Sukses

Bunda, Lakukan Ini untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Menghadapi anak susah makan tentu menguras energi. Beberapa kiat berikut dapat membantu Bunda dalam menambah nafsu makan si Kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Orang tua mana yang tak jengkel saat menghadapi anak susah makan? Ini adalah salah satu situasi yang sering kali dikeluhkan para orang tua. Namun ketika nafsu makan si Kecil mulai turun, Bunda juga harus cekatan dalam mengatasinya. Jika tak segera berupaya, tumbuh kembang si Kecil tak akan berjalan secara optimal.

Penyebab nafsu makan si Kecil turun

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi nafsu makan si Kecil antara lain adalah kondisi medis tertentu. Misalnya si Kecil sedang batuk, pilek, demam, diare, sariawan, atau nyeri menelan karena radang tenggorokan.

Ketika sedang sakit, si Kecil akan cenderung malas makan, sama halnya dengan orang dewasa. Belum lagi, bila tumbuh gigi, si Kecil juga akan semakin sulit untuk makan.

Faktor lain yang turut berperan dalam menurunkan nafsu makan si Kecil adalah kebiasaan makan camilan manis atau terlalu minum susu maupun jus menjelang waktu makan.

Terakhir, faktor yang sering tidak disadari adalah ekspektasi orang tua terhadap nafsu makan anak. Perlu Bunda ketahui, anak berusia satu sampai lima tahun umumnya memang makan dalam porsi kecil dan cenderung pemilih. Selama tubuhnya sehat dan perkembangannya baik, tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Jadi, Bunda tak perlu memaksa si Kecil untuk makan dalam porsi besar. Hal ini justru dapat menimbulkan pengalaman buruk. Akibatnya, waktu makan yang seharusnya menyenangkan menjadi ketakutan tersendiri bagi si Kecil.

Tips menambah nafsu makan si Kecil

Meski fase memilih makanan memang terdapat pada fase pertumbuhan si Kecil, bukan berarti Bunda tidak dapat berbuat apapun. Beberapa hal berikut dapat membantu Bunda dalam meningkatkan nafsu makan si Kecil:

  1. Upayakan sarapan sehat untuk si Kecil

Sarapan yang sehat dapat menjadi sumber energi yang signifikan bagi si Kecil untuk memulai hari. Karena itu, seberapa pun anak menolak makan, usahakan agar ia tetap sarapan.

Untuk mengawali harinya, berikan si Kecil susu pertumbuhan yang mengandung vitamin dan mineral, whey protein, kalsium, vitamin D dan magnesium. Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges memiliki berbagai kandungan tersebut untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil yang optimal.

  1. Tawarkan makanan lebih sering walau dalam porsi kecil

Memberi makanan dalam porsi besar dapat membuat anak menolak makan karena merasa tidak mampu menghabiskannya. Bunda dapat menyiasatinya dengan menyiapkan makanan dalam porsi kecil, cukup beberapa sendok makan saja.

Agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi, tawarkan si Kecil makanan lebih sering, misalnya 2-3 jam sekali. Dengan trik ini, si Kecil tidak akan merasa terintimidasi.

  1. Berikan camilan sehat

Saat si Kecil malas makan, banyak orang tua yang menyerah dan memberikan camilan kesukaan anak-anak, yang mana biasanya mengandung kadar gula atau garam tinggi.

Lupakan biskuit manis, kue, roti, jus buah dalam kemasan, atau susu. Camilan seperti ini biasanya hanya mengandung kalori yang tinggi tanpa zat gizi yang lengkap.

Solusinya, berikan si Kecil camilan yang lebih sehat seperti yoghurt tawar dengan potongan buah segar, puding, atau kacang-kacangan. Selain cukup mengenyangkan, makanan tersebut mengandung serat, protein, dan kalsium yang tinggi.

  1. Libatkan si Kecil dalam persiapan makanan

Ajak si Kecil ikut mempersiapkan sarapan atau makan siang, baik untuknya maupun untuk keluarga. Hal-hal kecil seperti membantu mengambil mentega, keju dan mengoles selai dapat menjadi kesenangan tersendiri untuk anak.

Bila si Kecil sudah lebih besar, Bunda bisa menyiapkan resep yang cukup sederhana untuk dimasak bersama. Misalnya omelet, roti bakar, dan sebagainya.

  1. Sajikan makanan dengan menarik

Anak-anak menyukai sesuatu yang menarik dilihat. Salah satu yang dapat meningkatkan nafsu makan adalah tampilan makanan yang menarik. Anda dapat mencetak nasi sesuai bentuk karakter yang ia sukai, serta memotong sayuran dalam berbagai bentuk dan ukuran yang mudah ia genggam.

Saat nafsu makan si Kecil menurun, hal yang harus Bunda ingat adalah hindari memaksanya untuk makan. Jika anak tengah berada di fase memilih, hormati pilihannya dan tawarkan menu lainnya.Namun yang terpenting, penuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dengan Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges agar tumbuh kembangnya optimal. Amati juga kondisi kesehatan si Kecil. Bila menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan, Bunda harus segera membawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

[NP/ RH]

208 Komentar

  • Angelia Thong

    Aperiam est id vel excepturi. Asperiores corporis eius quidem repudiandae. Repellat fugiat nihil omnis.

  • Angelia Thong

    Aspernatur iusto quia molestias error voluptatem natus. Minima sunt aut impedit porro.

  • Angelia Thong

    Ad dolorum dolor nam aliquid. Quis dolorum illo nesciunt. Qui eum doloremque qui nisi dolorum qui. Culpa repellendus est cum. Est aliquid rerum et voluptates.