Sukses

Ini Manfaat Piknik Bersama Si Kecil

Yuk, jadikan momen liburan kali ini lebih seru dengan piknik bersama Si Kecil! Selain menyenangkan, ada manfaatnya juga untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Piknik adalah salah satu cara untuk menyegarkan diri dari rutinitas sehari-hari. Tak terkecuali pada Si Kecil. Namun ternyata, aktivitas ini memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada itu. Piknik diyakini dapat membantu mengoptimalkan tubuh kembang Si Kecil.

Manfaat piknik bagi Si Kecil

Tak banyak yang tahu bahwa piknik bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Piknik, yang umumnya identik dengan liburan di alam terbuka, akan melatih sistem otak yang kurang berkembang ketika Si Kecil berada di dalam rumah atau beraktivitas di dalam ruangan.

Sistem yang dimaksud yakni play system dan seeking system. Play system pada Si Kecil berkaitan dengan dorongan kuat untuk bermain secara fisik. Secara alami, ini tampak saat Si Kecil menjerit atau tertawa riang kala berkejar-kejaran atau ‘bergulat’ dengan Ayah atau Bundanya.

Sistem ini juga terstimulasi kala Bunda menenggelamkan kaki Si Kecil ke alam pasir atau air, atau mungkin saat Ayah menggendongya di belakang punggung. Sistem ini akan terstimulasi optimal melalui aktivitas bermain yang bersifat sosial interaktif, di mana ada keterlibatan orang lain di dalamnya.

Kedua, seeking system. Ini mendorong Si Kecil untuk memiliki rasa ingin tahu dan rasa untuk mengeksplorasi dunia. Sistem ini jugalah yang berkaitan dengan pola berpikir kreatif dan kemampuan bertahan hidup.

Seeking system akan aktif ketika Si Kecil menjelajahi suatu tempat seperti pantai, hutan, gunung dan berbagai tempat petualangan lainnya.

Selain bermanfaat bagi otak, piknik secara langsung akan mengurangi level stres Ayah, Bunda dan Si Kecil, serta mempererat jalinan kasih sayang antar anggota keluarga.

Tips agar piknik bermanfaat bagi Si Kecil

Agar piknik benar-benar bermanfaat, dibutuhkan perencanaan yang matang. Dengan demikian, semua anggota keluarga termasuk Si Kecil bisa menikmati setiap tahapannya.

Mulai dari proses persiapan, perjalanan, hingga saat menikmati momen-momen kebersamaan di tempat piknik itu sendiri. Apa-apa saja yang diperlukan? Berikut tipsnya:

  1. Persiapkan anggaran khusus untuk piknik

Hal ini penting untuk dilakukan agar pengeluaran tetap terkendali serta untuk ‘mengontrol’ kepuasan dan ekspektasi anggota keluarga. Pada dasarnya, piknik yang berkesan tak selalu menguras kantong. Meski ekonomis, tetap bisa memberikan kepuasan yang optimal selama direncanakan dan dimanfaatkan dengan baik.

  1. Pilih lokasi yang ramah anak

Bila Anda membawa Si Kecil yang masih balita, sebaiknya pilih lokasi piknik yang aman dan ramah anak. Hindari yang medannya sulit atau berisiko, seperti yang berdekatan dengan jurang, atau membutuhkan waktu berjalan kaki yang cukup panjang.

Bila piknik di pantai, cari yang ombaknya tidak terlalu besar dan tidak ada hewan laut yang membahayakan.

  1. Rencanakan aktivitas selama piknik

Tak lupa, rencanakan aktivitas apa yang ingin dilakukan selama piknik bersama Si Kecil. Misalnya, berburu tanaman atau batu-batu unik di sekitar lokasi, menangkap kunang-kunang, atau membuat istana pasir di pantai. Aktivitas ini hendaknya selalu bersifat sosial dan interaktif.

  1. Perhatikan kondisi cuaca saat piknik

Piknik di alam terbuka paling baik dilakukan di akhir musim penghujan atau kala musim kemarau. Dengan demikian, Bunda dan Si Kecil memiliki banyak waktu untuk bermain di alam terbuka tanpa takut kehujanan. Bila sulit diprediksi, manfaatkan informasi dari ponsel atau televisi untuk melihat perkiraan cuaca menjelang piknik.

  1. Daftarkan perlengkapan yang perlu dibawa

Piknik umumnya hanya sehari dan tidak menginap. Meski demikian, Bunda juga perlu mempersiapkan perlengkapan seperti tikar, bantal, alas duduk, alat makan, dan yang lainnya. Oleh sebab itu, ada baiknya mendaftar apa-apa yang perlu dibawa, se-detail mungkin.

  1. Pastikan Bunda dan Si Kecil dalam kondisi sehat

Bila Bunda ataupun Si Kecil jatuh sakit, piknik tak lagi terasa menyenangkan. Sebaiknya, pilih waktu di mana aktivitas sedang tidak begitu padat. Misalnya, setelah ujian sekolah atau saat libur Hari Raya. Pastikan juga kesehatan Bunda dan Si Kecil tetap terjaga menjelang hari piknik.

  1. Bawa bekal yang cukup

Piknik tentu tidak lengkap tanpa adanya makanan atau kudapan. Pilih menu yang praktis dan disukai Si Kecil untuk makan besar – misalnya nasi atau mi goreng rumahan, pastel, otak-otak atau makaroni skotel. Jangan lupa pula bawa air minum yang cukup, susu kotak, yoghurt, dan buah-buahan segar. Sebagai kudapan, Bunda bisa juga membawakan keripik atau crackers kesukaannya.

Untuk asupan susu, Bunda bisa menyajikan Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus yang mengandung faktor Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda dan Tumbuh Kembang Optimal. Dengan mengonsumsinya, Si Kecil mendapatkan dukungan optimal menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta.

Agar piknik tetap seru, tentunya daya tahan tubuh Si Kecil harus selalu dijaga. Tak perlu panik, berikan saja Si Kecil Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus yang juga tersedia dalam kemasan stick pack sehingga praktis untuk dibawa saat piknik. Susu ini sudah dilengkapi dengan Prebiotik GOS yang merupakan makanan untuk pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna, serta Triple Bifidus, gabungan 3 bakteri baik (bifidobakterium) di dalam saluran cerna. Gabungan Prebiotik GOS dan Probiotik Triple Bifidus menjaga Si Kecil dari gangguan pencernaan sehingga ia tidak mudah sakit.

Dengan minum susu Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus, pertumbuhan bakteri baik dalam usus Si Kecil pun terstimulasi dan pencernaan menjadi semakin lancar.

Liburan sudah semestinya menjadi momen yang menyenangkan bagi Si Kecil, salah satunya bisa Bunda wujudkan lewat piknik seru bersamanya. Jangan lupa juga untuk mengabadikan setiap momen saat berpiknik bersama Si Kecil. Foto-foto tersebut akan menjadi kenangan yang berharga baginya. Jadi, siap berpiknik bersama Si Kecil?

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar