Sukses

Cara Praktis Penuhi Kebutuhan Nutrisi si Kecil Saat Liburan

Sebentar musim mudik dan liburan tiba. Meski sedang liburan, Bunda harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Saat bepergian jauh, baik untuk mudik atau liburan, mungkin agak merepotkan untuk mempertahankan kebiasaan makan si Kecil. Tapi jangan khawatir, Bunda dapat memodifikasinya agar tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Nutrisi yang didapatkan dari makanan bergizi seimbang sangat diperlukan si Kecil dalam tumbuh kembangnya.

Pola makan yang dibentuk sejak masa kanak-kanak dapat sangat berpengaruh terhadap pola makannya saat dewasa nanti. Jika membiasakan si Kecil mengonsumsi makanan bernutrisi, tanpa sadar Bunda membentuk pola makan sehat sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, usahakan untuk konsisten dengan pola makan si Kecil, meski sedang bepergian.

Bekal untuk si Kecil di dalam perjalanan sebaiknya terdiri dari nutrisi lengkap, yaitu:

  • Karbohidrat merupakan sumber energiyang diperlukan untuk tumbuh kembang si Kecil serta sumber tenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Asupan ini bisa diperoleh dari nasi, roti gandum, dan kentang.
  • Protein diperlukan untuk pertumbuhan si Kecil, pemeliharaan dan pemulihan tubuh. Sumber makanan kaya protein antara lain daging, ayam, dan tahu.
  • Lemak, diutamakan lemak baik yang didapat misalnya dari ikan dan kacang-kacangan. Nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan otak si Kecil, juga penyerapan beberapa vitamin.
  • Vitamin dan mineral memiliki fungsi sendiri-sendiri. Misalnya, vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, serta vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi. Dapatkan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi buah dan sayur.
  • Susu dan produk olahannya yang merupakan sumber kalsium yang baik, diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi.

Saat mengonsumsi makanan utama (sarapan, makan siang, makan malam), biasanya si Kecil sudah mendapatkan karbohidrat, protein, dan lemak. Namun, buah dan sayur seringkali terlupakan. Padahal, American Heart Association (AHA) menganjurkan si Kecil mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Setiap makan utama sebaiknya disediakan setidaknya satu jenis sayur atau buah. Setiap harinya, anak berusia 1-3 tahun mengonsumsi 1 cangkir buah, dapat ditingkatkan bertahap menjadi 2 cangkir buah per hari saat lebih besar. Untuk sayur, anak usia 1-3 tahun disarankan mengonsumsi setidaknya ¾ cangkir sayur serta dapat ditingkatkan bertahap hingga 3 cangkir sayur per hari.

Tips penuhi nutrisi si Kecil saat bepergian

Jika bepergian tidak dalam jangka waktu lama dan punya cukup waktu, Bunda dapat mempersiapkan sendiri makanan untuk si Kecil. Dengan cara ini, Bunda dapat memastikan makanan yang si Kecil konsumsi sesuai dengan pola makan lengkap.

Jika tidak memungkinkan, Bunda dapat menyiasatinya dengan membeli makanan untuk si Kecil. Pilihlah hidangan yang sehat, terjamin kebersihannya, dan serta mengandung nutrisi makro dan mikro, yakni karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

Di samping itu, jangan lupa pula untuk menyiapkan buah dan sayur untuk si Kecil. Pilihbuah dan sayur yang mudah ditemukan selama perjalanan, tahan lama, tidak memerlukan penyimpanan dalam lemari es, serta mudah dikonsumsi si Kecil. Misalnya, pisang atau apel.

Kedua buah ini banyak dijual serta penyajiannya pun mudah dan praktis. Bunda dapat melumatkannya untuk bayi atau dipotong kecil-kecil untuk si Kecil yang sudah dapat mengunyah.

Nah, kalau cara itu dirasa merepotkan dan Bunda ingin lebih praktis, Milna Nature Delight adalah pilihan yang tepat. Milna Nature Delight adalah pure buah yang terbuat dari 100 persen buah asli tanpa menggunakan bahan pengawet, serta pemanis dan pewarna tambahan.

Milna Nature Delight juga tersedia dalam beberapa pilihan rasa yang tentu disukai si Kecil, yaitu Carrot, Apple, Pumpkin; Banana, Strawberry, Apple; serta Apple and Peach. Bunda bisa menyesuaikannya dengan selera si Kecil, atau mengonsumsinya secara bervariasi agar si Kecil bisa sekaligus berkenalan dengan variasi rasa makanan.

Bunda, bepergian jauh seperti liburan, tidak berarti rutinitas dan nutrisi si Kecil berubah total. Bunda tetap dapat menyiapkan bekal makanan si Kecil yang bernutrisi lengkap. Jangan lupa, sempurnakan bekal si Kecil dengan Milna Nature Delight yang sehat dan praktis.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar