Sukses

Mengapa Susu Baik bagi Otak si Kecil?

Susu banyak sekali mengandung zat yang berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Susu merupakan salah satu nutrisi penting dalam menunjang tumbuh kembang si Kecil. Banyak sekali manfaat dari nutrisi yang terkandung dalam susu yang baik untuk tubuh si Kecil, misalnya untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak. Dengan pemenuhan nutrisi yang optimal, perkembangan otak si Kecil juga akan maksimal.

Perkembangan otak si Kecil

Seribu hari pertama kehidupan merupakan masa yang paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Masa ini dimulai sejak si Kecil berada dalam kandungan hingga dua tahun pertama kehidupan. Sekitar 80 persen massa otak si Kecil terbentuk dalam 1.000 hari pertama kehidupannya.

Agar otak dapat berfungsi dengan baik, tidak hanya dibutuhkan ukuran atau massa otak yang cukup. Dibutuhkan pula adanya serabut-serabut penghubung (sinaps) antara satu sel otak dengan sel otak lainnya. Dengan demikian, otak si Kecil dapat memproses dengan baik segala rangsangan yang diterima, memberikan respons yang sesuai dengan rangsangan yang diterima, serta menyimpan memori.

Susu untuk perkembangan otak si Kecil

Susu merupakan salah satu bahan makanan yang sangat penting bagi si Kecil. Susu mengandung berbagai zat yang penting untuk pertumbuhan otaknya. Susu terbaik adalah ASI karena ASI mengandung komponen nutrien yang sangat lengkap untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dibawah enam bulan.

Setelah enam bulan, diperlukan tambahan makanan berupa MPASI, karena ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan si Kecil. Jika pada kondisi tertentu Bunda tidak dapat memberikan ASI, berikan susu formula khusus bayi untuk si Kecil.

  • Komponen makronutrien

Ada beberapa komponen dalam ASI atau susu formula yang penting untuk perkembangan otak si Kecil. Komponen makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein yang terdapat dalam susu sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak si Kecil.

Lemak dan protein termasuk yang paling penting karena sebagian besar komponen penyusun sel otak adalah lemak dan protein. Tanpa pemenuhan kebutuhan energi yang cukup dari karbohidrat, lemak, dan protein, massa otak yang optimal tidak akan terbentuk.

  • Komponen mikronutrien

Selanjutnya, ada komponen mikronutrien penting juga yang sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil, seperti vitamin B, zat besi, yodium, kolin, inositol, AA, dan DHA. Semua komponen ini juga terkandung dalam susu.

Mikronutrien lebih berperan pada pembentukan sinaps yang menghubungkan antar-sel otak. Tanpa sinaps yang baik, otak si Kecil tidak akan bekerja dengan baik. Itulah sebabnya baik komponen makronutrien, maupun mikronutrien sangat diperlukan untuk otak si Kecil.

Cara konsumsi susu untuk mendapatkan manfaat terbaik

Pilihan susu terbaik untuk si Kecil usia 0-2 tahun adalah ASI. Saat menyusui, Bunda harus memperhatikan asupan nutrisi serta asupan cairan yang cukup agar ASI yang diproduksi memiliki kualitas dan kuantitas yang baik.

Jika si Kecil mendapatkan susu formula, perhatikan cara menyiapkan susu formula. Hal ini penting agar kandungan nutrien didalamnya tidak rusak oleh proses penyiapan yang kurang baik.

Selain itu, perhatikan pula kecukupan jumlah ASI atau susu formula yang diberikan pada si Kecil. Jumlah BAK yang cukup, bayi terlihat kenyang atau tertidur setelah pemberian ASI atau susu formula, dan kenaikan berat badan yang baik merupakan beberapa indikator penanda bahwa ASI atau susu formula yang diberikan cukup. Setelah si Kecil berusia lebih dari 1 tahun, susu masih tetap diperlukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil.

Meski bukan satu-satunya faktor, kebiasaan minum susu akan membantu si Kecil mencapai kecerdasan optimal mereka. Salah satunya untuk mendukung nutrisi si Kecil ketika melakukan aktivitas di luar rumah, pilihannya seperti susu cair MorinagaChil*Go! yang mengandung kolin, yodium, zat besi, vitamin B kompleks, serta inositol yang sangat baik untuk mendukung perkembangan otak. Selain otak, susu ini juga mengandung serat pangan inulin 1700 mg, tinggi kalsium, seng, serta vitamin A, C, dan, E yang baik untuk mendukung sistem pertahanan tubuh si Kecil. Morinaga Chil*Go! susu cair enak bernutrisi ini hadir dalam lima rasa yang disukai si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu.

Berbagai kandungan nutrisi penting dalam susu akan membantu tumbuh kembang si Kecil, termasuk perkembangan otaknya. Itulah sebabnya penting untuk memperhatikan dan memberinya susu dengan nutrisi seimbang selama masa pertumbuhan.

[HNS/ RH]

198 Komentar

  • Dea Sekar Oktavian

    Atque ea nobis occaecati maiores autem soluta. Rerum sit dignissimos laborum molestiae consequuntur repudiandae. Laboriosam culpa et quam molestiae. Error quidem at porro ut quod.

  • Dea Sekar Oktavian

    Ipsum non suscipit laboriosam. Ratione aspernatur tenetur occaecati maxime qui non. Repudiandae sequi quis unde expedita. Esse ea alias reiciendis magni alias repellendus.

  • Dea Sekar Oktavian

    In iure et nam perspiciatis maiores. Repudiandae id quaerat occaecati alias. Ad sapiente architecto quis ut fugiat.