Sukses

Tips Praktis Siapkan Bekal Sehat untuk si Kecil

Ingin siapkan bekal sehat untuk si Kecil? Ini tips praktis yang bisa Bunda jadikan panduan.

Klikdokter.com, Jakarta Menyiapkan bekal anak sekolah terkadang memerlukan usaha ekstra, terutama bagi Bunda yang bekerja. Kendati begitu, Bunda tetap harus berusaha menyiapkan bekal sehat untuk si Kecil agar kebutuhan gizi hariannya selalu terpenuhi, dan agar ia tidak jajan sembarangan.

Faktanya, si Kecil yang sudah memasuki usia sekolah cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka pun memiliki keinginan untuk mencoba hal-hal yang baru, termasuk makanan. Jadi, ketika melihat jajanan yang beraneka ragam di sekolahnya, bukan tidak mungkin si Kecil akan tergoda untuk jajan atau membeli makan siang di tempat tersebut, yang belum tentu sehat dan bergizi.

Manfaat bawa bekal sendiri

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika si Kecil membawa bekal makan siangnya sendiri. Pertama, Bunda bisa berhemat. Makanan yang dibeli mungkin memiliki harga dua kali lipat dibandingkan dengan jika Bunda memasak sendiri.

Kedua, makanan yang disiapkan sendiri tentunya lebih terjamin dalam hal kebersihan dan kualitas gizinya. Menu makanan pun dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan si Kecil.

Dengan membawa makanan sendiri dari rumah, si Kecil bisa mendapatkan energi yang cukup untuk berkonsentrasi dalam belajar dan bermain. Si Kecil juga terhindar dari jajanan-jajanan yang tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Terakhir, apabila si Kecil terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat, maka kebiasaan tersebut akan menjadi hal baik yang akan ia bawa hingga dewasa nanti.

Tips menyiapkan bekal sehat untuk si Kecil

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Bunda perhatikan saat menyiapkan bekal sehat untuk si Kecil:

  • Cuci tangan

Selalu cuci tangan Bunda dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum menyiapkan bekal sehat untuk si Kecil. Pastikan juga peralatan memasak dan kotak makanan yang digunakan sudah benar-benar bersih dan kering.

  • Sesuai porsi

Siapkan bekal si Kecil sesuai porsi makannya sehari-hari. Apabila si Kecil biasa mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit, jangan menyiapkan bekal dalam porsi yang terlalu banyak.

  • Bahan-bahan sehat

Masukkan bahan makanan sehat dan bergizi yang dibutuhkan si Kecil ke dalam menu bekal makan siangnya, seperti sayur, buah, susu dan produk olahannya (keju, yoghurt), daging, ikan, ayam, kacang-kacangan, tempe, serta tahu.

Bunda juga dapat menyisipkan camilan sehat seperti buah-buahan, biskuit, atau lainnya untuk dikonsumsi si Kecil saat jam istirahat.

  • Libatkan si Kecil

Bunda dapat melibatkan si Kecil untuk menyiapkan bekalnya sendiri. Sehari sebelumnya, Bunda bisa menanyakan kepada si Kecil apa yang diinginkannya untuk menu bekal esok hari.

Bunda juga dapat mengajak si Kecil memilih bahan makanan untuk menu bekalnya. Dengan melibatkan si Kecil, maka ia akan lebih terdorong untuk menyantap bekalnya dengan lebih semangat dan gembira.

  • Gunakan kotak makan yang sesuai

Pastikan kotak makan yang digunakan mengakomodasi menu-menu bekal dengan baik, mudah dibuka, dan tidak bocor. Bawakan bekal makanan yang praktis sehingga mudah dikonsumsi oleh si Kecil.

Hindari memasukkan makanan berkuah ke dalam kantung plastik yang sulit dibuka dan mudah tumpah.

  • Sesuaikan bentuk dan ukuran

Sebisa mungkin, sajikan makanan dalam ukuran kecil agar memudahkan si Kecil ketika mengonsumsinya. Jika Bunda membawakan si Kecil bekal roti isi, pastikan agar isinya tidak berlebihan supaya tidak berceceran ke luar dan berantakan saat dimakan.

Apabila Bunda membawakan si Kecil camilan berupa buah seperti apel, mangga, atau pir, bawakan yang sudah dikupas dan dipotong kecil-kecil.

Jangan lupa untuk membawakan botol minum berisi air putih yang cukup untuk konsumsi si Kecil selama ia berada di sekolah. Minum air yang cukup sangat penting untuk menjaga si Kecil dari dehidrasi.

Hindari membekali si Kecil dengan softdrink atau jus buah kemasan karena mengandung kadar gula tinggi yang tidak baik untuk kesehatan. Minuman yang demikian bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari kegemukan, gigi berlubang, diabetes, dan lainnya.

Daripada membawakannya minuman tidak sehat, lebih baik Bunda menyertakan Morinaga Chil*Go! ke dalam kotak makan si Kecil.

Morinaga Chil*Go! adalah susu steril dalam bentuk cair yang enak bernutrisi. Mengandung kolin serta inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks, Morinaga Chil*Go! dapat membantu mendukung kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda untuk Si Kecil usia 1–12 tahun.

Tak cuma itu, Morinaga Chil*Go! juga memiliki kandungan serat pangan inulin 1700 miligram, yang dapat mendukung kesehatan saluran cerna si Kecil. Morinaga Chil*Go! hadir dalam lima rasa yang disukai si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu. Susu cair ini tidak mengandung pengawet, lho!

Morinaga Chil*Go! dapat menjadi bekal sehat yang praktis untuk si Kecil saat beraktivitas di luar rumah. Jadi, jangan lupa sertakan Morinaga Chil*Go! di dalam bekal sehat yang Bunda siapkan untuk si Kecil, ya!

(NB/ RH)

208 Komentar

  • IPAH similikiti

    Iusto dolores illum quaerat dolores qui. Sit quia id aut et iste ad consectetur. Soluta optio natus qui rerum quis culpa qui. Dolore aut atque voluptas voluptatem soluta iure et.

  • IPAH similikiti

    Ipsum molestiae a dignissimos animi ex. Quis eligendi pariatur aperiam eius qui voluptas. Delectus voluptates omnis tenetur perferendis.

  • IPAH similikiti

    Totam qui ab voluptatem rerum velit sint. Vel doloremque tenetur perspiciatis et ut cum esse. Exercitationem maiores asperiores rerum alias aliquam fugiat reprehenderit.