, atau gula darah rendah pada bayi baru lahir. 

Selain itu, sering makan mi instan selama hamil juga dapat menyebabkan kadar natrium berlebihan pada tubuh. 

Berdasarkan The Journal of Nutrition, asupan natrium yang tinggi bisa memicu terjadinya risiko preeklampsia atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Selain itu, tingginya kadar natrium juga bisa menyebabkan terjadinya penumpukan cairan yang bisa memicu kaki bengkak pada ibu hamil

Untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut, Mama yang sedang hamil sebaiknya makan mie instan sesekali saja, ketika lagi ngidam

Artikel Lainnya:

Tips Sehat Makan Mie Instan saat Hamil

Jika Mama sangat ingin makan mie instan, karena sudah lama sekali tidak mengonsumsinya, Mama bisa olah mie dengan cara yang lebih sehat. Berikut cara memasak dan mengolah mie instan jadi lebih sehat bagi ibu hamil.

1. Tambahkan Sayuran

Kandungan serat dalam satu porsi mi instan hanya sekitar 3 gram. Oleh karenanya, dr. Resthie menganjurkan agar menambahkan sayuran seperti wortel, tomat, timun, dan kol untuk menambah asupan serat di dalam mie.

Kabar baiknya, asupan serat juga dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil dan tidak melonjak tinggi. 

Ada banyak jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil, jadi Mama bisa kreasikan dan tambahkan berbagai sayuran, ya!

2. Hindari Bumbu dalam Kemasan Mie Instan

Mi instan menjadi makanan yang praktis karena memiliki bumbu yang bisa langsung ditambahkan yang dapat meningkatkan cita rasa dan selera makan. 

Namun, bumbu yang terdapat di dalam kemasan mi instan mengandung natrium alias garam yang tinggi. Oleh sebab itu, lebih dianjurkan untuk membuat bumbu racikan sendiri yang tidak mengandung garam yang tinggi. 

Tentu dengan menambah bumbu racikan sendiri, bisa bikin mie instan Mama jadi lebih enak dan nikmat, lho!

Artikel Lainnya: Daftar Makanan Rendah Garam yang Baik untuk Ibu Hamil

3. Jangan Tambahkan Karbohidrat Lain

Makan mi instan dengan nasi dan kerupuk menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Kendati demikian, dianjurkan untuk tidak melakukan hal tersebut, terutama saat sedang hamil. 

Pasalnya, menambahkan nasi ke dalam mi dapat meningkatkan asupan karbohidrat dalam tubuh. Dalam jangka pendek, ini bisa meningkatkan kadar gula darah. Jika kebiasaan buruk ini berlangsung cukup lama, maka bisa memicu terjadinya obesitas dan diabetes

Pada dasarnya, ibu hamil boleh-boleh saja makan mi instan. Akan tetapi, perlu dibatasi porsinya dan jangan terlalu sering. 

Penting untuk diingat, asupan terbaik untuk ibu hamil adalah makanan sehat, seperti sayuran, buah, ikan, daging, dan susu kehamilan. Yuk, #JagaSehatmu dan janin dalam kandungan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Bila punya pertanyaan lain seputar makan mi instan ketika hamil, coba konsultasi dengan dokter kandungan lewat layanan Tanya Dokter atau booking dokter spesialis kandungan untuk buat janji lewat layanan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter

(NM)

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter