Sukses

Ajak Anak Olahraga Sejak Dini, Ini Manfaatnya

Olahraga tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa. Aktivitas positif ini juga bisa mendatangkan beragam manfaat sehat untuk anak, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan aspek penting yang harus dikenalkan pada anak. Ini karena aktivitas sehat tersebut terbukti mampu mengoptimalkan laju tumbuh kembang, juga bisa menjadi fondasi agar si Kecil terus menjalankan gaya hidup aktif dan sehat hingga dewasa nanti.

Anda tentu ingin anak yang kesehatannya terus terjaga, bukan? Jika memang demikian, pastikan Anda mengajarkan olahraga pada anak sejak usianya masih dini.

Manfaat olahraga sejak dini

Penelitian telah membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan sejak dini bisa mendatangkan beragam manfaat berikut ini:

  • Tulang dan otot lebih kuat

Olahraga secara rutin dan teratur dapat menunjang pembentukan otot-otot pada tubuh anak yang sedang mengalami proses tumbuh kembang. Selain itu, kekuatan dan kepadatan tulang pada anak yang melakukan olahraga secara rutin juga akan meningkat.

  • Berat badan tetap ideal

Pada anak yang tidak melakukan aktivitas fisik, akumulasi lemak berlebih sangat mungkin terjadi. Sebaliknya, pada anak yang rutin berolahraga, peningkatan berat badan yang terjadi akan terus stabil dan sesuai usianya.

  • Meningkatkan energi

Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur terbukti mampu membuat anak menjadi lebih berenergi. Dengan ini, anak akan lebih aktif dan tidak mudah lelah saat menjalani aktivitasnya sehari-hari.

  • Daya tahan tubuh lebih prima

Berolahraga membuat daya tahan tubuh anak terbentuk dengan baik. Dengan ini, ketahanan tubuh anak akan lebih optimal dan penyakit tidak mudah terjadi padanya.

  • Emosional lebih sejahtera

Olahraga menyebabkan pelepasan hormon endorfin, yang merupakan zat kimia untuk meningkatkan mood. Oleh sebab itu, berolahraga dapat membuat anak mencapai tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

  • Kualitas tidur lebih baik

Penelitian menyebut bahwa anak yang berolahraga secara rutin dan teratur memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak berolahraga.

  • Tekanan darah dan kolesterol tetap stabil

Olahraga pada anak juga dapat menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol agar tetap berada di rentang normal. Dengan ini, anak akan terhindar dari beragam penyakit pembuluh darah, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan strok.

Perhatikan ini

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anak berolahraga, di antaranya:

  • Ajak anak melakukan olahraga yang sesuai usianya. Pastikan ia menerapkannya sebagai bagian dari kegiatan bersama keluarga
  • Tentukan jadwal olahraga rutin untuk anak. Hal ini bertujuan agar anak melakukannya secara konsisten, sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  • Ajarkan untuk menerapkan kebiasaan yang lebih sehat dalam aktivitas sehari-hari, misalnya menggunakan tangga dibandingkan lift.
  • Kemas aktivitas olahraga dalam suatu kegiatan yang menyenangkan, agar anak menyukainya dan ingin melakukannya lagi.
  • Jaga kebersihan tubuh setelah berolahraga, yaitu dengan mandi menggunakan sabun antikuman setidaknya dua kali sehari.

Kenalkan olahraga pada anak sejak usianya masih dini, agar kebiasaan sehat ini bisa terus menjadi bagian dari hidupnya. Apabila anak Anda memiliki kondisi khusus, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter mengenai pilihan olahraga yang paling sesuai untuknya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar