Sukses

Sederet Manfaat Pisang untuk si Kecil Usia 6 Bulan

Ada sejumlah alasan mengapa Anda harus memberikan pisang pada si Kecil. Ini dia kehebatannya!

Klikdokter.com, Jakarta Pisang, buah yang enak, bernutrisi sekaligus fleksibel. Anda dapat menjadikannya apa pun, dan rasanya pasti selalu nikmat. Tak heran jika buah ini populer untuk makanan si Kecil. Untuk si Kecil usia 6 bulan, pisang juga dapat diberikan setiap hari untuk menunjang perkembangan.

Usia 6 bulan merupakan usia yang sangat krusial dalam kehidupan si Kecil. Pada usia ini, proses tumbuh kembang si Kecil sedang berlangsung, mulai dari segi motorik, bahasa, kognitif, maupun sosial.

Karena itu, untuk mendukung perkembangan si Kecil pada usia ini, diperlukan nutrisi yang baik, termasuk di dalamnya buah-buahan. Buah mengandung makronutrien dan berbagai mikronutrien seperti vitamin dan mineral yang penting untuk menunjang perkembangan si Kecil. Itulah mengapa konsumsi buah setiap hari penting untuk si Kecil.

Salah satu buah yang sering diberikan kepada si Kecil adalah pisang. Buah ini memang andalan karena cocok untuk lidah anak-anak.Lalu, apa saja sebenarnya manfaat pisang untuk si Kecil?

  1. Kaya nutrisi

Tidak salah lagi, pisang mengandung banyak sekali nutrien seperti karbohidrat, protein, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, folat, vitamin B, dan kandungan nutrien lainnya. Berbagai kandungan nutrien ini sangat penting sebagai sumber energi dan membantu berbagai proses metabolisme dalam tubuh si Kecil.

  1. Tinggi serat

Serat dalam pisang juga penting dalam membantu proses pencernaan si Kecil. Selain itu, pisang juga mudah dicerna dan diserap oleh usus si Kecil yang belum sesempurna usus orang dewasa. Itu juga salah satu alasan mengapa pisang dianggap sebagai salah satu buah yang aman diberikan kepada anak-anak.

  1. Sumber energi

Bagi si Kecil yang sangat aktif dan tidak mau diam, mengonsumsi pisang dapat menjadi salah satu sumber energi. Ini dikarenakan pisang mengandung karbohidrat dan protein.

  1. Baik untuk pertumbuhan tulang

Kandungan kalium dan kalsium dalam pisang dapat memberikan manfaat positif bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang si Kecil.

  1. Membantu fungsi penglihatan

Ternyata tak hanya sayur seperti wortel yang mengandung vitamin A, pisang juga mengandung vitamin A dan ini baik untuk membantu perkembangan fungsi penglihatan si Kecil.

  1. Mencegah anemia

Pisang juga kaya akan zat besi yang merupakan salah satu mineral penting bagi perkembangan si Kecil. Zat besi bermanfaat dalam mencegah anemia dan membantu perkembangan otak si Kecil.

Pisang dapat disajikan dalam berbagai bentuk untuk si Kecil. Misalnya, memberikan pisang secara langsung/dipotong, direbus, dijus, atau disajikan dalam bentuk puree. Namun untuk masa awal MPASI, Bunda dapat menyuguhkan pisang dalam bentuk puree terlebih dulu.

Kelebihan penyajian dalam bentuk pure adalah kandungan susu dalam puree dalam menambah nilai nutrisi pisang, terutama protein dan kalsium. Puree pisang dapat dibuat sendiri dengan menambahkan susu pada pisang yang telah dihaluskan. Puree pisang buatan sendiri lebih alami karena tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan.

Namun, jika Anda tidak sempat membuat puree pisang sendiri di rumah, pilihlah puree pisang yang tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Perhatikan kemasannya terlebih dahulu sebelum Anda membelinya untuk si Kecil.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar