Pencernaan

12 Cara Mengatasi Kembung dengan Bahan Alami

Siti Putri Nurmayani, 19 Sep 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Perut sering kembung dan begah? Jangan khawatir, ini 12 pilihan obat kembung alami yang bisa kamu gunakan di rumah.

12 Cara Mengatasi Kembung dengan Bahan Alami

Perut kembung memang gejala yang umum dialami kebanyakan orang. Meski tidak berbahaya, namun perut kembung yang terasa begah bisa membuat tidak nyaman saat beraktivitas. 

Munculnya perasaan kembung dan begah biasanya disebabkan oleh adanya produksi gas berlebihan di saluran cerna, susah buang air besar (BAB), intoleransi terhadap makanan tertentu, atau akibat kondisi medis tertentu, seperti penyakit celiac atau sindrom iritasi usus besar. 

Menariknya, gejala perut kembung ini bisa diatasi dengan penggunaan bahan alami. Berikut sejumlah obat kembung alami yang bisa kamu coba:

1. Nanas

Makan Nanas Madu Bisa Bikin Sakit Ginjal, Benarkah? (Kaiskynet-Studio/Shutterstock)

Disampaikan dr. Nadia Octavia, makan nanas bisa menjadi salah satu pilihan obat alami perut keras atau kembung. 

Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membantu memecahkan sejumlah protein dalam saluran cerna. Hal ini bisa mengurangi keluhan perut kembung dan begah. 

Selain itu, kandungan bromelain dalam nanas juga memiliki efek anti peradangan dan antimikroba. 

Artikel Lainnya: Perut Kembung Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya

2. Teh Peppermint

Obat alami untuk perut kembung dan mual adalah teh peppermint. Jenis teh yang satu ini mengandung bahan aktif menthol dan menthone yang terdapat efek antispasmodik (mengurangi kontraksi) dan meredakan keluhan tidak nyaman di saluran cerna. 

Selain itu, obat perut kembung dan mual alami ini dapat menstimulasi asam empedu untuk membantu proses pencernaan. 

Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Journal of Clinical Gastroenterology mengungkapkan bahwa ekstrak peppermint efektif untuk mengatasi sindrom iritasi usus besar

3. Kunyit

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu pilihan obat herbal untuk perut mual dan kembung. Kandungan kurkumin dalam kunyit ternyata bisa meredakan gejala perut kembung dan begah. 

Kurkumin merupakan antioksidan larut dalam lemak yang membuat kunyit memiliki warna kuning-jingga. 

“Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada penderita gangguan saluran cerna, ekstrak kunyit bisa membantu mengatasi gejala sakit perut, perut kembung, dan perasaan begah hingga 67 persen,” tutur Dokter Nadia. 

Artikel Lainnya: Cara Mengeluarkan Angin dalam Perut dengan Cepat

4. Jahe

Cara mengeluarkan angin dalam perut secara alami bisa dengan mengonsumsi jahe. 

Rempah-rempah yang satu ini telah lama dikenal sebagai bahan alami yang bisa mengurangi gejala tidak nyaman di saluran cerna, seperti perut kembung dan begah. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi gejala mual dan muntah.

5. Cuka Sari Apel

Fakta Medis di Balik Mitos Keliru Seputar Cuka Apel (Tashka2000/123rf)

Rekomendasi obat kembung alami untuk dewasa adalah cuka sari apel. Bahan alami ini digunakan oleh banyak orang untuk meredakan gas, kembung, dan gangguan pencernaan. 

Bila kamu ingin mencobanya, cukup tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir teh atau air hangat. Kamu bisa minum ramuan ini secara teratur atau ketika merasa kembung. 

6. Biji Adas

Mengutip dari Brigham and Women’s Hospital, mengonsumsi biji adas bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami dan cepat. 

Biji adas telah dikenal untuk menghilangkan gas di perut secara alami. Kendati demikian, ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk tidak mengonsumsi biji adas jika ingin mengatasi masalah perut kembung dan begah. 

7. Soda Kue

Baik Buruk Soda Kue bagi Kesehatan Tubuh (Geo Grafika/Shutterstock)

Soda kue merupakan obat alami perut kembung yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Kamu bisa menambahkan setengah sendok teh soda kue ke dalam segelas air. 

Penting untuk diingat, tidak dianjurkan menggunakan obat ini dalam jangka panjang. Hal ini bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya, seperti dehidrasi. 

Artikel Lainnya: Cara Mengeluarkan Angin dalam Perut dengan Cepat

8. Arang Aktif

Arang aktif atau activated charcoal ternyata bisa digunakan sebagai obat tradisional perut kembung. Bahan alami ini mengandung ruang kecil yang bisa membantu memerangkap gas dalam perut.

Meski bermanfaat, namun penggunaan arang aktif bisa menimbulkan gejala lain, seperti sembelit, diare, mual, atau muntah. Bila kamu ingin mencobanya, ada baiknya untuk memulai dengan dosis kecil. 

9. Botol Panas

Cara mengatasi perut kembung juga bisa dilakukan dengan menempelkan botol berisi air panas ke arah perut. Pasalnya, panas dapat membantu mengendurkan otot-otot di usus dan mengurangi rasa sakit. 

Selain botol berisi air panas, kamu juga bisa menempelkan bantalan panas atau berendam di bak mandi berisikan air hangat untuk menghilangkan rasa sakit perut akibat gas atau kembung. 

10. Timun

Timun mengandung 95 persen air di dalamnya. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi perut kembung dan begah. 

Pasalnya, timun bisa mencegah retensi air dan membantu mengatasi kembung yang disebabkan oleh dehidrasi. 

Artikel Lainnya: 8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

11. Yoghurt

Yoghurt Kelapa dan Yoghurt Biasa, Mana yang Lebih Sehat?

Yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu mengatasi kembung dan begah. Oleh karenanya, kamu bisa mengonsumsi camilan yang satu ini ketika sedang mengalami perut kembung. 

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi yoghurt secara rutin. Pasalnya, makan yoghurt sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

12. Buah Beri

Selain rasanya menyegarkan, buah beri juga dapat dijadikan sebagai camilan sehat untuk membantu mengatasi perut kembung. 

Buah yang satu ini mengandung serat yang sehat, sehingga dapat mendukung kesehatan usus dan melunakkan tinja. Hal ini tentunya bisa mencegah terjadinya perasaan kembung dan begah. 

Beberapa bahan alami di atas bisa menjadi alternatif untuk mengatasi perut kembung dan begah. Ketika perut terbebas dari rasa kembung dan begah, maka aktivitas pun bisa kembali maksimal. 

Bila perut kembung sulit untuk diatasi, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Agar lebih praktis, kamu juga bisa konsultasi lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter!

(NM)

KembungBegah

Konsultasi Dokter Terkait