Sukses

Si Kecil Bosan Bekal Nasi? Ganti dengan Ini

Menyiapkan bekal Si Kecil bisa menjadi tricky. Jika ia bosan dengan bekal nasinya, Bunda bisa menggantinya dengan menu ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kadang menyiapkan bekal makanan untuk Si Kecil bisa menjadi tantangan, apalagi jika ia termasuk seorang pemilih alias picky eater. Umumnya, bekal untuk Si Kecil terdiri dari nasi, lauk, dan buah. Namun, jika Si Kecil bosan dengan bekal nasinya tersebut, apa yang harus dilakukan? Jangan patah semangat, ada beberapa menu pengganti nasi yang bisa Bunda coba untuk bekal Si Kecil mulai besok.

  1. Roti, kentang, pasta, dan makanan bertepung lainnya

Selain nasi, ada beberapa pilihan makanan sumber karbohidrat seperti roti, sereal, kentang, ubi, atau pasta sebagai penyuplai energi Si Kecil. Selain itu, makanan yang berbahan dasar gandum juga bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena kaya akan serat. Agar Si Kecil terbiasa dengan pilihan sumber karbohidrat lain selain nasi, Bunda bisa secara bertahap memperkenalkan lebih banyak makanan berbahan gandum setelah ia berusia 2 tahun.

  1. Buah dan sayur-sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Ada baiknya Bunda memperkenalkan berbagai jenis buah dan sayuran yang berbeda sejak usia dini, sehingga Si Kecil dapat terbiasa dan dapat menikmati tekstur dan kesegaran berbagai buah dan sayuran yang berbeda. Usahakan agar buah dan sayuran selalu mewarnai piring makan (termasuk bekal makanan) Si Kecil setiap hari.

Buah dan sayuran yang berbeda mengandung vitamin dan mineral yang juga berbeda. Jadi, semakin banyak jenis buah dan sayur yang dikonsumsi Si Kecil, maka akan semakin baik untuk kecukupan nutrisi hariannya. Salad buah atau jus buah (tanpa tambahan pemanis buatan, ya!) dapat dijadikan camilan Si Kecil atau menjadi bekalnya untuk dinikmati saat jam istirahat di sekolah.

  1. Susu dan produk olahannya

Sejak Si Kecil lahir hingga berusia enam bulan, ASI adalah makanan yang direkomendasikan. Bagaimana dengan susu sapi? Susu sapi dapat diberikan sebagai minuman utama saat ia sudah menginjak usia 1 tahun. Manfaat susu sapi banyak sekali. Mulai dari sumber kalsium yang tinggi, sehingga pemenuhan zat gizi tersebut dapat membantu Si Kecil memiliki tulang dan gigi yang kuat.

Jika Si Kecil merasa bosan atau tak mau makan nasi, Bunda dapat memberikan susu sapi sebagai pengganti salah satu porsi makanannya. Misalnya dengan memberikan segelas susu untuk makan pagi, disertai roti untuk sumber energi sebelum ia berangkat sekolah. Usahakan untuk memberikan Si Kecil setidaknya 350 ml susu sehari, atau dua porsi makanan dari olahan susu seperti keju atau yoghurt.

Bunda bisa membekali Si Kecil dengan susu yang praktis dan sehat, seperti Morinaga Chil*Go! untuk Si Kecil yang berusia 1-12 tahun. Tak hanya untuk bekal sekolah, tetapi juga bisa menemaninya saat bermain di luar rumah.

Morinaga Chil*Go! mengandung serat pangan inulin 1.700 mg, kolin dan inositol, vitamin B kompleks, zat besi, yodium, kalsium, serta vitamin A, C, dan E. Susu cair enak bernutrisi ini bisa menjadi pendamping Si Kecil untuk mendukung kecerdasan multitalentanya, sekaligus memberikan pertahanan tubuh ganda. Periode emas perkembangan otak (terutama fungsi kognitif) Si Kecil bisa optimal, ia pun bisa senantiasa sehat dan tak mudah sakit.

Asyiknya lagi, Morinaga Chil*Go! memiliki lima varian rasa, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu. Sehingga, pemberiannya bisa disesuaikan dengan rasa yang Si Kecil suka atau sebagai variasi supaya ia tak bosan.

  1. Kacang-kacangan, ikan, telur, daging, dan sumber protein lainnya

Si Kecil membutuhkan protein untuk memastikan tumbuh kembangnya optimal. Jika ia bosan dengan bekal nasinya, Bunda bisa menyiapkan salad dengan isi telur dan kacang-kacangan. Coba juga untuk memberikannya setidaknya satu porsi dari kelompok makanan tersebut setiap hari.

Kacang-kacangan, ikan, daging, telur, dan makanan yang terbuat dari kacang-kacangan (seperti tahu, tempe, atau kedelai) adalah sumber protein dan zat besi yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein Si Kecil.

Jika Si Kecil tiba-tiba merasa bosan dengan bekal nasinya, Bunda jangan patah semangat. Ada banyak pengganti nasi seperti yang sudah dijabarkan di atas, yang bisa mewarnai kotak bekal Si Kecil ke sekolah. Supaya Si Kecil tak mudah bosan, cobalah untuk berkreasi dalam mengolah makanan Si Kecil, sekaligus memberikannya beragam pilihan makanan. Yuk, perhatikan kecukupan gizi Si Kecil demi tumbuh kembangnya yang optimal!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar