Sukses

Si Kecil Kembali ke Sekolah? Ini yang Perlu Anda Persiapkan

Libur sekolah hampir usai. Lima hal ini perlu dipersiapkan sebelum si Kecil kembali ke sekolah.

Klikdokter.com, Jakarta Libur sekolah tinggal menghitung hari dan setelahnya si Kecil akan kembali ke lingkungan sekolahnya. Dengan penuh semangat, baik orang tua maupun anak mempersiapkan berbagai perlengkapan sekolah seperti buku pelajaran dan buku tulis, alat tulis, tas, dan seragam baru untuk menyambut hari pertama sekolah.

Selain hal-hal di atas, Anda sebagai orang tua juga harus ingat untuk mempersiapkan beberapa hal lainnya yang tidak kalah penting sebelum sang buah hati dengan riang mengenyam pendidikan di sekolah. 

  1. Periksa kondisi kesehatan anak

Saat liburan, anak-anak cenderung lebih lelah karena aktivitas selama liburan biasanya lebih padat. Selain itu, rutinitas harian anak pun tentu berubah. Secara tidak langsung, hal-hal tersebut memengaruhi kesehatan anak.

Oleh karenanya, sangat penting untuk memastikan kondisi kesehatan anak sebelum ia masuk sekolah. Seminggu sebelum kembali ke sekolah, periksa kesehatan anak, apakah ada tanda diare, demam, batuk, ataupun pilek. Bila anak menunjukkan gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter. Selain itu, pastikan asupan gizi anak baik dan lengkap agar tubuhnya bugar dan sehat.

  1. Periksa kebersihan diri anak

Saat berlibur, orang tua sering luput memeriksakan kebersihan diri anak. Coba periksa kebersihan tubuh anak mulai dari rambut, telinga, gigi, dan kuku. Pastikan anak mandi dua kali sehari dan ajarkan ia kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Tanamkan kepada anak untuk mencuci tangan ketika tangannya kotor, sebelum menyentuh makanan, setelah ke kamar mandi, setelah membuang ingus, bersin, dan batuk, setelah bermain atau menyentuh barang-barang di rumah, setelah menyentuh binatang, sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit, setelah bermain di rumah, juga termasuk saat mandi. Tubuh yang bersih dan segar akan membuat anak lebih semangat pergi ke sekolah.

  1. Perhatikan berbagai jadwal kegiatan anak

Tahun ajaran baru juga berhubungan dengan perubahan berbagai jadwal, mulai dari jadwal pelajaran sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, jadwal kursus, hingga hal-hal yang lebih detail seperti jadwal memakai seragam tertentu dan berbagai atributnya.

Catat baik-baik setiap jadwal tersebut dan tempelkan di tempat yang mudah terlihat di sekitar rumah, agar Anda dan anak dapat saling mengingatkan. Kebiasaan ini juga akan melatih anak untuk bertanggung jawab dan memupuk kedisiplinan sejak dini.

  1. Pastikan anak cukup tidur

Selama masa liburan, kebanyakan anak tidak memiliki jam tidur yang teratur sebagaimana hari biasa. Beberapa hari hingga seminggu sebelum sekolah, pastikan anak sudah kembali pada jadwal tidurnya semula agar tubuhnya terbiasa dengan ritme yang akan dijalaninya selama masa sekolah nanti. Selain itu, waktu istirahat yang cukup juga akan membuat anak lebih bugar saat masuk sekolah.  

  1. Kenali wali kelas, guru, dan teman-teman anak

Tahun ajaran baru identik dengan kelas baru, wali kelas baru, guru, dan tentunya teman-teman baru. Pada hari pertama sekolah, sebaiknya Anda mengantar si Kecil sekolah sambil melakukan observasi terhadap hal-hal tersebut. Kenali nama dan cara mengajar wali kelas serta guru-gurunya. Bila perlu, Anda bisa berdiskusi dengan guru-guru anak agar capaian akademisnya selama tahun ajaran mendatang bisa lebih optimal.

Beberapa poin yang disebutkan di atas  mungkin tampak sederhana, tetapi bila dipersiapkan dengan baik akan menghindari kerepotan pada hari pertama, bahkan minggu-minggu awal sekolah. Selain itu, jangan lupa ajarkan anak kebiasaan-kebiasaan baik selama di sekolah, seperti selalu menjaga kebersihan diri, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah makan dan setelah menggunakan toilet, dan makan makanan yang sehat selama di sekolah. Kebiasaan tersebut akan mencegahnya tertular berbagai penyakit sehingga ia dapat belajar dengan baik.

Jadi, sudahkah Anda mempersiapkan hari pertama si Kecil sekolah atau kembali ke sekolah? Ingat, dengan persiapan yang matang, anak dapat menjalani tahun ajaran baru dengan baik, penuh semangat, dan mencetak prestasi yang gemilang.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar