Sukses

Rahasia Tetap Aktif dan Bugar saat Puasa Ramadan

Ingin tetap aktif dan bugar saat menjalani ibadah puasa Ramadan? Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Menjalani puasa Ramadan merupakan perkara yang tidak mudah, apalagi bagi mereka yang belum terbiasa melakukannya. Ada saja keluhan yang dirasakan, seperti badan lemas, lemah, dan tidak bertenaga.

Namun, jangan sampai Anda menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak menjaga produktivitas di hari-hari kerja. Karena sejatinya, keluhan badan lemas, lemah dan tidak bertenaga saat puasa bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini:

1. Saat Sahur

· Hindari konsumsi teh atau kopi

Kopi atau teh memiliki sifat diuretik. Artinya, jenis minuman tersebut dapat menyebabkan tubuh kehilangan sejumlah cairan dengan cepat melalui urine yang keluar.

Daripada minum kopi atau teh, akan lebih baik bila Anda minum dua gelas air putih saat sahur. Hal ini bertujuan agar kebutuhan cairan Anda dapat tetap terjaga hingga waktu berbuka tiba.

· Konsumsi menu sehat dan begizi seimbang

Makanan yang dikonsumsi saat sahur akan diubah menjadi energi. Jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang cukup, tubuh tidak memiliki cadangan energi untuk menunjang aktivitas yang Anda lakukan selama berpuasa. Alhasil, Anda akan merasa lemas, lelah dan tidak bersemangat di siang hari.

Jadi, yang harus Anda lakukan agar tubuh tetap aktif dan bugar saat berpuasa adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Tak perlu dalam porsi besar, yang penting setiap porsi makan yang Anda konsumsi terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum makan, ya!

2. Saat berpuasa

· Hindari paparan panas

Semakin lama Anda berada di luar ruangan dan terkena terik matahari secara langsung, cairan akan semakin cepat menguap dari dalam tubuh. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda tidak berkativitas terlalu lama di bawah teriknya sinar matahari saat sedang berpuasa.

· Lakukan olahraga ringan

Berpuasa bukan berarti libur olahraga. Faktanya, menyempatkan diri untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki dapat memperlancar sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh tetap merasa bugar sepanjang hari, lho!

3. Saat Berbuka

· Hindari konsumsi makanan manis berlebihan

Kolak, sirup, dan sejenisnya memang sungguh menggugah selera untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, Anda harus tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Ini karena makanan tersebut dapat menaikkan dan menurunkan kadar gula maupun tensi darah dengan cepat.

Daripada kolak atau sirup, Anda lebih dianjurkan untuk berbuka puasa dengan buah-buahan yang manis seperti kurma. Dengan begini, kadar gula dan tensi darah Anda tidak naik dan turun dengan cepat, layaknya mengonsumsi gula.

· Batasi gorengan dan makanan pedas

Saat berbuka puasa, hindari langsung mengonsumsi gorengan atau makanan pedas. Ini karena kedua makanan tersebut mampu meningkatkan risiko terjadinya gangguan saluran cerna, yang akan memengaruhi tingkat kebugaran tubuh Anda saat harus menahan haus dan lapar di siang hari.

Daripada makan gorengan, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi menu sehat dan bergizi seimbang seperti yang dilakukan saat sahur tadi. Selalu ingat untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebelum menyantap menu berbuka puasa Anda, ya!

Itu dia rahasia untuk tetap aktif dan bugar saat puasa Ramadan. Jika Anda memiliki penyakit hipertensi, diabetes, atau penyakit ginjal, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan berpuasa dan menerapkan tips yang sudah disampaikan di atas.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar