Sehat dan Bugar

Hati-hati! 5 Sudut Rumah Ini Rawan Jadi Sarang Kuman

dr. Dyah Novita Anggraini, 13 Agt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Meskipun terlihat wangi dan bersih, kuman dan bakteri bisa saja berkembang di sudut rumah Anda. Ketahui di area mana saja mereka senang bersarang.

Hati-hati! 5 Sudut Rumah Ini Rawan Jadi Sarang Kuman

Kuman penyebab penyakit akan selalu ada di setiap sudut rumah Anda meskipun rumah terlihat bersih dan wangi. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti tingkat kelembapan ruangan, kondisi pencahayaan yang kurang baik, kebiasaan dari penghuni rumah dan frekuensi pembersihan ruangan tersebut.

Tak heran, meski rumah bersih, terkadang bisa saja ada anggota keluarga yang terserang penyakit atau virus tertentu. Tandanya, Anda memerlukan upaya perlindungan yang lebih baik agar Anda dan keluarga benar-benar terbebas dari berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Sudut rumah yang rawan jadi sarang kuman

Beberapa bagian rumah berikut ini paling sering menjadi tempat berkembangnya kuman. Oleh sebab itu, saat membersihkan beberapa sudut rumah berikut ini, Anda membutuhkan upaya ekstra, agar kuman dan bakteri enggan untuk menetap.

  1. Dapur

Di dalam dapur terdapat beberapa tempat yang menarik kuman untuk tinggal. Mulai dari saluran pembuangan dapur, spons cuci piring, meja dapur, wastafel cuci piring, hingga talenan.

Beberapa area tersebut merupakan bagian dari dapur yang cukup banyak mengandung bakteri Salmonella dan E. coli. Padahal, kedua bakteri ini dapat memicu berbagai penyakit di saluran pencernaan seperti diare, muntah, kram perut, dan demam.

  1. Ruang mencuci pakaian

Ruang cuci pakaian juga dapat menjadi sarang kuman penyakit seperti bakteri Staphylococcus aureus. Hal ini karena pakaian lembap akan memicu perkembangan bakteri, terutama jika cucian yang masih basah tidak lekas Anda keringkan. Bakteri Staphylococcus ini dapat menyebabkan infeksi di kulit seperti bisul atau eksim.  

  1. Ruang keluarga

Sebagai ruang yang paling sering digunakan oleh anggota keluarga, di ruang ini juga banyak bersarang kuman penyebab penyakit. Misalnya di bagian karpet dan remote control yang sering dipegang bergantian.

Karpet yang sering menjadi pijakan seluruh anggota keluarga bisa saja terdapat Eschericia coli dan tungau debu penyebab penyakit kulit.

  1. Tempat tidur

Tempat tidur yang menjadi tempat istirahat Anda sehari–hari juga rawan menjadi sarang penyakit. Mulai dari seprai, sarung bantal dan sarung guling yang terdapat keringat, hingga selimut. Semuanya merupakan tempat favorit kuman untuk bersarang.

Selain itu, apabila sepulang dari bepergian Anda langsung berbaring di kasur tanpa mengganti pakaian, kuman dari pakaian pun juga dapat menempel di tempat tidur.

  1. Kamar mandi

Apabila tidak dijaga kebersihannya, kamar mandi bisa jadi sumber penyakit. Biasanya, kuman memilih area bak mandi, saluran pembuangan air, area di sekitar toilet dan keran air untuk berkembang biak.

Kuman penyakit yang sering bersarang di area kamar mandi antara lain E. coli penyebab penyakit di saluran pencernaan, Streptococcus yang menimbulkan gangguan saluran pernapasan, serta Salmonella sebagai faktor penyebab masalah pencernaan.

 

Tips terhindar dari kuman sumber penyakit

Karena kuman bisa hidup di sekitar tempat tinggal Anda, untuk mencegah terjadinya penyebaran kuman di tubuh, Anda harus rutin menjaga kebersihan diri dan lingkungan secara rutin.

Berikut beberapa tips terhindar dari kuman yang berada di sekitar Anda:

  • Rajin cuci tangan

Bersihkan tangan menggunakan sabun anti kuman, lalu bilas dengan air mengalir. Mencuci tangan menggunakan sabun mampu menghilangkan kuman dan menurunkan risiko terkena penyakit seperti diare dan penyakit pernapasan seperti pilek.

Anda disarankan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, saat menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, setelah bersin atau batuk, setelah membuang sampah dan setelah membersihkan kotoran hewan.

  • Selalu menjaga kebersihan rumah

Meski rentan menjadi sarang kuman, Anda tetap harus membersihkan segala  area di rumah secara rutin. Sebagai upaya membunuh kuman dan bakteri yang dapat menjadi sumber penyakit, bersihkan rumah menggunakan disinfektan setiap harinya.

Meski tidak terlihat, kuman yang juga merupakan sumber penyakit dapat ada di sekeliling, termasuk di setiap sudut rumah Anda. Ayo buat jadwal membersihkan rumah secara bergantian untuk seluruh anggota keluarga. Rumah sehat, keluarga pun sehat!

[NP/ RH]

kumanbakteriKeluarga Sehatrumah sehat

Konsultasi Dokter Terkait