Sukses

Sumber Omega-3 dan Omega-6 Ini Penting di Masa MPASI

Sederet nutrisi penting diberikan pada bayi di masa MPASI. Pastikan, Anda tidak lupa memberikan omega-3 dan omega-6. Ini sumber yang terbaik.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah selesai fase ASI eksklusif, bayi memasuki masa MPASI. Pada masa ini, Anda harus memastikan si Kecil mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, seperti asam lemak esensial omega-3 dan omega-6.

Mengapa omega-3 dan 6 penting?

Salah satu nutrisi selama masa MPASI yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah asam lemak esensial. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus diberikan melalui makanan.

Di dalam tubuh, asam lemak esensial memiliki banyak fungsi, yaitu:

  • membangun sel
  • mengatur sistem saraf
  • memperkuat sistem jantung dan pembuluh darah
  • membangun kekebalan tubuh
  • membantu tubuh menyerap nutrisi
  • baik untuk kesehatan mata dan otak

Asam lemak esensial terpenting selama masa pertumbuhan adalah omega-3 dan omega-6. Kedua lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh ganda. Meski lemak kerap dianggap ‘jahat’ bagi tubuh, lemak tak jenuh ganda justru merupakan lemak ‘baik’.

Lemak omega-3 berperan dalam perkembangan otak, saraf, dan mata pada bayi. Juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa. Ada tiga jenis lemak omega-3, yaitu ALA (alpha-linolenic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid).

Adapun, omega-6 berperan penting dalam mengatur gen, meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, dan pembekuan darah. Lemak sehat ini ada empat jenis, yaitu LA (linoleic acid), ARA (arachidonic acid), GLA (gamma-Linolenic acid), dan CLA (conjugated linoleic acid).

Sumber omega-3 dan 6

Lantas, apa saja sumber makanan yang mengandung omega-3 dan omega-6 yang dapat Anda jadikan menu MPASI?

  • Ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang populer dan kaya akan kandungan omega-3. Satu porsi salmon mengandung sekitar 1,24 g DHA dan 0,59 g EPA.

Memberikan asupan ikan salmon pada si Kecil dua kali seminggu akan memenuhi kebutuhan Omega-3 yang disarankan. Salmon juga mengandung tinggi protein, magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B.

  • Biji rami

Flaxseed atau biji rami merupakan salah satu biji-bijian paling sehat yang bisa dikonsumsi. Mereka kaya akan nutrisi, seperti serat, protein, magnesium, dan mangan.

Biji rami mengandung 6,703 g ALA per sendok makan. Pada menu MPASI, Anda bisa menambahkan biji rami pada oatmeal atau sereal.

  • Butternut squash

Salah satu nutrisi yang menonjol dalam butternut squash atau labu madu adalah lemak omega-3. Kandungan omega-3 ini dapat membentuk asam alfa linolenat (ALA), untuk mengurangi peradangan pada bayi.

Labu madu juga sumber serat dan kalium. Nutrisi ini baik untuk membantu pencernaan serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

  • Jagung

Tak cuma sumber karbohidrat, jagung juga salah satu sumber asam lemak omega-6 yang baik.

Si Kecil yang rutin mengonsumsi makanan mengandung omega-6 dengan porsi yang seimbang akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Omega-6 juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saraf dan hormonnya.

  • Kale

Dalam 1 gelas (130 gr) kale, terkandung asam lemak omega-3 sebanyak 0,13 gr dan omega-6 sebanyak 0,10 gr. Tak cuma itu, kale juga tinggi vitamin K, A, dan C.

Penuhi kecukupan nutrisi omega-3 dan omega-6

Kabar baiknya, Milna baru me-launch produk bubur bayi terbarunya, yaitu bubur bayi salmon cah bayam dan bubur bayi butternut squash (labu madu). Milna Bubur Bayi mengandung omega-3, omega-6, tinggi kalsium, serta diperkaya dengan 15 vitamin dan mineral. Bubur bayi ini diperlengkapi dengan formula MILGROW.

Apa itu formula MILGROW? MILGROW adalah Milna Growth and Development. Ada tiga hal yang bisa ditemukan dalam formula ini. Pertama aktif, yaitu mengoptimalkan perkembangan motorik kasar dan halus anak, serta membantu menstimulasi perkembangan pancaindera si Kecil.

Kedua, berkembang, di mana Milna Bubur Bayi mengandung protein, zat besi, dan zink untuk perkembangan anak. Terakhir, cerdas, untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak dengan kandungan omega-3, omega-6, serta zat besi.

Nutrisi omega-3 dan omega-6 sangat penting bagi bayi di masa MPASI untuk mendukung tumbuh kembangnya. Untuk itu, cermatlah memilih menu dan memvariasikannya. Jangan lupa, sediakan selalu Milna Bubur Bayi di rumah dengan ragam rasa yang akan disukai si Kecil.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar