Sukses

Tips Mempersiapkan Makanan Si Kecil saat Liburan

Liburan bersama Si Kecil harus dipersiapkan secara matang, termasuk makanannya. Ini dia tips mempersiapkan makanan Si Kecil saat liburan.

Klikdokter.com, Jakarta Menyiapkan makanan Si Kecil saat liburan bisa menjadi pekerjaan yang memakan waktu dan energi. Tak hanya memikirkan jenis makanan apa yang tepat, tapi juga cara mengolah dan mempersiapkannya.

Terdapat beberapa kendala yang sering Bunda hadapi ketika menyiapkan makanan Si Kecil untuk dibawa selama berlibur. Inginnya makanannya selalu baik dan segar, tapi kadang keadaan di sekitar tempat liburan tak memungkinkan. Selain itu, rutinitas selama bepergian terkadang membuat Bunda sulit untuk memasak makanan untuk Si Kecil, sehingga makanan instan kerap dijadikan solusi.

Jangan khawatir, Bunda. Ada beberapa tips yang bisa diandalkan untuk mempersiapkan makanan untuk Si Kecil saat membawanya berlibur.

Makanan untuk Si Kecil bepergian

Jika Bunda bepergian bersama Si Kecil, jangan lupa menyiapkan makanan yang praktis dan ringkas untuknya, tapi jangan sampai mengabaikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Apa saja?

Selalu siapkan bekal untuk camilan Si Kecil selama perjalanan. Menunya bisa berupa potongan buah segar atau agar-agar. Buah dan agar-agar adalah pilihan camilan yang kandungan seratnya tinggi.

Apa pun jenis camilan yang Bunda siapkan, pastikan itu sehat dan bisa menjaga perutnya tetap terisi selama perjalanan. Jika liburan keluarga memakan waktu yang cukup lama, bawalah makanan dalam boks pendingin untuk menjaga kesegarannya.

Pilihan makanan ringan lain yang bisa Bunda sediakan, misalnya biskuit susu. Makanan tersebut merupakan makanan ringan yang praktis, yang bisa dikeluarkan dan dikonsumsi setiap saat berada dalam perjalanan. Namun, jangan sampai biskuit susu menggantikan makanan utama Si Kecil, ya!

1 dari 2 halaman

Tips mempersiapkan makanan Si Kecil saat liburan

  1. ASI eksklusif

Jika Si Kecil masih berusia di bawah enam bulan, maka ASI adalah sumber makanan utamanya. Jika Bunda masih menyusui secara eksklusif, Bundalah yang harus memikirkan makanan untuk dikonsumsi. Pilihlah makanan sehat dan hindari minuman beralkohol.

Upayakan untuk selalu memberikan ASI secara rutin seperti jadwal biasa di rumah. Selain itu, pastikan Bunda terhidrasi dengan baik, terutama jika destinasi liburannya adalah daerah tropis yang panas dan terik.

Untuk Si Kecil yang sudah berusia 1-12 tahun, Bunda bisa siap sedia susu cair Morinaga Chil*Go! yang praktis dibawa ke mana saja! Susu cair enak bernutrisi ini ini mengandung serat pangan inulin 1.700 mg, kolin dan inositol, vitamin B kompleks, zat besi, yodium, kalsium, serta vitamin A, C, dan E.

Kandungan-kandungan tersebut berperan penting untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil, khususnya saat beraktivitas di luar rumah. Dengan sinergi nutrisi tepat antara faktor kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda, Si Kecil pun siap menghadapi perkembangan dunia. Morinaga Chil*Go! hadir dalam lima varian rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu.

  1. Siapkan makanan sebelum bepergian

Beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan liburan, persiapkan makanan serta tempat makan yang akan dibawa. Pastikan semua bahan yang dibawa bersih dan berkualitas. Gunakan tempat penyimpanan makanan yang bersih, terbukti foodgrade, dan dapat menjaga kehangatan atau kesegaran makanan lebih lama.

Satu tips penting, untuk menjaga agar makanan yang dibawa tak cepat rusak atau basi, pisahkan makanan. Jika Bunda membawa nasi dan lauk-pauk, pisahkan nasi dan lauknya.

  1. Senantiasa siapkan camilan

    Salah satu cara lain yang dapat Bunda lakukan adalah mempersiapkan camilan untuk Si Kecil. Sebisa mungkin prioritaskan camilan sehat. Bunda dapat mempersiapkan buah atau biskuit untuk makanan saat dalam perjalanan.

    Beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memberikan camilan untuk Si Kecil adalah:

    • Kuantitas. Porsi idealnya adalah 10 persen dari total kebutuhan kalori Si Kecil, yaitu 100-200 kalori per hari. Berikan porsi kecil dan jangan sampai mengenyangkan. Camilan dalam porsi besar bisa bikin Si Kecil kenyang, sehingga saat waktu makan tiba, ia akan sulit disuruh makan.
    • Kualitas. Pilih camilan yang mengandung vitamin, protein, mineral, dan serat. Hindari camilan yang mengandung pewarna, pengawet, penyedap rasa, serta yang tinggi gula, kalori, dan lemak.
    • Bentuk. Untuk Si Kecil di bawah 3 tahun dengan kemampuan menelan yang masih kurang, hindari camilan yang berbentuk bulat, besar, dan keras seperti bakso dan kacang-kacangan.
    • Jadwal. Camilan sebaiknya diberikan antara waktu makan pagi dan makan siang, atau pada sore hari antara waktu makan siang dan makan malam.

Meski mempersiapkan makanan Si Kecil saat liburan kadang butuh usaha ekstra, tapi percayalah, upaya ini akan sepadan. Lakukanlah tips yang disebutkan di atas. Jika asupan nutrisi Si Kecil tetap terjaga selama berlibur, ia pun akan tetap sehat dan dapat menikmati quality time bersama keluarga, sehingga liburan pun akan jadi momen yang tak terlupakan.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar