Sukses

Terapkan Gaya Hidup Sehat Ini agar Merdeka Sampai Tua

Ingin sehat dan merdeka sampai usia tua, mudah saja. Gaya hidup sehat ini harus Anda terapkan dengan konsisten!

Klikdokter.com, Jakarta Gaya hidup sehat merupakan hal yang harus dijaga hingga usia tua. Pasalnya, bila sakit-sakitan, seseorang akan memiliki kualitas hidup yang buruk alias tidak merdeka dari “penjajahan” penyakit. Pria dan wanita relatif memiliki risiko sama untuk terkena penyakit terkait gaya hidup ketika masih muda. Namun ternyata, risiko pada wanita lebih tinggi daripada pria apabila sudah mengalami menopause. Mengapa demikian?

Hormon wanita berperan sebagai “penjaga” agar kadar kolesterol wanita menjadi normal. Penurunan kadar hormon wanita saat masa menopause menyebabkan risiko penyakit terkait gaya hidup ini meningkat, seperti obesitas, penyakit jantung koroner, , kolesterol tinggi, dan lainnya. Apalagi bila wanita tersebut sebelumnya memiliki gaya hidup yang tidak sehat.

Usia rata-rata menopause pada wanita Indonesia adalah sekitar 51-55 tahun, bahkan usia rata-rata di Asia lebih rendah yaitu 42,1-49,5 tahun. Risiko penyakit terkait gaya hidup ini dapat menurun apabila wanita menjaga gaya hidupnya dengan sehat. Artinya, sebelum usia 40-an, sebaiknya memiliki gaya hidup sehat supaya wanita bisa tetap merdeka hingga tua.

Jadi, bagaimana gaya hidup sehat yang dapat membuat wanita merdeka hingga tua?

  1. Jaga berat badan

Obesitas akan meningkatkan risiko terkena penyakit terkait gaya hidup. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap ideal sebaiknya dilakukan agar terhindar dari penyakit. Seseorang dikategorikan memiliki berat badan ideal bila memiliki body mass index (BMI) antara 18,5-22,9 kg/m2. Cara menghitung indeks massa tubuh adalah berat badan (dalam kg) / tinggi badan (dalam meter).

Asupan kalori harian juga sebaiknya tidak melebihi kebutuhan. Anda dapat menggunakan health tools di website kami, yaitu kalkulator kalori dan BMI.Bila Anda memiliki BMI berlebih atau obesitas, diskusikan dengan dokter untuk memulai program penurunan berat badan.

  1. Konsumsi lemak baik

Hindari makanan yang digoreng sebab ituakan meningkatkan konsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang buruk bagi Anda. Selain gorengan, kurangi makan wafer, biskuit, roti, donat, dan makanan lain yang mengandung mentega.

Sebaliknya, perbanyak asupan lemak baik seperti lemak tidak jenuh tunggal (contoh: makan 2-3 buah alpukat per hari), lemak tidak jenuh ganda seperti omega 3/omega 6 (misal: flax seeds 50 gram), dan plant stanol (sekitar 2 gram per hari). Kini Anda dapat dengan mudah menemukan produk makanan kemasan yang mengandung plant stanol ester. Tak hanya baik untuk orang dengan kolesterol tinggi, plant stanol ester juga bisa dikonsumsi oleh orang yang relatif sehat.

  1. Pilih karbohidrat yang baik

Singkirkan segala sesuatu yang mengandung tepung, gula, dan makanan minuman manis. Gantinya, perbanyaklah konsumsi karbohidrat kompleks (buah, sayur, dan serat lainnya).

Serat sangat baik untuk kesehatan karena menimbulkan rasa kenyang lebih lama (baik untuk menjaga berat badan), mencegah sembelit, menurunkan risiko kanker kolorektal, dan membantu memelihara kesehatan usus besar melalui perannya sebagai probiotik.

  1. Jangan lupa antioksidan

Antioksidan bisa didapatkan terutama pada buah dan sayur. Usahakan untuk mengonsumsi berbagai buah dan sayur yang berwarna-warni untuk mendapatkan antioksidan lengkap.

  1. Lakukan aktivitas fisik dan olahraga

Ubah gaya hidup Anda dengan mulai beraktivitas fisik, seperti naik tangga daripada lift bagi pekerja di gedung tinggi, gunakan sapu pel tradisional dibandingkan vacuum cleaner jika membersihkan rumah, dan gunakan transportasi umum bila bepergian sehingga Anda lebih banyak berjalan.

  1. Minum minimal 2 liter per hari

Konsumsi air putih akan meningkatkan termogenesis. Hal ini akan membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga berat badan Anda. Mudahnya, bila dokter tidak membatasi asupan cairan Anda, minumlah 1 gelas air putih tiap 1 jam sekali.

Tak sulit, kan, bagi wanita agar sehat dan merdeka sampai tua? Lakukan gaya hidup sehat secara konsisten, sehingga Anda bisa terus memiliki kualitas hidup yang baik dan layak.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar