Sukses

Menu MPASI Pertama si Kecil, Berikan Buah atau Serealia?

Buah atau serealia, mana menu MPASI pertama yang paling baik untuk diberikan pada si Kecil?

Klikdokter.com, Jakarta Menginjak usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan gizi untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil. Oleh karena itu, Bunda wajib memberikan MPASI alias makanan pendamping ASI. Dalam memilih menu MPASI untuk si Kecil, Bunda perlu benar-benar memerhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang diberikan. Sebab, hal tersebut berpengaruh langsung pada proses tumbuh kembang si Kecil hingga beberapa tahun ke depan.

Memilih menu MPASI yang tepat

Buah atau serealia adalah menu MPASI yang bisa dijadikan pilihan utama. Dalam memilih yang terbaik, berikut beberapa hal yang bisa Bunda jadikan pertimbangan:

  • MPASI serealia

Serealia adalah salah satu jenis makanan yang paling sering dijadikan sebagai menu MPASI pertama untuk si Kecil. Serealia yang dimaksud di sini merupakan makanan yang terbuat dari biji-bijian, seperti beras merah, gandum, kacang hijau, oat, barley, atau campuran.

Serealia memiliki beberapa kelebihan, yaitu lebih mudah dicerna serta lebih jarang menimbulkan reaksi alergi pada si Kecil.

Namun, serealia itu sendiri tidak mengandung kadar lemak dan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Itulah sebabnya serealia tidak dapat dijadikan menu MPASI tunggal dalam jangka waktu lama.

  • MPASI buah

Banyak jenis buah yang sering dijadikan sebagai menu MPASI pertama untuk si Kecil. MPASI buah biasanya disukai oleh si Kecil karena memiliki rasa yang enak dan manis. Selain itu, buah yang dijadikan MPASI juga memiliki rasa yang sangat bervariasi sehingga si Kecil tidak mudah bosan.

Sebagai menu MPASI, buah biasanya disajikan dalam bentuk pure alias dihaluskan dan dicampur dengan ASI atau susu formula. Campuran tersebut akan membuat kandungan MPASI menjadi lebih bergizi dibandingkan buah murni.

Akan tetapi, pemberian buah sebagai MPASI tunggal tidak boleh dilakukan berkelanjutan. Sebab buah tidak mengandung lemak dan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Menu MPASi serealia dan buah sama-sama memiliki kekurangan maupun kelebihan. Tapi, mana yang lebih baik di antara keduanya? American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk memberikan keduanya secara bergantian. Tujuannya adalah untuk mengenalkan rasa, warna, dan tekstur makanan yang berbeda pada si Kecil.

Jadi, buah atau serealia sama-sama baik untuk dijadikan sebagai menu MPASI pertama si Kecil. Namun, Bunda harus tetap ingat untuk mengombinasikan keduanya agar kebutuhan gizi si Kecil terus terpenuhi dan dirinya tidak menjadi picky eater di kemudian hari.

Sebagai menu MPASI pertama, serealia yang telah difortifikasi dengan zat besi atau pure buah dapat diberikan secara bergantian sebagai masa peralihan ke menu yang lebih lengkap.

Apabila menemukan kendala dan Bunda memutuskan untuk menggunakan MPASI instan, MPASI organik yang telah difortifikasi dapat menjadi pilihan utama. Jangan lupa juga untuk memberikan menu MPASI serealia dan buah secara bergilir. Dengan demikian, si Kecil tidak akan bosan atau menjadi picky eater, dan dirinya bisa terus mendapatkan pasokan gizi yang memadai untuk memiliki tumbuh kembang optimal.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar